Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kehutanan

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kehutanan Untuk Jenjang S1

Mata kuliah kehutanan untuk jenjang S1 berjumlah 23, diantaranya ada Kimia, Fisika, Biologi, Pengantar Ilmu Kehutanan, dan lain sebagainya. Dalam jurusan kehutanan sendiri Kamu akan mempelajari segala sesuatu tentang hutan mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan hasil manajemen hasil hutan itu sendiri. Untuk lebih jelasnya mengenai mata kuliah tersebut akan diuraikan di bawah ini.

1. Kimia Dasar

Dalam kimia dasar Kamu akan mempelajari tentang materi beserta sifat-sifatnya. Dalam hal ini, materi didefinisikan sebagai segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang.

2. Fisika Dasar

Selain mempelajari kimia, Kamu juga akan mempelajari fisika dasar yang mencakup mekanika benda titik dan benda tegar, fluida, fisika termal, dan termodinamika. Fisika dibutuhkan dalam jurusan kehutanan untuk menyelesaikan urusan perhitungan atau teknik lainnya.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kehutanan Dan Gajinya

3. Ilmu Tanah Hutan

Mata kuliah ilmu tanah hutan mempelajari tentang definisi tanah, kegunaan tanah, komponen atau penyusun tanah, pelapukan, tekstur dan struktur tanah, macam-macam ordo tanah, dan masih banyak lagi.

4. Praktikum Ilmu Tanah Hutan

Praktikum ilmu tanah hutan akan mengajarkan Kamu tentang apa itu serasah, menghitung bulk density, dan yang lainnya. Dalam prakteknya Kamu akan mengumpulkan seresah di lantai hutan, memisahkan litter, fragmented, humus, kemudian menimbang tanah dan memasukkannya ke dalam oven seperti akan membuat kue.

5. Fitogeografi

Mata kuliah kehutanan ini wajib Kamu perhatikan dengan seksama, pasalnya Kamu akan mempelajari berbagai morfologi vegetatif dan generatif tumbuhan, karakteristik pohon di lapangan, identifikasi tata nama klasifikasi, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Kehutanan Bagi Yang Bingung Kuliah

6. Praktikum Fitogeografi

Dalam prakteknya Kamu akan disuruh menggambar daun, bunga, dan buah dari berbagai jenis pohon. Selanjutnya Kamu akan dibawa ke hutan untuk mengidentifikasi beberapa spesies atau jenis pohon kehutanan.

7. Biologi Umum

Isi dari mata kuliah biologi ini hampir sama dengan pelajaran biologi saat SMA. Jadi, Kamu hanya tinggal mengulangnya saja. Sebagai gambaran, Kamu akan belajar tentang biologi sebagai ilmu, materi penyusun jasad, sel, dan lain sebagainya.

8. Biometrika Hutan

Biometrika hutan hampir mirip dengan statistika, artinya berhubungan dengan data. Di jurusan kehutanan, biometrika penting dipelajari karena Kamu akan bekerja mengumpulkan data di lapangan, mengolah data menggunakan komputer, lalu menyajikannya secara representatif.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Kehutanan Untuk Jenjang S1

9. Pengantar Ilmu Kehutanan

Melalui mata kuliah ini Kamu akan diperkenalkan dengan kehutanan, istilah-istilah kehutanan, dan kegiatan-kegiatan pada bidang kehutanan. Materi yang akan Kamu dapat berupa bioma hutan, ekologi hutan, pengelolaan hutan secara lestari dan seimbang, dan lain sebagainya.

10. Praktikum Biometrika Hutan

Sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya, Kamu akan dilatih terlebih dahulu mengolah data menggunakan Microsoft Excel dengan berbagai rumusnya. Meskipun agak memusingkan, setidaknya Kamu sudah tau sedikit tentang dunia kerja.

Nah, demikianlah beberapa mata kuliah kehutanan untuk jenjang S1. Mata kuliah di atas wajib Kamu ketahui atau mungkin pelajari untuk persiapan kuliah di jurusan kehutanan. Dengan mempelajarinya, Kamu bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu dengan matang.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *