Peluang Atau Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan dan Gajinya

Jurusan Kesehatan Lingkungan bisa menjadi pilihan prodi untuk Kamu yang memiliki minat di bidang kelestarian alam sekitar. Masalah pencemaran lingkungan yang semakin kritis merupakan alasan utama memilih jurusan Kesehatan Lingkungan. Kamu bisa berupaya melakukan pengendalian pencemaran, melakukan konservasi sumber daya alam, pengelolaan lingkungan, dan lain-lain. Selain itu, peluang atau prospek kerja kesehatan lingkungan sangat beragam.

Kamu mungkin masih asing dengan jurusan ini. Untuk Kamu yang belum tahu, jurusan kesehatan lingkungan merupakan jurusan yang mempelajari tentang kesehatan lingkungan untuk memastikan suatu lingkungan layak huni bagi manusia. Jurusan ini bisa Kamu temukan di Universitas Indonesia dan di beberapa politeknik kesehatan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Lingkungan Bagi Yang Bingung

Buat Kamu yang ragu kuliah Kesehatan Lingkungan karena menganggap masa depan kurang terjamin, sebaiknya simak potensi karir profesional lulusan Kesehatan Lingkungan berikut :

1. Ahli Lingkungan

Prospek kerja pertama dari jurusan ini adalah menjadi ahli lingkungan. Kamu bisa menjadi ahli lingkungan yang dibutuhkan oleh instansi pemerintah atau swasta setelah lulus kuliah strata satu dari jurusan ini. Keahlian dan ilmu yang Kamu miliki akan sangat berguna bagi perusahaan yang ingin melakukan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL).

Gaji yang diperoleh dari profesi ini mulai dari Rp3.500.000 per bulan dan bisa mencapai angka dua digit seiring dengan pengalaman dan kinerja Kamu.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kesehatan Lingkungan untuk Jenjang S1

2. Dosen

Yang kedua, Kamu bisa berkarir sebagai seorang dosen. Namun untuk menjadi dosen, Kamu perlu melanjutkan pendidikan minimal S2. Jika Kamu hanya lulus S1, Kamu tidak bisa menjadi dosen. Dosen spesialis lingkungan bisa mendapatkan gaji mulai jutaan rupiah tergantung dengan jam kerja. Baik dosen tetap atau tidak tetap di kampus memiliki jam kerja yang fleksibel, lho! Rata-rata gaji yang didapatkan oleh seorang dosen yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

3. Penulis

Peluang atau prospek kerja kesehatan lingkungan berikutnya adalah menjadi penulis. Berbasis riset dan literatur, Kamu bisa menjadi seorang penulis yang aktif mengeluarkan karya terkait kesehatan lingkungan. Hasil karya Kamu bisa berupa buku atau bisa juga dalam bentuk lainnya.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kesehatan Lingkungan Untuk Jenjang S1

Gaji penulis didapatkan dari sistem kontrak atau royalti. Semakin laris buku atau karya yang Kamu hasilkan, maka semakin besar peluang mendapatkan penghasilan termasuk undangan menjadi narasumber di berbagai acara.

4. Peneliti Medikal

Yang keempat, lulusan dari jurusan kesehatan lingkungan bisa berkarir sebagai peneliti medikal. Profesi ini berhubungan dengan pemahaman penyakit dan kesehatan manusia serta terlibat dalam penelitian, pengembangan dan penyelidikan klinis. Jabatan pekerjaan yang terkait dengan profesi peneliti medikal antara lain direktur asosiasi, farmakolog klinis, ilmuwan, dan pekerja sektor kesehatan. Gaji yang Kamu peroleh dari pekerjaan sebagai seorang peneliti medikal yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kesehatan Lingkungan Untuk Jenjang S1

5. Manajer Ilmu Alam

Yang kelima, Kamu juga bisa memilih karir sebagai seorang manajer ilmu alam. Manajer ilmu alam bertugas merencanakan, mengarahkan dan mengkoordinasikan kegiatan di bidang ilmu biologi, fisika, kimia, dan lain-lain. Gaji manajer ilmu alam di berbagai peninjauan proyek mulai dari Rp4.000.000 hingga mencapai Rp7.000.000 per bulan.

6. Tenaga Penyuluh

Prospek kerja lainnya yang bisa Kamu pilih sebagai lulusan kesehatan lingkungan adalah menjadi tenaga penyuluh. Tenaga penyuluh dari lembaga kesehatan pemerintah atau swasta bisa menjadi pilihan karir Kamu. Tidak hanya mendapatkan bayaran sesuai kebijakan lembaga saja, Kamu melakukan tugas yang mulia dalam memberikan arahan pada masyarakat luas. Gaji yang Kamu peroleh dari profesi sebagai tenaga penyuluh sekitar Rp4.000.000 per bulan.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kesehatan Lingkungan untuk Jenjang S1

7. Pegawai Pemerintahan

Yang ketujuh, Kamu bisa bekerja sebagai pegawai negeri di lembaga pemerintahan, misalnya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Kesehatan, Perindustrian, ESDM, dan lain-lain. Kamu bisa ikut rekrutmen CPNS yang diadakan oleh pemerintah untuk bisa bergabung menjadi pegawai pemerintahan atau bisa juga dengan menjadi pegawai honorer.

Gaji PNS mencapai jutaan belum termasuk tunjangan, intensif, dan dana pensiun. Rata-rata PNS menerima gaji sekitar Rp5.000.000 per bulan.

8. Bekerja Di Perusahaan Manufaktur, Migas Dan Petrokimia

Peluang atau prospek kerja kesehatan lingkungan berikutnya adalah Kamu bisa bekerja di perusahaan manufaktur, migas dan petrokimia. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ini menawarkan gaji yang cukup tinggi untuk pemula. Gaji bisa bertambah seiring dengan kinerja dan kebijakan perusahaan terkait. Rata-rata gaji yang Kamu peroleh dengan memilih karir di perusahaan ini yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Lingkungan Bagi Yang Bingung

9. Konsultan Lingkungan

Prospek kerja Kesehatan Lingkungan berikutnya yang bisa Kamu pilih adalah menjadi konsultan lingkungan. Seorang konsultan akan memberikan arahan pada klien terkait sistem pengolahan air, drainase, sanitasi lingkungan, dan lain-lain. Profesi ini hampir sama dengan profesi ahli lingkungan yang sudah disebutkan di poin awal. Gaji yang Kamu peroleh dari profesi ini yaitu sekitar Rp5.000.000 per bulan.

10. Wirausaha

Yang terakhir, Kamu sebagai lulusan kesehatan lingkungan juga bisa menjadi pebisnis dengan mengembangkan ilmu yang Kamu dapatkan selama kuliah. Keahlian Kamu dalam mengelola lingkungan bisa menciptakan tren wisata alam yang menarik minat wisatawan, bisnis perkebunan dan peternakan, pengolahan air minum, dan masih banyak potensi usaha yang menawarkan omzet tidak terbatas.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kesehatan Lingkungan untuk Jenjang S1

Gaji yang Kamu peroleh bisa Kamu sesuaikan. Seiring dengan perkembangan bisnis dan omset yang Kamu dapatkan, penghasilan Kamu juga akan semakin meningkat.

Itulah 10 Peluang atau prospek kerja kesehatan lingkungan lengkap dengan perkiraan gajinya. Prospek kerja dari jurusan ini tidak terbatas karena semua sektor industri membutuhkan lulusan kesehatan lingkungan yang profesional. Gaji yang diberikan bisa lebih besar sesuai dengan kinerja yang bisa Kamu berikan, ya!