Alasan Memilih Jurusan Kehutanan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Kehutanan Bagi Yang Bingung Kuliah

Pernah mendengar jurusan kehutanan? Mungkin Kamu masih asing dengan jurusan ini. Padahal presiden Indonesia, Joko Widodo, merupakan alumni dari jurusan kehutanan. Buat Kamu yang masih bingung memilih jurusan kuliah, di bawah ini ada 10 alasan memilih jurusan kehutanan yang bisa Kamu pertimbangkan.

1. Hutan Adalah Paru-Paru Dunia

Alasan pertama tentu saja karena hutan adalah paru-paru dunia sehingga Kamu perlu menjaganya. Hutan mengubah karbondioksida menjadi oksigen yang setiap saat kita hirup. Hutan jugalah yang membuat pasokan air tanah tetap terjaga.

2. Melestarikan Lingkungan

Belajar di jurusan kehutanan membuatmu tahu bagaimana cara melestarikan lingkungan. Hutan memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia sehingga Kamu tidak akan rugi mempelajari cara merawat hutan.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Kehutanan Untuk Jenjang S1

3. Perkembangan Keilmuan Yang Pesat

Siapa bilang ilmu kehutanan tidak berkembang? Faktanya IPTEK di bidang kehutanan berkembang sama pesatnya seiring zaman. Berbagai teknologi diciptakan untuk perkembangan pohon di hutan agar lebih baik.

4. Hutan Adalah Aset Penting Negara

Alasan memilih jurusan kehutanan selanjutnya adalah karena hutan merupakan aset penting negara. Hutan merupakan sumber devisa pendapatan negara di luar sektor minyak dan gas.

5. Luasnya Area Hutan

Indonesia memiliki area hutan yang sangat luas yang butuh dijaga. Dengan belajar di jurusan kehutanan dan menjadi ahli hutan, Kamu akan berkesempatan untuk menjaga area hutan di Indonesia agar tidak berganti menjadi pemukiman atau kota metropolitan.

6. Banyak Kegiatan Lapangan

Alasan memilih jurusan kehutanan adalah karena selama proses perkuliahan akan banyak kegiatan di luar kelas. Jadi untuk Kamu yang mudah bosan dengan prose belajar mengajar di dalam kelas, jurusan ini bisa jadi sangat cocok untuk Kamu pilih.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kehutanan Dan Gajinya

7. Pilihan Pendidikan Lanjutan Yang Beragam

Kalau Kamu berniat melanjutkan pendidikan hingga ke tingkat yang lebih tinggi, jurusan kehutanan memiliki banyak pilihan program studi untuk jenjang yang lebih tinggi. Jadi Kamu bisa menyesuaikan dengan minat dan kemampuan yang Kamu miliki.

8. Prospek Kerja Yang Luas

Jurusan kehutanan memiliki prospek kerja yang luas, mulai dari bekerja di lembaga non-profit, instansi pemerintah, hingga menjadi wirausaha. Kamu juga bisa memilih untuk duduk diam di depan komputer ataupun menjadi seseorang yang lebih banyak terjun ke lapangan secara langsung.

9. Tidak Banyak Saingan

Belum banyak yang tahu soal keberadaan jurusan kehutanan ini. Padahal salah satu presiden di Indonesia merupakan lulusan jurusan kehutanan. Dengan sedikitnya saingan yang ingin masuk ke jurusan kehutanan, hal tersebut bisa menjadi langkah mulus Kamu diterima di jurusan ini.

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kehutanan Untuk Jenjang S1

10. Terbiasa Berpikir Logis Dan Runut

Mahasiswa jurusan kehutanan akan dibiasakan untuk berpikir logis dan runut. Hal ini bisa menjadi bekal yang sangat berguna untuk memasuki dunia kerja setelah Kamu lulus nanti.

Nah, itulah 10 alasan memilih jurusan kehutanan sebagai jurusan kuliah. Pilihlah sesuai minat karena kalau Kamu minat pada jurusan tersebut, Kamu akan menjalaninya dengan senang hati.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *