Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Medan

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Medan Dalam Sebulan

Medan masih menjadi kota tujuan banyak orang untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Salah satu alasannya adalah karena biaya hidup mahasiswa di Medan relatif lebih terjangkau. Jika Kamu berniat melanjutkan kuliah di kota Medan, maka tidak ada salahnya Kamu mencari tahu kisaran biaya hidup di sana yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Biaya Tempat Tinggal

Jika Kamu memilih tinggal di sebuah kamar kos, maka Kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp. 2 juta – Rp. 5 juta untuk satu kamar per tahunnya. Biasanya di dalam satu kamar terdiri dari dua atau tiga orang bergantung daya tampungnya, sehingga biaya di atas bisa dibagi berdasarkan jumlah penghuni.

Baca Juga :  10 Keuntungan Tinggal Di Medan Jika Kamu Ingin Menetap Disana

Untuk tempat tinggal yang per bulan, biasanya harga sewanya berkisar antara Rp. 300 ribu sampai Rp. 600 ribu per bulan. Kamar kos bulanan sudah berisi fasilitas lengkap seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan meja belajar.
Selain kamar kos, Kamu juga bisa mencari rumah kontrakan. Sejauh ini harga sewa rumah kontrakan berkisar antara Rp. 5 juta – Rp. 10 juta per tahun tergantung pada jumlah ruangan dan fasilitasnya. Harga tersebut akan terasa lebih ringan jika Kamu punya teman yang bisa di ajak menyewa bersama.

2. Biaya Makan

Biaya hidup mahasiswa di Medan untuk makan cukup unik, Kamu bisa menggunakan jasa catering dengan harga yang harus dibayar berkisar antara Rp. 350 ribu – Rp. 500 ribu per bulan. Dengan uang tersebut Kamu mendapat paket lengkap seperti nasi, sayur, lauk dan itu biasanya untuk 2 kali makan, yaitu makan siang dan makan malam.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kuliah Di Medan Bagi Yang Masih Bimbang

Namun, jika Kamu memutuskan untuk makan lepas alias makan di warung, maka biaya yang Kamu keluarkan berkisar antara Rp. 8 ribu – Rp. 15 ribu untuk satu porsi. Di lingkungan sekitar kampus biasanya harga nasi dengan lauk ikan atau ayam lengkap dengan sayurnya adalah Rp. 8 ribu atau Rp. 10 ribu untuk satu porsi. Sedangkan jika Kamu hanya membeli sayur dan lauk maka harganya hanya Rp. 5 ribu atau Rp. 6 ribu per porsinya.

3. Biaya Transportasi

Untuk transportasi Kamu bisa menggunakan jasa angkutan umum, sudako, becak duyung, dan betor. Ongkos angkot Kamu harus siapkan uang Rp. 4.600 per estafet (per estafet = 10 km). Jika jarak yang ditempuh kurang dari 10 km, maka biasanya Kamu hanya membayar Rp. 4 ribu saja. Sedangkan jika jarak tujuan Kamu dekat, maka berilah Rp. 2 ribu – Rp. 3 ribu sesuai dengan kewajaran.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Hidup Di Medan Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

Nah, demikianlah perkiraan biaya hidup mahasiswa di Medan dalam satu bulan. Meski merupakan kota besar, biaya hidup di Medan bisa dikatakan cukup murah dan terjangkau untuk kalangan mahasiswa atau perantau. Semoga informasi ini bermanfaat ya buat Kamu. Semoga sukses dengan kuliah dan karirinya nanti ya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *