Pengertian Budaya Dan Pengertian Kebudayaan

Image: [Edi Susilo] canva.com

Pengertian Budaya Dan Pengertian Kebudayaan Serta Perbedaanya

Pengertian Budaya Dan Pengertian Kebudayaan menjadi dua hal yang saling berkaitan satu sama lainnya. Untuk mempelajarinya pun dilakukan secara bersamaan. Dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kamu pasti masih mengingat tentang kedua pelajaran tersebut.

Kalau masih ingat, maka Kamu sudah tahu praktisnya. Kamu sudah paham bagaimana budaya itu ada di sekelilingmu dan bahkan Kamu merasakannya. Bahkan Kamu sendiri adalah pelaku dari budaya tersebut. Kamu adalah aktor utamanya, karena tanpa adanya aktor, budaya hanya sekedar wacana saja.

Budaya menjadikan kehidupan lebih bermakna, karena budaya lah yang mendekatkan kita dengan manusia lain. Esensi dari manusia sebagai makhluk sosial akan sangat Kamu rasakan dengan campur tangan budaya.

Tanpa adanya budaya, tidak ada jalinan antara Kamu dan lingkungannya. Tidak akan ada interaksi. Tidak akan ada juga saling menguntungkan antara manusia satu dengan yang lainnya. Ini dikarenakan tidak ada interaksi sama sekali. Tidak ada budaya yang mengharuskan kita berinteraksi satu sama lain.

Baca Juga :  10 Cara Agar Pelajaran Matematika Jadi Mudah dan Menyenangkan

Kebudayaan berupa interaksi yang bentuknya berbagai macam. Bisa berupa tarian daerah, musik daerah, dan lain-lain. Budaya bisa berupa adat kebiasaan atau ritual masyarakat juga untuk lebih memahami antara budaya dan kebudayaan, berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Budaya

Berikut adalah beberapa pengertian budaya menurut para ahli:

  1. Budaya adalah gabungan antara ide, tindakan, karya dan rasa. Di mana kesemuanya berbaur menjadi satu dalam kehiduaon kita dalam masyarakat. Pengertian ini disampaikan oleh Koentjaraningrat.
  2. Menurut E.B. Taylor, budaya adalah seni dan pengetahuan untuk bermasyarakat. Pengetahuan yang menghasilkan seni yang kemudian digunakan untuk melancarkan interaksi dengan masyarakat.
  3. Menurut KBBI,budaya adalah hasil pola pikir manusia yang didalamnya ada adat istiadat.
  4. Linton menyatakan bahwa budaya adalah pengetahuan warisan dari leluhur. Tidak boleh ada yang tertinggal dan harus dilaksanakan sebaik-baiknya oleh generasi selanjutnya. Jika tidak tersalurkan atau terwariskan, maka akan putus di tengah jalan.
Baca Juga :  10 Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar Agar tetap Semangat

Dari pengertian-pengertian tersebut, Kamu bisa menarik benang merah bahwa budaya berkaitan dengan rasa dan pengetahuan serta warisan. Untuk Itu,pengertian budaya adalah bentuk atau wujud dari perpaduan pengetahun, rasa, dan warisan dalam bentuk tindakan atau adat istiadat.

Pengertian Kebudayaan

  1. Kebudayaan adalah hasil kelakuan atau sikap manusia yang diperoleh dari proses belajar
  2. Menurut K. H. Dewantara, kebudayaan berarti hasil yang diperoleh manusia dalam mengkaji antara esensi alam dan jaman.
  3. Drs. Moh. Hatta pun menyatakan bahwa kebudayaan adalah sebuah kehidupan yang tercipta dari kelompok bangsa
  4. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi mengartikan kebudayaan sebagai bentuk, karya, cipta, dan rasa.
  5. Menurut Parsudi Suparlan, kebudayaan adalah pengetahuan untuk memahami lingkungan sekitar.

Kebudayaan adalah sebuah hasil. Kebudayaan berarti hasil olah pikir manusia yang didalamnya ada rasa dan pengetahuan yang dikaitkan dengan interaksi bermasyarakat.
Perbedaan antara kebudayaan dan budaya

Setelah Kamu mengetahui tentang pengertian budaya dan kebudayaan, maka Kamu bisa mengetahui perbedaan antara keduanya,. Di mana :

  1. Dari segi struktur kata, budaya adalah kata dasar, sedangkan kebudayaan adalah kata yang sudah mengalami imbuhan. Kebudayaan berasal dari kata ‘budaya’ yang mendapat imbuhan berupa awalan ‘ke-‘ dan akhiran ‘an’.
  2. Dari segi kelas kata, antara kebudayaan dan budaya adalah sama, yaitu kata benda, namun dari segi istilah, sebenarnya keduanya berbeda. Di man budaya adalah sebuah bentuk tindakan atau adat yang berlaku akibat adanya olah rasa dan pengetahuan. Sedangkan untuk kebudayan adalah hasil dari melakukan budaya.
Baca Juga :  10 Alasan Mengapa Manusia Wajib Menuntut Ilmu Setinggi Mungkin

Antara budaya dan kebudayaan tujuannya dan lingkupnya sama,namun yang membedakan adalah artinya atau praktisnya. Jika berbicara tentang adat, maka Kamu cenderung ke budaya, sedangkan jika berbicara tentang hasil maka Kamu berbicara tentang kebudayaan.

Jangan hanya langsung menilai akan baiknya budaya sebelum mengetahui Pengertian Budaya Dan Pengertian Kebudayaan yang sebenarnya. Kamu bisa lebih bijak dalam menyikapi budaya sekitar.



Pada kategori Proses Studi

About Tim Redaksi

Tim Redaksi merupakan tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar dunia pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan informasi bermanfaat dan terbaru buat Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *