Alasan Memilih Jurusan Seni Tari

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Seni Tari Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Jurusan kuliah itu bukan hanya kedokteran dan teknik. Masih ada jurusan rumpun humaniora,salah satunya adalah seni tari. Kamu bisa memilih jurusan seni tari murni atau pendidikan seni tari. Bedanya, jurusan seni tari menyiapkan Kamu menjadi seorang ahli di bidang ini. Sedangkan pendidikan seni tari menyiapkanmu menjadi guru tari. Kalau masih bingung, coba pertimbangkan 10 alasan memilih jurusan seni tari berikut ini.

1. Belajar Dari Ahlinya

Masuk ke jurusan seni tari berarti Kamu belajar tari secara langsung dari ahlinya, mulai dari dosen, kakak tingkat, hingga alumninya. Biasanya, dalam proses perkuliahan juga akan mengundang dosen tamu yang merupakan orang-orang sukses dan ahli di bidang tari.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

2. Belajar Koordinasi Tubuh Yang Baik

Seni tari merupakan seni gerak tubuh. Karena itu, selama Kamu di jurusan ini, Kamu akan belajar koordinasi tubuh yang baik. Juga, Kamu akan diajari tentang cara mengolah emosi sehingga mampu memberikan penampilan yang menarik.

3. Melestarikan Kebudayaan

Alasan memilih jurusan seni tari yang selanjutnya adalah karena Kamu akan ikut melestarikan kebudayaan, terutama kesenian tari daerah. Walaupun yang Kamu memilih tari kontemporer, Kamu tetap akan mendapatkan materi tari daerah.

4. Jurusan Yang Santai

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Seni Tari Dan Gajinya

Sama seperti jurusan seni yang lainnya, jurusan seni tari adalah jurusan yang santai.

5. Tari Adalah Bahasa Universal

Tari adalah bahasa universal. Gerak tubuh yang dihasilkan mampu dinikmati semua orang dengan latar belakang berbeda sekalipun. Dengan begitu, Kamu lebih mudah menarik orang-orang untuk menonton pertunjukan tari yang sudah Kamu siapkan.

6. Kesempatan Jalan-Jalan Hingga Luar Negeri

Berbekal seni tari yang Kamu kuasai, Kamu jadi punya kesempatan untuk jalan-jalan ke manapun. Tidak hanya dalam negeri, tapi juga ke luar negeri.

7. Belajar Tentang Musik

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

Alasan memilih jurusan seni tari selanjutnya adalah karena Kamu juga akan belajar tentang musik. Seni tari tidak bisa dipisahkan dari musik. Karena itu, Kamu juga akan mempelajarinya kalau masuk di jurusan ini.

8. Belajar Make Up

Pertunjukan seni tari juga tidak bisa dilepaskan dari dandanan yang menarik. jadi, kalau Kamu masuk ke jurusan seni tari, secara tidak langsung Kamu juga akan belajar make up wajah.

9. Prospek Kerja Yang Menarik

Masuk jurusan seni tari mau jadi apa? Banyak lho prospek kerja menarik dari jurusan ini. Selain menjadi penari di pertunjukan seni, Kamu juga bisa menjadi penari di teater, hingga penari di video musik. Kalau suka mengajar, Kamu bisa menjadi pengajar tari.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

10. Tidak Ada Hitung-Hitungan Dan Hapalan

Masuk ke jurusan seni tari, Kamu akan dijauhkan dari hitung-hitungan matematika dan hapalan teori. Kamu fokus pada hapalan gerakan tari saja, jangan yang lain.

Itulah 10 alasan memilih jurusan seni tari. Apapun jurusan yang Kamu pilih pada akhirnya, jalanilah dengan sungguh-sungguh. Nikmati segala proses perkuliahan yang ada dan jangan lupa untuk berjejaring seluas-luasnya.