Pengertian Wawasan Kebangsaan

Image: canva.com

Pengertian Wawasan Kebangsaan, Makna Dan Contoh Di Keseharian

Setiap warga negara wajib memiliki wawasan kebangsaan agar bisa mengutamakan persatuan dan kesatuan negara tercinta. Wawasan tersebut tentu harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi suatu bangsa seiring perkembagan dari masa ke masa. Tanpa harus melupakan jati diri bangsa, perlu sekali menyesuaikan diri sesuai perkembangan dalam implementasi sehari-hari.

Pengertian Wawasan Kebangsaan

Wawasan berasal dari kata mawas dalam bahasa Jawa yang bermakna memandang atau melihat. Sedangkan wawasan kebangsaan memiliki pengertian sudut pandang seseorang mengenai diri dan tanah air sebagai negara kepulauan dan sikap bangsa Indonesia pada diri sendiri dan lingkungan dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan hidup berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Makna Wawasan Kebangsaan

Tak hanya sekadar teori, warga negara wajib mengimplementasikan sudut pandang mengenai diri dan tanah air demi penyelenggaran kehidupan bermasyarakat dengan baik. Makna wawasan kebangsaan mencakup beberapa hal berikut ini.

  1. Mengamanatkan kepada seluruh warga negara untuk menempatkan persatuan, kesatuan serta kepentingan bangsa diatas kepentingan diri sendiri atau kelompok tertentu.
  2. Tidak memberikan tempat untuk patriotisme yang licik.
  3. Mengembangkan persatuan Indonesia sehingga bisa mempertahankan keutuhan NKRI dengan berdasarkan azas Bhinneka Tunggal Ika.
  4. Negara Indonesia yang bersatu bisa mewujudkan bangsa yang maju, sejahtera dan sejajar dengan bangsa lain.
  5. Wawasan kebangsaan harus selalu berlandaskan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia dan berhasil menjalankan misi ditengah kehidupan tata negara di dunia.
Baca Juga :  Pengertian Wawasan Nusantara, Tujuan, Fungsi Dan Contohnya

Implementasi Wawasan Kebangsaan Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Nilai wawasan kebangsaan sangat fundamental mencakup 6 hal yaitu menghargai harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME, mencintai tanah air dan bangsa, demokrasi dan kedaulatan rakyat, tekad bersama seluruh warga negara mewujudkan Indonesia yang bebas, merdeka dan bersatu, masyarakat yang adil dan makmur dan kesetiakawanan sosial. Perlu sekali mengimplementasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Kamu bisa menemukan contoh implementasi nilai tersebut sejak dini. Ya, pembinaan karakter seseorang bisa dibentuk sejak ia lahir dan mulai belajar. Di bangku sekolah, para staf pengajar sudah menerapkan cara anak didik memiliki nilai-nilai tersebut. Misalnya menumbuhkan rasa cinta air dengan mengibarkan bendera merah putih setiap upacara bendera.

Baca Juga :  Pengertian Wawasan Nusantara, Tujuan, Fungsi Dan Contohnya

Dalam kehidupan masyarakat, Kamu juga wajib mengimplementasikan nilai-nilai luhur ini. Hubungan bermasyarakat yang baik dengan tidak mencela keyakinan orang lain, bergotong royong membangun daerah setempat, membantu orang lain yang kesulitan, menghargai pendapat, menjunjung keputusan dalam musyawarah bersama dan lain-lain. Masih banyak penerapan nilai-nilai yang sesuai dengan cara hidup berbangsa dan bernegara yang baik.

Wawasan kebangsaan terwujud dari tata laku baik lahiriah dan batiniah yang mencerminkan warga negara Indonesia sejati. Rasa cinta tanah air bisa memberikan kecintaan diri pada bangsa sehingga Kamu memiliki semangat nasionalisme. Yuk, tunjukkan rasa cintamu pada tanah air dengan prestasi yang baik! Jati diri bangsa wajib dijaga dengan rasa bangga sehingga generasi penerus bahagia terlahir di bumi Indonesia.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *