Alasan Memilih Kuliah Di Jogja

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Kuliah Di Jogja Bagi Yang Masih Bimbang

Bagi Kamu yang saat ini duduk dibangku kelas XII, tentu nggak akan lama lagi bakalan lulus. Nasip Kamu setelah lulus seharusnya sudah bisa diputuskan mulai sekarang. Apalagi yang pingin lanjut kuliah ke luar kota seperti Jogja. Bagi Kamu yang masih imbang, pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai alasan memilih kuliah di Jogja.

Siapa sih yang nggak kenal Jogja atau lengkapnya DI Yogyakarta? Kota Jogja ini dijuluki sebagai kota pelajar. Karena banyak pelajar datang ke kota ini. Didukung dengan banyaknya perguruan tinggi disini.

Aku memiliki pengalaman 8 tahun hidup sebagai mahasiswa di Jogja. Nggak bosen? Nggak dong. Sesuai dengan slogannya Jogja Istimewa, Jogja menawarkan sesuatu yang nggak ada di kota lain. Kamu akan betah berlama-lama di Jogja.

Intinya kuliah di Jogja itu enak. Bagi yang masih bimbang, seperti yang udah aku utarakan diatas pada artikel ini akan kita bahas alasan memilih kuliah di Jogja. Tanpa panjang lebar, berikut alasan memilih kuliah di Jogja yang bisa jadi bahan pertimbangan Kamu.

1. Pilihan Kampus Banyak Banget Dan Lengkap

Di Jogja terdapat lebih dari 100 kampus. Ada kampus negeri dan kampus swasta. Ada juga kampus terbaik di Indonesia. Mau kuliah jurusan seni sampai teknik ada semua. Pilihan kampus banyak banget dan sudah pasti lengkap.

Nggak ada alasan Kamu bingung sulit cari jurusan kalau kuliah di Jogja. Kamu akan banyak pilihan kampus. Sangking banyaknya kampus, kadang malang bingung sendiri pilih yang mana. Kalau masih bingung juga? Kamu bisa baca artikel berikut: Kampus Terbaik Di Yogyakarta

Baca Juga :  Kampus Terbaik Di Yogyakarta Yang Bisa Kamu Coba Daftar

2. Biaya Kuliah Relatif Murah

Kalau untuk biaya kuliah ini relatif murah untuk di Jogja. Ada yang mahal tentunya jika Kamu kuliah di kampus yang memang sudah punya nama besar. Tapi untuk ukuran yang sama, kampus-kampus di Jogja mematok biaya yang relatif murah.

Kamu bisa bandingkan dengan biaya kuliah di kotamu. Bandingkan dengan kualitas kampus di Jogja. Bisa di katakan biaya kuliah di Jogja ini lebih murah. Dan selama aku kuliah, nggak ada juga biaya tersembunyi.

3. Kualitas Pendidikan Yang Bagus

Jogja menawarkan kualitas pendidikan yang bagus. Di Jogja banyak banget kampus, dan sudah pasti persaingan sangat ketat. Jadi Kampus-kampus menawarkan hal terbaik mereka untuk mendapatkan mahasiswa. Persaingan sehat inilah yang membuat kualitas pendidikan makin hari makin baik.

4. Biaya Hidup Murah

Alasan memilih kuliah di Jogja berikutnya adalah biaya hidup di Jogja ini murah banget bagi yang berhemat. Tapi bagi kamu yang suka foya-foya ya sama saja. Untuk ukuran harga makanan, masih terjangkau untuk kalangan mahasiswa. Apalagi jika Kamu mau makan di dekat-dekat kampus bakalan menemukan yang murah.

Jika aku bandingan dengan biaya makan di kotaku, biaya makan di Jogja itu bisa hanya separohnya lho. Bahkan bisa kurang jika Kamu makan nggak pilih-pilih. Biaya hidup bia jauh lebih mahal jika gaya hidupmu lebih dari mahasiswa umunya.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Hidup Di Yogyakarta Untuk Keluarga Atau Kerja Sebulan

5. Lingkungan Mendukung Untuk Pelajar

Keperluan pelajar umunya ya buku-buku dan kalau sekarang biasanya Wifi. DI jogja banyak tempat jual buku. Kalau nggak mau beli bisa pinjam di perpustakaan, biasanya lengkap. Ada perpustakaan kota Jogja dan ada perpusatakaan propinsi. Belum lagi setiap kampus punya perpustakaan.

Wifi banyak bertebaran dimana-mana. Dikampus juga sudah pasti ada, kafe-kafe, tempat nongkrong dan lainnya. Warganya ramah-ramah dan sangat mendukung untuk Kamu para pelajar.

6. Semua Keperluan Lengkap

Apapun keperluanmu di Jogja semua ada. Mulai Kamu anak seni yang butuh alat musik misalnya, sampai anak teknik yang butuh alat-alat semua ada. Mau fashion lengkap atau mau selalu update dengan gadget terbaru selalu bisa. Mau apa aja nggak perlu tunggu lama.

7. Kemana-mana Dekat

Wilayah Jogja ini memang nggak besar. Dari selatan ke utara atau timur ke barat Kamu nggak buth waktu lama. Misal dari kota Jogja ke Gunung kidul, ke bantul, ke sleman, ke kulonprogo hanya ditempuh 1 jam saja sampai. Intinya kemana-mana dekat. Jadi mudah untuk Kamu jika ada kegiatan yang perlu keliling Jogka.

8. Transportasi Mudah

Karena wilayahnya nggak berjauhan, jadi transpostasi jadi mudah. Kuliah di Jogja nggak harus bawa motor atau mobil. Jalan kaki masih bisa atau kalau nggak mau jalan kaki pakai sepeda. Kalau mau keliling kota Jogja dan sekitarnya ada juga Trans Jogja. Kamu hanya bayar sekali dan bisa turun dimana saja.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Hidup Mahasiswa Di Yogyakarta Dalam Sebulan

Akses transportasi keluar dari Jogja juga mudah, ada bandara, terminal 2, stasiun. Kalau lebih mudah lagi ada taksi online atau ojek online. Jangan kawatir di Jogja semuanya jadi mudah.

9. Banyak Kenalan Dari Daerah Lain

Yang kuliah di Jogja berasal dari seluruh daerah di Indonesia. Jangankan satu kampus, satu kelas saja temanmu bisa dari mana saja. Ya karena Jogja memang jadi tujuan para banyak pelajar di Indonesia.

10. Tempat Wisata Lengkap

Yang penting ya ini nih. Tempat wisata lengkap banget di Jogja. Kamu mau apa? Wisata belanja ada, wisata alam seperti pantai ada, pegunungan ada, goa jelas ada, wisata air ada, mau wisata sejarah seperti candi banyak, peninggalan penjajah dulu ada, kerajaan ada, yang kekinian juga banyak. Asal Kamu ada waktu liburan Kamu bisa liburan dimana ada.

Kenapa tempat wisata penting buat mahasiswa? Mahasiswa itu butuh refresing setelah penat belajar. Apalagi tempatnya nggak berjauhan dari satu wisata ke tempat wisata lain. Sudah pasti bikin betah jika kuliah di Jogja.

Sepertinya itu aja sih ya alasan memilih kuliah di Jogja. Akan ada banyak alasan kenapa Kamu kuliah di kota pelajar ini. Kamu akan mendapatkan sesuatu yang tidak Kamu temukan ditempat lain. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan semoga makin memantapkan diri untuk kuliah di Jogja.




About Edi Susilo

Blogger sekaligus Editor di RENESIA. Ingin selalu menularkan hal-hal yang positif melalui artikel-artikel yang ditulis. Selalu dan masih akan terus belajar apapun agar hidup jadi lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *