Mata Kuliah Kesehatan Lingkungan

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kesehatan Lingkungan Untuk Jenjang S1

Prodi Kesehatan Lingkungan merupakan salah satu jurusan kuliah yang kurang populer di telinga masyarakat luas, namun memiliki potensi yang sangat progresif. Di era modern, pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh gaya hidup kapitalis semakin tinggi. Pembuangan limbah sembarangan, pengelolaan lingkungan buruk, sampah tidak bisa didaur ulang, dan masih banyak concern prodi ini. Kalau Kamu memiliki minat di bidang kesehatan lingkungan, sebaiknya ketahui beberapa mata kuliah Kesehatan Lingkungan.

Kamu bisa mengambil program pendidikan vokasi DIII atau S1 jurusan Kesehatan Lingkungan sesuai keinginan. Kalau Kamu mengambil program Strata Satu, maka simak beberapa mata kuliah sejak awal hingga akhir semester berikut :

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Lingkungan Bagi Yang Bingung

1. Dasar Kesehatan Lingkungan

Materi yang diajarkan sejak semester awal tentang dasar Kesehatan Lingkungan yang menjadi jurusan kuliah Kamu. Pemahaman dasar sangat berkaitan dengan materi yang akan Kamu pelajari selanjutnya.

2. Fisika Lingkungan

Tujuan pembelajaran Fisika Lingkungan adalah memahami mengenai permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan konsep fisika dan diajarkan pada semester pertama.

3. Kimia Lingkungan

Semester awal merupakan momen untuk memberikan mata kuliah dasar yang bermanfaat untuk Kamu. Salah satu matkul di jurusan Kesehatan Lingkungan adalah Kimia Lingkungan. Kamu akan mempelajari dan memahami segala permasalahan lingkungan yang berkaitan dengan konsep dasar ilmu Kimia.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan dan Gajinya

4. Mikrobiologi Lingkungan

Mata kuliah yang mempelajari mikroorganisme sehingga Kamu perlu menghafal dan mempelajari berbagai macam virus, bakteri dan lain-lain.

5. Penyehatan Air Dan Pengelolaan Limbah Cair

Mata kuliah Kesehatan Lingkungan yang sangat berfungsi untuk mengelola air di sekitar. Kamu bisa menjadi lebih berwawasan dan bisa mengetahui kualitas air termasuk pengelolaan limbah cair di lingkungan sekitar. Siap-siap melaksanakan praktikum untuk mengetahui kualitas air di berbagai tempat dan mengelola limbah cair yang aman agar tidak merusak lingkungan, ya!

6. Penyehatan Udara

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kesehatan Lingkungan untuk Jenjang S1

Tak hanya matkul Penyehatan Air saja, Kamu akan mempelajari teori Penyehatan Udara. Permasalahan mengenai pencemaran udara akibat polusi, debu atau aktivitas industri bukan hal yang asing dewasa ini.

7. Rekayasa Sarana Sanitasi

Rekayasa Sarana Sanitasi diharapkan bisa mengurangi sanitasi yang tidak memperhatikan prosedur kesehatan di tempat publik atau pemukiman. Inovasi sarana sanitasi yang sesuai standar kesehatan sangat dibutuhkan seiring perkembangan hidup manusia modern.

8. Penyehatan Tanah Dan Pengelolaan Sampah

Mata kuliah Penyehatan Tanah dan Pengelolaan Sampah menjadi materi paling penting agar Kamu bisa memecahkan masalah lingkungan yang serius ini. Kelak mata kuliah ini sangat berperan di lingkungan nyata saat Kamu bekerja di perusahaan atau lembaga negara.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Lingkungan Bagi Yang Bingung

9. Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan

Kamu perlu belajar materi penting yang berkaitan dengan pendekatan yang berfungsi menekan pencemaran lingkungan dan penyebab gangguan kesehatan masyarakat.

10. Sanitasi Rumah Sakit

Mata kuliah yang mengajarkan tentang prosedur sanitasi rumah sakit yang baik. Kelak Kamu bisa menjadi perencana dan pengawas kesehatan lingkungan rumah sakit terkait pengawasan kesehatan petugas laboratorium, standarisasi sanitasi rumah sakit, penanganan bahan radioaktif, dan lain-lain.

Kalau Kamu tertarik dengan gambaran mata kuliah Kesehatan Lingkungan, segera ambil kesempatan mengikuti seleksi masuk jurusan potensial ini, ya!