Alasan Memilih Jurusan Fisika

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Fisika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Memilih jurusan kuliah itu memang gampang-gampang susah. Ada banyak program studi yang ditawarkan dari berbagai universitas. Jumlah yang tidak sedikit ini bisa jadi menguntungkan sekaligus membingungkan Kamu. Daripada bingung, Kamu bisa mempertimbangkan untuk masuk jurusan Fisika. Kenapa Fisika? Berikut 10 alasan memilih jurusan Fisika yang bisa Kamu pertimbangkan.

1. Sangat Dekat Dengan Keseharian

Fisika itu ilmu yang sangat dekat dengan keseharian manusia. Fenomena yang Kamu temui sehari-hari bisa dihitung menggunakan rumus Fisika. Coba deh, Kamu sebutkan apa saja fenomenanya.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Fisika Dan Gajinya

2. Banyak Melakukan Eksperimen

Jurusan Fisika tidak hanya belajar secara teori. Kamu akan diajak untuk melakukan banyak eksperimen. Laboratorium adalah kelas kedua Kamu kalau Kamu masuk jurusan ini.

3. Mempelajari Tentang Astronomi

Ilmu Fisika juga mencakup ilmu astronomi. Biasanya disebut astroFisika. Kamu tentunya tahu dong orang-orang yang mengabdikan dirinya untuk mempelajari tentang langit dan seisinya sangat ahli dalam ilmu Fisika? Kalau Kamu ingin menjadi salah satu bagian dari mereka, Kamu bisa memulainya dengan masuk jurusan Fisika.

4. Memiliki Konsentrasi Di Dunia Medis

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1

Alasan memilih jurusan Fisika yang keempat adalah karena jurusan Fisika memiliki konsentrasi di bidang medis. Yap, teknologi canggih untuk kebutuhan medis itu dibuat menggunakan rumus Fisika.

5. Belajar Tentang Nuklir

Hal keren lainnya tentang jurusan Fisika adalah Kamu akan belajar tentang nuklir. Keren,kan?

6. Prospek Kerja Yang Luas

Alasan memilih jurusan Fisika selanjutnya adalah karena lulusan jurusan Fisika memiliki prospek kerja yang luas. Kamu tidak hanya bisa berkarir di dunia akademis, tapi juga dunia medis hingga dunia pemprograman komputer. Pokoknya apapun yang memiliki basic Fisika, Kamu bisa masuk di sana.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1 Di Indonesia

7. Dibutuhkan Oleh Perusahaan

Perusahaan pertambangan, perusahaan migas, hingga perusahaan multinasional lainnya membutuhkan lulusan Fisika untuk bergabung menjadi bagian dari perusahaan mereka.

8. Kamu Bakal Dianggap Lebih Pintar

Masuk ke jurusan Fisika akan membuat Kamu kelihatan lebih pintar. Hal ini dikarenakan Kamu bisa menyelesaikan persamaan-persamaan rumit Matematika. Kalau yang sangat rumit saja bisa Kamu selesaikan, apalagi yang sederhana, iya kan?

9. Mengenal Banyak Jenis Alat

Karena Kamu banyak melakukan eksperimen dengan berbagai macam alat lab, Kamu jadi kenal banyak jenis alat. Hal ini tentunya akan sangat berguna ketika Kamu mulai bekerja.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1 Di Indonesia

10. Banyak Pilihan Non-Linier Untuk Studi Lanjutan

Dikarenakan banyak cabang ilmu lain yang dipelajari selama Kamu kuliah di jurusan Fisika, Kamu jadi punya banyak pilihan jurusan ketika ingin melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya. Banyak pilihan fokus studi yang bisa Kamu ambil dengan basic ilmu Fisika. Kesempatan yang langka bukan?

Nah, itu 10 alasan memilih jurusan Fisika untuk kuliah. Mayoritas mahasiswa ilmu Fisika mengatakan bahwa mereka tertarik dengan Fisika sehingga masuk ke jurusan ini. Apakah Kamu juga tertarik untuk menjadi salah satu dari mereka?