Pengertian Wawasan Nusantara

Image: canva.com

Pengertian Wawasan Nusantara, Tujuan, Fungsi Dan Contohnya

Negara Indonesia merupakan salah satu negara kepuluan terluas di dunia yang memiliki berbagai macam suku, budaya dan agama. Dalam kehidupan sosial tersebut, pasti ada beberapa kelompok yang berusaha memecah belah dengan memberikan informasi hoaks atau adu domba. Oleh sebab itu, warga negara wajib memahami wawasan nusantara dengan baik. Apa itu pengertian wawasan nusantara?

Pengertian Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografis berdasarkan ideologi dan konstitusi yang berlaku yaitu Pancasila dan UUD 1945. Warga negara wajib menjaga kesatuan dan menghargai semua perbedaan demi tercapainya tujuan nasional seperti semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Tujuan Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara wajib diterapkan sejak dini agar penerus bangsa memiliki jiwa nasionalisme atau cinta tanah air. Tindakan yang mengutamakan kepentingan umum dibandingkan kepentingan pribadi atau kelompok merupakan implementasi pengertian wawasan nusantara guna mewujudkan Indonesia yang bersatu dan berdaulat.

Baca Juga :  Pengertian Pendidikan Dan Manfaatnya Bagi Kita Sebagai Manusia

Fungsi Wawasan Nusantara

Mengacu pengertian dan tujuan wawasan nusantara, fungsi sikap cinta tanah air ini bisa dikelompokkan menjadi 4 kategori.

1. Sebagai Wawasan Pembangunan

Fungsi pembangunan bisa digerakkan dalam semua aspek kehidupan di negara tercinta baik politik, pertahanan, sosial, ekonomi dan budaya.

2. Sebagai Konsep Ketahanan Nasional

Wawasan nusantara merupakan dasar dalam konsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting dalam mewujudkan perencanaan pembangunan, kewilayahan dan ketahanan keamanan nasional.

3. Sebagai Wawasan Pertahanan Dan Keamanan

Pertahanan dan keamanan nasional yang mengacu pada geopolitik nasional Indonesia atau pandangan pada keamanan seluruh wilayah tanah air dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

4. Sebagai Wawasan Kewilayahan

Baca Juga :  Pengertian Budaya Dan Pengertian Kebudayaan Serta Perbedaanya

Memiliki pandangan wawasan nusantara yang baik bisa memahami mengenai kewilayahan NKRI atau batas teritori sehingga tidak memicu sengketa dengan negara lain.

Contoh Wawasan Nusantara Dalam Kehidupan

Implementasi wawasan nusantara dalam kehidupan wajib dilakukan setiap warga negara dari segi sosial, budaya, sejarah, ekonomi dan sebagainya. Kamu wajib menjunjung dasar ideologi Pancasila dan UUD 1945 sebagai patokan hidup bermasyarakat. Contoh paling konkrit misalnya melakukan musyarawah demi mendapatkan mufakat, mengedepankan kepentingan umum dibandingkan kepentingan perseorangan, menghargai agama dan budaya orang lain serta masih banyak contoh lain.

Menjadikan falsafah Pancasila dan UUD 1945 merupakan pedoman hidup setiap orang yang hidup di Indonesia agar bisa menciptakan kedamaian berinteraksi dengan masyarakat lain. Wujudkan sikap cinta tanah air sejak dini agar bisa menjadi generasi penerus yang siap menjaga keutuhan negara tercinta. Mewujudkan pembangunan bangsa bisa dilakukan dengan memberikan prestasi terbaik untuk Indonesia.

Baca Juga :  Pengertian Majas, Jenis-Jenis Majas, Dan Contoh Majas

Kamu wajib rajin belajar agar bisa memberikan karya terbaik untuk negara Indonesia ini. Mau menjadi apa pun dimasa depan kelak, Kamu wajib memahami pengertian wawasan nusantara sehingga karya yang dihasilkan bisa memberikan manfaat luas. Mau menjadi atlet yang mengharumkan nama bangsa atau pengusaha yang membangkitkan ekonomi di Indonesia, kenapa tidak?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *