Peluang Atau Prospek Kerja Fisika

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Fisika Dan Gajinya

Ilmu Fisika selalu dibutuhkan di hampir semua bagian kehidupan, termasuk perkembangan dunia modern. Namun, banyak pula calon mahasiswa yang enggan mengambil jurusan kuliah yang dianggap paling berat ini. Padahal, peluang atau prospek kerja Fisika sangat terbuka lebar lho.

Sebagai salah satu bagian dari ilmu sains, jurusan Fisika hanya bisa dimasuki oleh Kamu yang mengambil jurusan IPA saat di SMA. Jurusan ini termasuk dalam rumpun Saintek sehingga anak IPS tidak bisa masuk ke jurusan keren ini.

Selama proses perkuliahan, Kamu akan banyak belajar mengenai Fisika, mulai dari materi pengantar, teori dasar, hingga materi fisika yang belum pernah Kamu temui di bangku sekolah. Kalau Kamu benar-benar menikmati hitung-hitungan fisika, Kamu akan menyukai jurusan ini. Meskipun banyak orang yang mengatakan belajar di jurusan Fisika itu sulit dan pusing, Kamu akan tetap menikmatinya.

Nah, bagaimana dengan peluang atau prospek kerja fisika? Berikut ini ada 10 profesi menjanjikan untuk Kamu yang memilih kuliah di jurusan FMIPA ini.

1. Tenaga Pendidik

Yang pertama, lulusan Fisika murni bisa menjadi seorang pengajar baik guru atau dosen tergantung jenjang pendidikan yang ditempuh. Lulusan ini dibutuhkan untuk mengajar di lembaga formal atau lembaga bimbingan belajar alias kursus. Bahkan, tak heran kalau banyak kursus atau lembaga bimbingan belajar membutuhkan guru magang buat Kamu yang masih kuliah atau fresh graduate.

Gaji yang Kamu dapatkan dari bekerja sebagai tenaga pendidik yaitu sekitar Rp3.000.000 per bulan.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1

2. PNS

Yang kedua, Kamu bisa berkarir sebagai aparatur sipil negara atau ASN. Menjadi seorang PNS dengan bayaran jutaan ditambah tunjangan dan insentif jelas sangat menggiurkan. Jika memang tertarik menjadi pegawai pemerintah, Kamu bisa mengikuti tes CPNS masuk ke lembaga LIPI, LAPAN, BATAN dan lain-lain.

Gaji yang didapatkan oleh PNS tergantung dari jabatan dan golongan. Rata-rata gaji yang diterima PNS lulusan S1 yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

3. Ilmuwan

Peluang atau prospek kerja fisika berikutnya yaitu menjadi ilmuwan fisika. Ingin menjadi ilmuwan sepenuhnya, masuk saja ke FMIPA jurusan Fisika. Kamu yang suka belajar mengenai ilmu fisika, bisa fokus dan menamatkan pendidikan di jurusan ini. Setidaknya Kamu bisa menjadi ilmuwan dalam negeri yang bekerja sama dengan lembaga milik negara atau swasta. Tidak menutup kemungkinan kalau Kamu bisa berkarir hingga mancanegara lho!

Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp5.000.000 per bulan.

4. Perusahaan Energi

Yang keempat, lulusan Fisika bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang energi. Perusahaan energi baik milik negara atau swasta bisa memberikan prospek kerja Fisika yang terbuka lebar. Kamu bisa bekerja di BUMN atau memilih sektor swasta seperti Adaro Energy.

Gaji seorang peneliti di perusahaan energi sangat besar, yaitu sekitar Rp10.000.000 hingga mencapai Rp30.000.000 per bulan. penghasilan tersebut setimpal karena profesi ini memiliki risiko dan tanggung jawab tak kalah besar.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1 Di Indonesia

5. Perusahaan Minyak Dan Gas

Yang kelima, Kamu juga bisa berkarir di perusahaan minyak dan gas. Jika Kamu mempelajari ilmu Fisika Bumi, karir sebagai seorang peneliti bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menjadi peneliti di berbagai perusahaan minyak dan gas bumi yang memiliki bayaran lebih besar.

Gaji yang Kamu dapatkan di perusahaan ini tidak kalah besar dengan perusahaan energi. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp8.000.000 per bulan dan bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulannya.

6. BUMN

Yang keenam, lulusan Fisika juga bisa memilih berkarir di perusahaan BUMN. Ada banyak instansi negara yang bisa menjadi tempat bekerja para lulusan Fisika seperti BUMN. Kamu bisa bekerja di Pertamina, PLN, dan lembaga lain kok.

Gaji seorang pegawai tetap BUMN jelas lebih diatas UMR dan menjamin kehidupan yang lebih layak. Kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5.000.000 per bulan belum termasuk tunjangan dan lain-lain.

7. Wirausaha

Yang ketujuh, Kamu yang tidak tertarik bekerja di perusahaan besar, sangat bisa menjadi seorang pengusaha. Tak perlu memikirkan seberapa besar gaji yang Kamu inginkan sebab wirausaha bisa menghasilkan pendapatan fantastis. Tak hanya untuk diri sendiri, Kamu juga bisa membantu mensejahterakan orang lain lho!

Gaji yang Kamu dapatkan memang tidak pasti. Besar kecilnya penghasilan yang Kamu dapatkan ditentukan oleh omset dari usaha Kamu.

8. Programmer

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Fisika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Peluang atau prospek kerja fisika berikutnya adalah menjadi seorang programmer. Ingin berkarir di perusahaan teknologi atau industri pertelevisian, Kamu bisa menjadi seorang yang ahli pemrograman dan elektronika.

Gaji yang ditawarkan tentu sesuai dengan kemampuan yang Kamu miliki. Rata-rata gaji yang didapatkan oleh programmer yaitu sekitar Rp5.000.000 dan bisa mencapai puluhan juta rupiah seiring dengan kemampuan dan jam terbang yang Kamu miliki.

9. Perusahaan Farmasi

Prospek kerja lainnya yang bisa Kamu pilih yaitu Kamu bisa bekerja di perusahaan farmasi. Kamu memiliki kesempatan bekerja sebagai bagian analis laboratorium atau penelitian di perusahaan farmasi. Kamu memiliki keahlian menggunakan alat-alat yang berbau fisika seperti X-Ray, bahan radioaktif dan lain-lain.

Gaji seorang analis laboratorium jelas sangat besar dan menjamin kesejahteraan hidupmu nanti. Kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp5.000.000 per bulan.

10. Perbankan

Yang terakhir, Kamu sebagai lulusan fisika juga bisa berkarir di bidang perbankan. Kamu bisa bekerja di bagian front office maupun back office. Gaji seorang pegawai bank khususnya lulusan Fisika yang bisa menghitung laju pertumbuhan bunga dan lajur uang menggunakan persamaan Schrodinger jelas sangat besar, yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

Itulah 10 peluang atau prospek kerja fisika lengkap dengan perkiraan gajinya. Yuk, pilih FMIPA sebagai peluang karir masa depan lebih cerah! Prospek kerja Fisika yang masih terbuka lebar bisa Kamu manfaatkan selepas tamat kuliah nanti. Memilih pekerjaan sesuai passion, kenapa tidak?