Mata Kuliah Seni Tari

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

Mata kuliah seni tari merupakan salah satu mata kuliah populer di kalangan anak pecinta seni selain mata kuliah musik. Pasalnya, mata kuliah ini kerap menjadi primadona di fakultasnya. Sebut saja sajian sendratasik di Universitas Negeri Surabaya. Nah, jika Kamu ingin mengambil program studi ini, maka tidak ada salahnya Kamu menyimak uraian dibawah ini!

Ada berapa penari tradisional sampai kontemporer di Indonesia yang Kamu kenal? Tidak ada? Sayang sekali ya, padahal Indonesia memiliki nama-nama besar yang jenius dalam seni tari. Seni yang mengajarkan tentang keindahan gerak tubuh melalui paduan gerakan dan rasa ini ternyata juga bisa menjadi jurusan dalam ilmu perkuliahan.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Seni Tari Dan Gajinya

Uniknya, di dalam mata kuliah program studi seni tari, Kamu tidak hanya akan belajar tentang praktek saja, melainkan juga tentang teori sampai sejarahnya. Jadi jangan heran jika Kamu nanti bisa menguasai tari khas Yogyakarta, namun juga bisa menceritakan tentang asal-usul tari dari provinsi lainnya.

Beberapa lulusan seni satu ini tidak hanya menjadi penari saja, namun juga bisa menjadi banyak profesi lain. Mulai dari guru tari, pelatih tari di sanggar, hingga pengamat seni juga bisa dipilih. Tenang, banyak jalan terbuka lebar untuk lulusan seni. So, tunggu apalagi?

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Tari Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Tidak hanya praktek menari, berikut ini ada 10 mata kuliah seni tari yang akan Kamu enyam selama menempuh pendidikan di jurusan ini, antara lain:

1. Dramaturgi

Di dalam mata kuliah ini, siswa akan diajari banyak hal, mulai dari koreografi, drama, dan teater juga akan diajarkan.

2. Karawitan

Ternyata, seni tari juga mempelajari karawitan. Hal ini wajar mengingat penampilan grup tari selalu diiringi oleh pengrawit.

3. Pengetahuan Tari

Semua pengetahuan dasar dan lanjutan tentang tari akan diuji dan diasah di mata kuliah ini.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

4. Sejarah Tari

Tidak melulu tentang teori akademik, seni tari juga mengajak mahasiswanya untuk mengingat sejarah tari di nusantara dan dunia.

5. Olah Tubuh Tari

Seorang penari tentu harus memiliki tubuh yang bugar dan lentur. Nah, di mata kuliah ini Kamu akan diajari cara mengolah tubuh yang baik.

6. Komposisi Tari

Sesuai namanya, mata kuliah ini akan mengajarkan tentang komposisi dari sebuah tarian.

7. Musik Tari

Hampir sama dengan mata kuliah karawitan, namun bedanya di mata kuliah ini akan diajarkan tentang semua musik yang berkaitan dengan seni tari dan penampilannya.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

8. Filsafat Seni

Mata kuliah yang mengajari keindahan dari sebuah seni ini juga wajib diambil di jurusan seni tari.

9. Manajemen Pementasan

Lantaran selalu tampil dalam sebuah sajian, para mahasiswa wajib belajar tentang cara mengatur sebuah pementasan.

10. Tari Indonesia

Terakhir, ada mata kuliah tari Indonesia yang mana Kamu harus mampu menguasai beberapa tarian dalam satu semesternya. Mulai dari tari khas Jogja, tari jawa timuran, hingga tari Bali harus dikuasai anak didik kelas ini.

Demikian ulasan tentang mata kuliah seni tari. Semoga bermanfaat buat Kamu yang lagi pilih-pilih jurusan kuliah nanti.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *