Perkiraan Biaya Hidup Di Medan

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Hidup Di Medan Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

Kota Medan menyandang predikat sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Oleh sebab itulah Medan menjadi ibu kota Sumatera Utara. Tidak heran juga kalau orang berbondong-bondong mencari penghidupan dan pendidikan di Medan. Medan bisa dikatakan sebagai kota sentral di Indonesia yang dijadikan rujukan hidup dan domisili. Biaya hidup di Medan pun hampir sama dengan kota-kota lainnya. Bagi Kamu yang berniat menetap atau bekerja di Medan, sebaiknya menyimak uraian gaya hidup di bawah ini.

1. Biaya Tempat Tinggal

Di Medan sendiri banyak kos-kosan, kontrakan, dan rumah yang bisa Kamu sewa. Kalau tujuanmu hanya menetap sementara, Kamu bisa sewa kost dengan harga paling murah Rp. 450.000 dan paling mahal sekitar Rp. 1 jutaan per bulan. Atau Kamu bisa mencari kontrakan yang dibayar per tahun dengan harga mulai dari Rp. 17.000.000 hingga Rp. 25.000.000.

Baca Juga :  10 Keuntungan Tinggal Di Medan Jika Kamu Ingin Menetap Disana

Sementara, untuk Kamu yang akan menetap selamanya atau tinggal cukup lama di Medan, Kamu bisa mulai kredit rumah. Keluarga muda yang baru saja menikah dan ingin berinvestasi, ada rumah yang ditawarkan dengan harga Rp. 400 jutaan. Dengan jangka waktu 10 tahun dan suku bunga yang semakin naik, setidaknya Kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp. 4 jutaan per bulan.

2. Biaya Makan Sehari-hari

Biaya hidup di Medan untuk makan sehari-hari hampir sama dengan kota-kota lain pada umumnya. Untuk menghemat keuangan keluarga sebaiknya Kamu menyisihkan waktu untuk memasak. Harga sayur, lauk, dan kebutuhan bahan makanan lainnya cukup murah dan terjangkau.

Akan tetapi, kalau Kamu ingin makan di luar seperti di warteg dan sejenisnya, Kamu bisa mengeluarkan uang Rp. 10.000 untuk satu orang. Dengan uang itu, Kamu mendapatkan nasi, lauk pauk, dan sayur mayur.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Medan Dalam Sebulan

3. Biaya Transportasi dan Komunikasi

Kalau diasumsikan Anda naik mobil sendiri ke kantor dan biaya bensin tidak ditanggung kantor, maka Kamu bisa menghabiskan sekitar Rp. 1,5 juta per bulan untuk bensin, tol, dan biaya parkir. Ditambah dengan pengeluaran pulsa telepon dan langganan internet, asumsikan kita akan spend sekitar Rp. 2 juta untuk biaya transportasi dan komunikasi.

4. Biaya Kebutuhan Sehari-hari

Kebutuhan sehari-hari yang dimaksud ialah seperti peralatan mandi, biaya makan keluarga di mall, membayar iuran keamanan, bayar listrik, bayar air PAM, langganan koran, membeli seperangkat peralatan cuci – mencuci, uang saku anak-anak, serta sumbangan yang tidak terduga. Estimasi sementara, Kamu mesti mengeluarkan uang sejumlah Rp. 4 juta per bulan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kuliah Di Medan Bagi Yang Masih Bimbang

Nah, demikianlah biaya hidup di Medan untuk keluarga atau kerja dalam satu bulan. Apabila di total secara kasar dan masih abstrak, maka Kamu wajib punya uang sekitar Rp. 10 juta – Rp. 15 juta. Nominal yang sangat wajar kalau Kamu tinggal di kota yang besar. Semoga informasi ini bermanfaat ya buat Kamu.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *