Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Geofisika

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknik Geofisika Dan Gajinya

Bagi sebagian orang yang hendak melanjutkan kuliah, jurusan teknik geofisika mungkin terdengar agak asing. Selain karena jumlah mahasiswanya yang dibatasi, jurusan ini hanya tersedia pada beberapa universitas saja. Padahal peluang atau prospek kerja teknik geofisika sendiri cukup menjanjikan, baik dari segi gaji yang ditawarkan ataupun dari peluang kerjanya.

Geofisika sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagian bumi, khususnya pada bagian yang tidak terlihat dari permukaan. Karena mempelajari bagian bumi yang tidak terlihat dari permukaan, kamu akan mempelajari bumi menggunakan ilmu fisika. Jadi, jangan heran kalau geofisika termasuk dalam rumpun ilmu saintek.

Yang perlu kamu ketahui, geofisika dan teknik geofisika itu berbeda. Geofisika bisa dikatakan sebagai ilmu murni geofisika sedangkan teknik geofisika merupakan terapan ilmu geofisika dengan pendekatan ilmu teknik. Nah, sekarang kamu sudah tahu bedanya kedua jurusan keilmuan ini. Lalu, bagaimana dengan prospek kerjanya?

Untuk kamu para lulusan teknik geofisika, berikut ini ada 10 peluang atau prospek kerja teknik geofisika yang bisa kamu pilih sebagai pilihan karir.

1. Perusahaan Tambang

Yang pertama, Kamu dapat bekerja di perusahaan tambang atau perusahaan minyak gas dan bumi. Ada beberapa perusahaan tambang dan perusahaan minyak gas ternama di Indonesia, seperti Freeport, British Petroleum, dan UNOCAL. Kamu akan mendapatkan gaji hingga belasan dan puluhan juta. Dengan gaji tersebut tentu Kamu akan merasakan kesejahteraan ekonomi.

Gaji yang bisa kamu dapatkan jika bekerja di perusahaan tambang cukup menjanjikan, yaitu mulai dari Rp7.000.000 per bulan.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknik Geofisika Untuk Jenjang S1

2. Perusahaan Geothermal

Yang kedua, kamu bisa berkarir di perusahaan geothermal. Untuk kamu yang belum tahu, perusahaan geothermal merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pemanfaatan energi panas bumi. Di perusahaan ini Kamu akan bekerja sebagai ahli geofisika yang bisa memanfaatkan sumber panas bumi sebagai sumber energi alternatif.

Gaji yang ditawarkan tentunya melebihi pekerja kantoran biasa. Kamu bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp7.000.000 per bulan.

3. Perusahaan Swasta

Peluang atau prospek kerja teknik geofisika berikutnya yaitu bekerja di perusahaan swasta. Untuk mendapat gaji yang lebih besar, Kamu dapat bekerja di perusahaan swasta yang bergerak dalam sektor pertambangan minyak dan gas. Kamu bisa menempati bagian research and development. Pekerjaan ini tentu menawarkan gaji yang besar yang dapat membuat hidup Kamu lebih layak.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dari bekerja di perusahaan swasta yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

4. Staf BMKG

Yang keempat, lulusan teknik geofisika juga bisa berkarir menjadi staf BMKG. Kamu bisa menjadi staf BMKG melalui rekrutmen CPNS yang diadakan oleh pemerintah. Jika rekrutmen tidak dilaksanakan, kamu bisa menjadi pekerja honorer di lembaga ini.

Bekerja pada lembaga milik pemerintah dalam pengelolaan sumber daya alam tentu akan mendapat gaji yang besar. Sebagai staf junior saja Kamu akan dibayar sekitar Rp5.000.000 per bulan, apalagi kalau Kamu bisa naik jabatan yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknik Geofisika Untuk Jenjang S1

5. Mitigasi Bencana Kebumian

Yang kelima, kamu bisa memilih karir untuk bekerja dan menjadi bagian dari mitigasi bencana kebumian. Sebagai ahli geofisika tentu Kamu bisa mengidentifikasi daerah rawan gempa, tanah longsor, dan bencana akibat letusan gunung api.

Seperti yang kamu ketahui, Indonesia sangat rawan terjadi gempa bumi dan bencana kebumian lainnya. Dengan bekal keilmuan yang kamu miliki, kamu bisa memetakan daerah rawan bencana dan melakukan mitigasi.

Gaji yang kamu dapatkan dari pekerjaan ini yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

6. BUMN

Yang keenam, prospek karir yang bisa kamu pilih yaitu bekerja di BUMN. Kamu pasti mengetahui pertamina bukan?! Pertamina merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam sektor minyak dan gas. Sebagai lulusan geofisika Kamu berkesempatan menjadi staff BUMN yang dibayar dengan gaji yang sangat besar.

Gaji yang ditawarkan untuk staf BUMN yaitu sekitar Rp7.000.000 per bulan.

7. Konsultan

Yang ketujuh, selain bekerja pada berbagai perusahaan, Kamu bisa menjadi konsultan. Bekerja sebagai konsultan memiliki peluang untuk dibayar mahal jika kamu bekerja sama dengan perusahaan baik milik pemerintah maupun swasta. Dengan bayaran yang demikian Kamu akan mendapatkan kesejahteraan ekonomi yang layak.

Gaji yang bisa kamu dapatkan sebagai konsultan di bidang teknik geofisika yaitu sekitar Rp6.000.000 per bulan.

8. Pegawai Negeri Sipil

Peluang atau prospek kerja teknik geofisika berikutnya yaitu menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Lulusan geofisika sudah ditunggu oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). BPPT sendiri merupakan lembaga pemerintah non-kementerian yang berada di bawah Kementerian Riset dan Teknologi.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknik Geofisika Bagi Yang Bingung Kuliah

Gaji yang akan Kamu dapatkan tentunya cukup besar karena dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebagai PNS, rata-rata gaji yang kamu dapatkan yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

9. Dosen

Berikutnya, kamu bisa berkarir menjadi dosen. Untuk Kamu yang tertarik dalam dunia pendidikan, Kamu bisa menjadi seorang dosen pada beberapa universitas. Namun untuk menjadi dosen, kamu perlu melanjutkan pendidikan minimal hingga jenjang S2.

Seperti yang Kamu ketahui, gaji dosen tentu sangat besar dan dapat memberikan kenyamanan dalam hal ekonomi keluarga. Rata-rata gaji yang didapatkan dosen yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

10. Lembaga Penelitian

Yang terakhir, Kamu yang memiliki skill sebagai penulis dan peneliti bisa bergabung dengan lembaga-lembaga penelitian lingkungan, salah satunya LIPI dan Lemigas. Gaji yang akan Kamu terima tentunya akan sesuai dengan harapan Kamu. Rata-rata gaji yang bisa kamu terima dari bekerja di lembaga penelitian yaitu sekitar Rp6.000.000 per bulan.

Nah, demikianlah 10 peluang atau prospek kerja teknik geofisika yang menawarkan gaji dengan nominal yang cukup besar. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan pengolahan sumber daya alam dan kebumian pasti selalu dibutuhkan oleh perusahaan negara dan swasta. Maka dari itu, jurusan teknik geofisika memberikan peluang kerja yang cerah di masa depan.