Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Yogyakarta

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Yogyakarta Dalam Sebulan

Wah, enak ya tinggal di Yogya, apa-apa murah! Begitulah pernyataan yang sering dilontarkan kebanyakan orang. Memang tidak salah sih, bayangkan dengan modal uang dua ribu rupiah Kamu bisa membeli satu bungkus nasi kucing yang isinya tiga sendok nasi dengan lauk sambal teri atau sambal tempe. Itulah biaya hidup mahasiswa di Yogyakarta untuk uang makan sehari-hari. Adapun biaya-biaya lainnya yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Biaya Tempat Tinggal

Sewa kost di Yogya terdiri dari berbagai macam tipe, harga, dan fasilitas. Untuk kost mahasiswa ber-AC rata-rata per bulan disewakan dari harga Rp. 1 juta sudah lengkap dengan fasilitas kamar mandi di dalam, AC, kasur, lemari, meja, dan beberapa fasilitas umum yang lainnya. Sedangkan untuk kost standar dengan fasilitas kasur, lemari, dan meja rata-rata harga yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp. 350.000 per bulan.

Baca Juga :  Kampus Terbaik Di Yogyakarta Yang Bisa Kamu Coba Daftar

2. Biaya Makan

Untuk gambaran biaya hidup mahasiswa di Yogyakarta, harga makanan di warteg kalau membeli nasi saja itu seharga Rp. 3 ribu, sayur Rp. 2 – 3 ribu, sementara lauk itu bervariasi tergantung jenisnya. Misal tempe goreng sepotong Rp. 1 ribu, telur Rp. 3 ribu, dan ikan Rp. 5 ribu. Jadi, kalau Kamu membeli nasi, telur, dan sayur maka harganya sekitar Rp. 8 ribu. Kalau membeli nasi dan ikan serta sayur harganya Rp. 10 ribu.

Sarapan yang dijual sekitar kost atau rumah penduduk biasanya nasi kuning, nasi gudeg, dan nasi soto. Harga nasi kuning Rp. 3 – 5 ribu rupiah, sementara nasi gudeg dan nasi soto seharga Rp. 5 – 7 ribu. Kalau Kamu mau makan malam di luar seperti warung tenda pecel lele atau ayam geprek siapkan saja uang sekitar Rp. 15 ribu. Dengan uang itu, Kamu bisa dapat sepiring nasi dan ikan lele atau ayam, lalapan, sambal, dan segelas es teh.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Hidup Di Yogyakarta Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

3. Biaya Transportasi

Rata-rata transportasi umum seperti angkutan kota dan bus memasang tarif di bawah Rp. 6 ribu untuk jauh dekat. Sedangkan untuk kereta ke luar daerah seperti ke Solo, Kutoharjo, dan sebagainya tarifnya Rp. 8 ribu untuk sekali jalan. Namun, untuk tarif becak, taksi, dan ojek menyesuaikan dengan jarak yang ingin Kamu tuju. Buat saja dalam sehari Kamu membutuhkan Rp. 13 ribu untuk tarif transportasi.

4. Biaya Lain-lain

Kamu juga perlu memikirkan biaya lain-lain seperti peralatan mandi, biaya fotokopi, biaya internet, dan biaya pulsa. Dalam sebulan Kamu bisa menyisihkan uang kisaran Rp. 200 ribu untuk kebutuhan lain-lain.

Nah, demikianlah perkiraan biaya hidup mahasiswa di Yogyakarta dalam satu bulan. Dengan perkiraan biaya-biaya di atas, jika gaya hidup Kamu standar seperti harga kost murah, biaya makan secukupnya, biaya transportasi, dan biaya kebutuhan yang lain maka Kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp. 1,4 – 1,6 juta dalam satu bulan. Biaya yang sangat murah bukan?!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *