Mata Kuliah Fisika

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1

Ilmu Fisika berkembang pesat selama 400 tahun terakhir dan memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Tak heran kalau jurusan Fisika menjadi salah satu jurusan favorit dalam FMIPA setiap universitas. Ada banyak potensi karir profesional yang bisa Kamu raih setelah lulus jenjang S1 Fisika. Sebelum memutuskan masuk jurusan ini, Kamu wajib mengenal beberapa mata kuliah Fisika di universitas berikut ini.

1. Fisika Dasar

Sebagai bahan pembelajaran awal semester, Kamu akan mengulas semua hal tentang Fisika mulai pengertian, cabang-cabang ilmu Fisika, hubungan ilmu Fisika dengan ilmu lain, atau penerapannya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Fisika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

2. Matematika

Kuliah di jurusan Fisika tentu lekat dengan hitung menghitung besaran satuan, dimensi, pengukuran, dan lain-lain. Jangan heran kalau anak Fisika wajib menyukai ilmu Matematika yang menjadi dasar perhitungan nanti, khususnya aljabar.

3. Kimia Dasar

Anak Fisika butuh mempelajari Kimia Dasar yang merupakan ilmu tentang komposisi dan struktur zat dan hubungan sifat zat tersebut. Mempelajari Kimia Dasar akan membantumu memecahkan semua persoalan Fisika lebih baik.

4. Biologi

Di jurusan FMIPA, Kimia, Fisika dan Biologi merupakan cabang ilmu yang selalu berkaitan. Meskipun Kamu kuliah di jurusan Kimia, Biologi merupakan mata kuliah yang harus Kamu pelajari.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Fisika Dan Gajinya

5. Mekanika

Mata kuliah Fisika memberikan gambaran pelajaran tentang gerakan suatu benda dan efek gaya yang diberikan dalam gerakan. Sub disiplin ilmu yang akan Kamu pelajari terbagi dalam Mekanika Klasik dan Mekanika Kuantum.

6. Termodinamika

Termodinamika merupakan cabang ilmu Fisika yang harus dipelajari anak Fisika murni atau jurusan yang berkaitan dengan teknik. Kamu akan belajar mata kuliah yang mempelajari pertukaran energi dalam bentuk kalor dan kerja, sistem pembatas dan lingkungan. Materi ini erat berkaitan dengan fisika energi, panas, entropi, dan lain-lain.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1 Di Indonesia

7. Elektronika

Pada semester lebih lanjut, Kamu akan mempelajari Elektronika yaitu ilmu yang berkaitan dengan alat listrik arus lemah. Kamu akan mempelajari alat-alat yang berkaitan dengan cabang ilmu Fisika meskipun tidak begitu spesifik. Jangan heran kalau anak Teknik wajib mempelajari ilmu Fisika ya!

8. Optika

Mata kuliah Fisika yang wajib dipelajari semua mahasiswa adalah Optika. Kamu akan belajar mengenai sifat cahaya termasuk interaksi cahaya dengan materi.

9. Medan Elektromagnetik

Para mahasiswa diharapkan bisa memecahkan segala persoalan fisika menggunakan medan elektromagnetik.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Fisika Untuk Jenjang S1 Di Indonesia

10. Biofisika

Mahasiswa wajib mempelajari mata kuliah pilihan pada semester akhir, salah satunya adalah Biofisika. Biofisika merupakan ilmu Fisika yang mempelajari dan mengkaji aplikasi aneka perangkat dan hukum fisika agar bisa menjelaskan berbagai fenomena hayati dan biologi.

Orang yang memiliki kepandaian di bidang ilmu Fisika, memiliki kesempatan karir yang cemerlang. Kamu bisa bekerja di berbagai industri, lembaga penelitian atau menjadi ilmuwan sejati. Siapa tahu Kamu bakal menemukan penemuan baru seperti Newston atau Einstein setelah sukses melahap semua mata kuliah Fisika dengan nilai A. Tertarik kuliah di jurusan FIsika?