Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Lingkungan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Kesehatan Lingkungan Bagi Yang Bingung

Isu global warming dan pencemaran lingkungan bukan hal yang asing dewasa ini. Perkembangan kehidupan masyarakat modern menjadi salah satu penyebab utama. Pemakaian plastik, kemajuan industri, pembuangan limbah beracun, dan berbagai masalah lingkungan lain wajib diperhatikan lebih serius. Kamu yang memiliki minat mengelola dan melestarikan bumi, bisa mempertimbangkan alasan memilih jurusan Kesehatan Lingkungan.

Prodi Kesehatan Lingkungan siap menjadi tempat Kamu belajar menjaga kesehatan lingkungan dan berupaya mencegah pencemaran. Kamu yang punya passion di bidang melestarikan bumi, bisa memilih jurusan kuliah ini. Berikut alasan memilih jurusan Kesehatan Lingkungan yang wajib Kamu perhatikan yaitu :

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan dan Gajinya

1. Kebutuhan Profesional Lingkungan Di Indonesia

Indonesia masih butuh para profesional lingkungan sehingga prospek karir setelah lulus kuliah cukup besar. Setidaknya Kamu tidak perlu khawatir bakal menganggur setelah mendapatkan gelar Sarjana Kesehatan Lingkungan, ya!

2. Pencemaran Lingkungan Semakin Parah

Mencintai bumi dan tidak ingin gaya hidup masyarakat modern mencemari lingkungan merupakan alasan utama jurusan Kesehatan Lingkungan diminati lulusan SMA. Pencemaran lingkungan di Indonesia sangat kritis karena pola hidup masyarakat yang belum teredukasi dengan baik.

3. Peluang Karir Di Pemerintahan

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kesehatan Lingkungan untuk Jenjang S1

Cocok untuk Kamu yang ingin menjadi staf di Kementerian Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, BPPN, dan masih banyak lembaga pemerintah yang lain.

4. Peluang Karir Di Sektor Privat

Perusahaan sektor manufaktur, migas, industri pangan, obat-obatan, kosmetik, dan lain-lain butuh lulusan Kesehatan Lingkungan yang kredibel.

5. Gaji Profesional Cukup Tinggi

Alasan gaji profesional yang tinggi memang rasional sekali. Kamu bisa mendapatkan gaji lebih besar dari UMR hingga jutaan rupiah tergantung perusahaan yang merekrut. Jika berkarir sebagai PNS, maka Kamu mendapatkan jaminan gaji, tunjangan, insentif, dan dana pensiun.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kesehatan Lingkungan Untuk Jenjang S1

6. Mengembangkan Minat Pada Pengolahan Pengairan

Kamu bisa mengembangkan minat pada pengolahan perairan di sekitar sehingga menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

7. Memberi Manfaat Pada Masyarakat

Pilih jurusan Kesehatan Lingkungan yang bisa memberikan pengetahuan dan langkah pencegahan penularan penyakit pada masyarakat luas.

8. Bisa Menjadi Peneliti Atau Tenaga Penyuluh

Alasan memilih kuliah di bidang Kesehatan Lingkungan karena Kamu ingin menjadi seorang peneliti atau tenaga penyuluh, kenapa tidak?

9. Ingin Mengembangkan Pariwisata Di Indonesia

Buat Kamu yang ingin mengembangkan pariwisata di kampung halaman atau daerah lain, bisa mengelola lingkungan lebih baik. Potensi pariwisata yang menonjolkan kebersihan dan kelestarian alam bisa menarik minat wisatawan.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kesehatan Lingkungan dan Gajinya

10. Bisa Berkarir Sebagai Penulis Atau Dosen

Berdasarkan ilmu yang Kamu pelajari di bangku kuliah, melakukan riset dan membaca literatur pendukung lain, Kamu bisa berkarir sebagai penulis buku. Tak hanya menjadi penulis, Kamu juga bisa menjadi seorang dosen. Alasan utama buat Kamu yang mungkin ragu memilih jurusan Kesehatan Lingkungan.

Alasan memilih jurusan Kesehatan Lingkungan bisa menjadi referensi untuk Kamu yang masih galau menentukan jurusan kuliah tahun depan!