Perkiraan Biaya Kuliah Kehutanan

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Kehutanan Untuk Jenjang S1

Biaya kuliah kehutanan di perguruan tinggi negeri dan swasta pada umumnya berbeda. Untuk perguruan tinggi negeri sendiri menerapkan sistem uang kuliah tunggal (UKT). Sedangkan perguruan tinggi swasta tergantung dengan kebijakan universitas masing-masing. Meski pada umumnya biaya kuliah bersangkutan dengan pedoman dan peraturan yang dikeluarkan pihak kampus.

Mengetahui biaya kuliah memang sebaiknya diketahui dari sekarang agar orang tua Kamu bisa mempersiapkannya sedini mungkin. Selain itu, Kamu dapat mempersiapkan diri dengan baik. Bahkan Kamu juga bisa mempersiapkan kebutuhan yang lain seperti buku, laptop, aksesoris laptop, tas, pakaian, sepatu, dan lain sebagainya. Dengan demikian, proses perkuliahan akan berjalan lancar hingga kelulusan.

Mengetahui biaya kuliah sedini mungkin sangatlah penting, mengingat biaya kuliah pada zaman sekarang bisa dikatakan mahal. Namun kembali lagi tergantung dengan peraturan dan kebijakan universitas masing-masing. Sama halnya dengan setiap jurusan yang memiliki biaya kuliah yang berbeda-beda. Maka dari itu, penting sekali mencari informasi mengenai biaya kuliah agar bisa dipersiapkan sebaik mungkin.

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kehutanan Untuk Jenjang S1

Jurusan Kehutanan

Jurusan kehutanan merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati para pecinta alam, terutama mereka yang hobi berpetualang ke gunung. Karena selain menikmati keindahan dan suasana gunung, biasanya mereka termotivasi memelihara keindahan alamnya.

Apalagi keadaan hutan Indonesia sekarang berada dalam kondisi yang memprihatinkan. Untuk biaya kuliah kehutanan sendiri bisa Kamu cari informasinya melalui internet atau mendatangi kampus terkait. Kuliah sambil memelihara sumber daya alam itu menarik bukan?

Selama kuliah Kamu akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan hutan, dimulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, sampai pengolahan dan manajemen hasil hutan. Tidak hanya itu, Kamu juga akan belajar bagaimana melestarikan hutan tersebut melalui rehabilitas dan perlindungan yang erat kaitannya dengan permasalahan lingkungan. Jurusan kehutanan sendiri merupakan salah satu jurusan dari bagian Fakultas Kehutanan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Kehutanan Bagi Yang Bingung Kuliah

Bagi Kamu yang tertarik kuliah jurusan kehutanan maka sangat penting mengenalnya lebih jauh. Kamu bisa mulai mencari mata kuliah apa saja yang akan dibahas pada perkuliahan nanti. Maka Kamu bisa mempelajarinya dari sekarang sebagai salah satu persiapan awal. Kamu juga dapat membeli buku-buku bacaan dari sekarang untuk persiapan belajar. Dengan demikian, Kamu sudah siap mengikuti perkuliahan nanti.

Biaya Kuliah

Sebenarnya berapa sih biaya kuliah kehutanan di perguruan tinggi negeri dan swasta? Sebagai gambaran, biayanya berkisar antara Rp. 4.000.000 untuk perguruan tinggi negeri. Untuk pendidikan per semester dikenakan biaya sebesar Rp. 1.750.000. Namun berbeda dengan universitas yang menerapkan sistem UKT. UKT adalah sistem pembayaran uang kuliah berdasarkan kemampuan pendapatan orang tua.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kehutanan Dan Gajinya

Biaya kuliah UKT paling murah mulai dari Rp. 0 – 500.000 sampai yang paling mahal Rp. 7.000.000. Kalau Kamu masih merasa keberatan, Kamu bisa mengajukan permohonan keringanan biaya pada universitas atau mencari beasiswa yang dapat membiayai Kamu sampai wisuda.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *