Perkiraan Biaya Hidup Di Yogyakarta

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Hidup Di Yogyakarta Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu kota dengan biaya hidup murah dikalangan mahasiswa. Tak heran kalau kota budaya ini menjadi tujuan kaum pendatang baik untuk belajar, bekerja atau menetap di kota gudeg ini. Namun, benarkah Yogyakarta masih menjadi kota besar yang memiliki estimasi biaya bulanan termurah? Kalau Kamu berencana pindah ke kota ini, ada baiknya tahu perkiraan biaya hidup di Yogyakarta.

Yogya, Salah Satu Dari 10 Kota Termurah Yang Ada Di Indonesia

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, Yogyakarta merupakan salah satu kota dengan biaya kebutuhan hidup termurah di Indonesia. Kota yang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X masuk peringkat kelima dengan estimasi biaya hidup sekitar 2-3 juta rupiah per bulan. Nilai ini tentu variatif untuk Kamu yang mengajak anggota keluarga. Semakin banyak anggota keluarga yang ikut menetap di kota gudeg ini, tentu Kamu butuh biaya makan dan lain-lain lebih besar.

Baca Juga :  10 Keuntungan Tinggal Di Yogyakarta Jika Kamu Ingin Menetap Disana

Bagi kalangan mahasiswa, biaya hidup mahasiswa di Yogyakarta tentu bisa ditekan semaksimal mungkin dengan memilih indekos di dekat lingkungan kampus. Solusi tepat untuk menghemat biaya transportasi setiap hari. Nah, buat Kamu yang berniat bekerja di kota gudeg ini, bisa pula memilih tempat tinggal yang dekat dengan lingkungan kerja. Kalau tempat kerja menyediakan mess, biaya yang dikeluarkan bisa lebih minim lagi. Kamu bisa menabung lebih banyak untuk masa depan, bukan?

Bagaimana Perhitungan Biaya Hidup Di Yogyakarta?

Sebagai referensi atau garis besar, Kamu bisa menggunakan perkiraan biaya kebutuhan hidup jika tinggal di Yogyakarta berikut ini.

1. Biaya Kost Atau Kontrakan

Baca Juga :  Kampus Terbaik Di Yogyakarta Yang Bisa Kamu Coba Daftar

Di Yogyakarta, biaya kost untuk pasutri lebih mahal bisa mencapai 400-600 ribu per bulan tergantung fasilitas. Kalau ingin menghemat budget, kost dibawah 400 ribu tentu tidak dilengkapi fasilitas air dan lain-lain.

Kalau Kamu bekerja di kota gudeg ini dengan bayaran fantastis, bisa memilih kost dengan harga 1 juta keatas untuk fasilitas AC. Bisa pula mengontrak sebuah rumah dengan kamar 2-3 saja kalau Kamu membawa anggota keluarga ke Yogyakarta. Harga kontrakan berkisar 5-10 juta per tahun atau 500 ribu-1 juta per bulan. Mana yang bakal Kamu pilih?

2. Biaya Makan

Biaya makan di kota gudeg initerbilang murah sehingga banyak orang yang suka tinggal di kota ini. Kamu bisa makan dengan uang 10 ribu rupiah saja lho! 10 ribu rupiah mencakup nasi, sayur, telur atau ikan. Kalau ingin lebih murah, bisa memasak nasi sendiri sedangkan sayur atau lauk beli di luar. Ada nasi bungkus dengan harga 3 ribu rupiah saja, kok. Estimasi biaya makan paling standar misalnya 30 ribu kali 30 hari, maka biaya makan Kamu sekeluarga cuma 900 ribu rupiah.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Kuliah Di Jogja Bagi Yang Masih Bimbang

3. Sarana Transportasi

Biaya naik kendaraan umum seperti Bus Trans Jogja cukup murah meriah hanya 3.500 ke semua rute. Estimasi perkiraan biaya transportasi sebulan yaitu 3.500×30 atau sekitar 105 ribu saja.

Total biaya yang Kamu butuhkan untuk hidup di Yogyakarta paling standar sekitar 1,5 juta saja. Tentu biaya hidup di Yogyakarta bervariasi tergantung gaya hidup Kamu. Mau bergaya hidup mewah atau sederhana saja,pastikan Kamu memiliki pendapatan yang sebanding dengan pengeluaran ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *