Peluang Atau Prospek Kerja Seni Tari

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Seni Tari Dan Gajinya

Minat dan bakat seseorang memang bisa terlihat sejak kecil. Hal tersebut yang membuat seseorang memilih pekerjaan sesuai passion. Ada yang menyukai bidang sains, ada pula yang lebih tertarik dengan bahasa. Ada pula yang menyukai bidang seni, seperti seni tari. Passion terhadap seni tari inilah yang mungkin menjadi salah satu alasan Kamu memilih masuk jurusan seni tari walaupun tidak sedikit yang meragukan peluang atau prospek kerja seni tari di masa depan.

Buat Kamu yang menyukai seni tari, mengambil jurusan yang sama tentu menjadi puncak kepuasan bagi diri sendiri. Kamu ingin mewujudkan mimpi berkeliling dunia sembari unjuk bakat dan kemampuan di panggung yang ditonton oleh sekian banyak orang. Jika ditekuni, kemampuan menari yang Kamu miliki tentu bisa membuatmu mewujudkan mimpi tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

Ketika ada orang yang meragukan prospek kerja jurusan seni tari, Kamu tidak perlu merasa berkecil hati. Tak perlu panik dengan rencana karir sebab peluang atau prospek kerja seni tari sangat terbuka lebar. Berikut ini adalah 10 prospek kerja lulusan jurusan seni tari yang bisa Kamu jadikan pilihan karir di masa depan.

1. Aktor

Yang pertama, Kamu bisa menjadi aktor atau aktris. Kamu bisa menjadi seorang aktor/aktris yang memiliki kemampuan menari. Kamu bisa bermain di sebuah film bergenre drama musikal, baik sebagai pemeran utama, pemeran pembantu, atau hanya sebagai ekstras. Dari keterlibatan Kamu sebagai pemain film, Kamu bisa dibayar mahal jika akting Kamu memuaskan.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

2. Ballerina

Yang kedua, Kamu bisa menjadi seorang ballerina. Kalau Kamu menyukai tari balet sejak kecil, menjadi seorang ballerina bisa menjadi dambaan karir. Kamu bisa melakukan kegiatan atau hobi tanpa merasa bekerja. Sedangkan penari balet laki-laki disebut dengan danseur.

Ballerina biasanya tampil di pertunjukan-pertunjukan khusus, seperti opera. Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari setiap pertunjukan yang Kamu ikuti.

3. Koreografer

Peluang atau prospek kerja seni tari yang ketiga adalah menjadi koreografer. Tari memang sebuah seni yang tidak menuntut pendidikan tinggi selama Kamu mau belajar dan bekerja keras. Tetapi, Kamu membutuhkan gelar akademik dan pengalaman mumpuni jika ingin menjadi seorang koreografer yang dipercaya masyarakat, seperti Denny Malik, Eko Supriyanto dan masih banyak koreografer lain.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Tari Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp6.000.000 per bulan.

4. Guru Tari

Yang keempat, Kamu bisa berkarir di dunia pendidikan dengan menjadi guru tari. Untuk menjadi seorang guru tari di sanggar atau sekolah tentu membutuhkan pendidikan, bakat dan pengalaman. Kamu bisa menjadi seorang guru tari sesuai dengan jurusan pendidikan seni tari yang ditempuh.

Gaji yang didapatkan oleh seorang guru tari yaitu mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000 per bulan.

5. Administrasi Seni

Lulusan seni tari juga berpotensi memberikan pilihan karir sebagai Administrasi Seni. Kamu bisa bergabung di sektor swasta atau lembaga pemerintah sebab pekerjaan ini berjalan di ranah kebijakan kultural dan implementasi dalam kehidupan masyarakat. Latar belakang pendidikan seni membuatmu lebih paham kondisi teman-teman seniman lainnya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Seni Tari Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp4.000.000 per bulan.

6. Direktur Artistik

Pekerjaan dengan gaji tinggi bisa Kamu dapatkan setelah lulus kuliah seni tari. Salah satu potensi karir cemerlang Kamu adalah menjadi direktur artistik. Tugasnya adalah mengatur sebuah pertunjukan seni. Kamu bisa bekerja sebagai direktur artistik di televisi, teater dan lain-lain.

Gaji yang bisa diperoleh seorang direktur artistik atau art director yaitu mulai dari Rp3.000.000 sampai dengan Rp6.000.000 per bulan.

7. Penari Sirkus

Yang ketujuh, Kamu bisa berkarir sebagai seorang penari sirkus. Menjadi penari sirkus dan keliling dunia untuk mengadakan pertunjukan, bisa kok. Kamu bisa bergabung bersama dengan para penari lain untuk menciptakan hasil karya luar biasa dan ditonton oleh semua orang di dunia.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

8. Terapis Tari

Apakah Kamu pernah mendengar nama Sekartaji? Ya, nama Sekartaji Ayuwangi terkenal sebab ia merupakan terapis kejiwaan yang pandai menari. Kamu juga bisa menjadi seorang terapis tari yang bekerja di sektor sosial. Terapi tari banyak diterapkan pada orang yang mengalami gangguan jiwa atau skizofrenia.

9. Instruktur Yoga

Peluang atau prospek kerja seni tari berikutnya adalah menjadi instruktur yoga. Yoga merupakan jenis olahraga yang memerlukan konsentrasi pikiran yang fokus agar bisa menciptakan ketenangan pada tubuh. Gerakan pada yoga juga bisa terinspirasi dari gerakan tari sehingga seorang lulusan tari bisa merambah profesi unik ini.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Seni Tari Untuk Jenjang S1

Kamu bisa membuka kelas yoga dan masyarakat bisa bergabung di dalamnya. Semakin banyak orang yang bergabung, bayaran yang Kamu terima akan semakin banyak.

10. Instruktur Ballet

Yang terakhir, Kamu bisa berkarir sebagai instruktur balet. Tentu butuh seorang yang menempuh pendidikan formal dan pengalaman besar sebagai ballerina terlatih untuk menjadi seorang instruktur ballet. Kamu bisa menjadi seorang pengusaha dengan membuka kelas ballet sendiri. Semakin banyak anak yang tertarik untuk belajar balet, semakin besar penghasilan yang bisa Kamu terima.

Demikian 10 peluang atau prospek kerja seni tari dan perkiraan gajinya. Prospek kerja seni tari di atas bisa menjadi gambaran buat Kamu yang tertarik masuk jurusan ini. Kalau bisa mencintai seni tari dan bisa menghasilkan pendapatan dari hobi, kenapa tidak? Gaji yang ditawarkan tentu bervariasi sebab seni tari berhubungan dengan kreativitas. Tak hanya sebagai pekerjaan tetap, seni tari juga memiliki banyak ruang untuk Kamu yang ingin bekerja freelance.