Jenis Soal Tes Potensi Skolastik

Image: canva.com

Jenis Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Yang Perlu Dipelajari

Dalam tes ujian tulis berbasis komputer atau UTBK yang menjadi syarat untuk mengikuti SBMPTN, Kamu akan menghadapi dua jenis tes. Salah satu tes tersebut adalah tes potensi skolastik atau TPS yang berguna untuk melihat kemampuan kognitif serta pemahaman dan penalaran Kamu dalam menjalani pendidikan di perguruan tinggi nantinya. Dalam tes ini, ada beberapa soal yang akan Kamu kerjakan. Agar Kamu lebih siap menghadapi tes ini, berikut jenis soal tes potensi skolastik atau TPS yang perlu Kamu ketahui dan pelajari.

Baca Juga:  10 Tips Menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) Pada UTBK

1. Penalaran Umum

Pada bagian soal dengan jenis penalaran umum, Kamu akan mendapatkan soal yang disajikan dalam bentuk data teks. Data teks ini akan menjadi soal yang perlu Kamu analisa.

Kunci mengerjakan soal penalaran umum ialah membaca dengan cermat serta tidak terburu-buru. Kamu harus benar-benar memahami kata-kata dalam teks tersebut dan analisalah kandungan maknanya hingga Kamu mengetahui maksud kalimat tersebut. Intinya, Kamu perlu fokus dan cermat dengan data yang telah disajikan.

2. Pemahaman Bacaan Dan Menulis

Jenis soal tes potensi skolastik atau TPS selanjutnya adalah pemahaman bacaan dan menulis. Dalam jenis soal ini, Kamu akan dites kemampuan berbahasa Kamu dengan soal-soal yang erat kaitannya dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Kamu harus bisa menggunakan EYD secara tepat. Kamu juga akan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan kesimpulan, inti paragraf, atau pesan-pesan yang tersirat dari sebuah bacaan teks.

Baca Juga:  Apa Itu Tes Potensi Skolastik (TPS) Pada UTBK? Berikut Penjelasannya

3. Pengetahuan Dan Pemahaman Umum

Jenis soal pada tes potensi skolastik selanjutnya masih berkaitan dengan kemampuan berbahasa Indonesia Kamu dan juga ditambah beberapa soal yang menguji kemampuanmu dalam berbahasa Inggris. Dalam jenis soal ini, Kamu harus memiliki wawasan yang luas mengenai perbendaharaan kata ataupun kosakata umum, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Soal-soal pada bagian ini akan banyak berkaitan dengan persamaan atau sinonim, lawan kata atau antonim, dan juga soal-soal mengenai idiom. Untuk bisa menguasai jenis soal seperti ini, ada baiknya Kamu lebih banyak membaca buku agar memperluas wawasan Kamu dan menambah perbendaharaan kata yang Kamu miliki.

Baca Juga:  10 Perbedaan TPA Dan TPS Pada UTBK Yang Perlu Kamu Tau

4. Pengetahuan Kuantitatif

Jenis soal pada bagian pengetahuan kuantitatif adalah soal-soal yang berkaitan dengan materi atau pelajaran matematika. Dalam jenis soal ini, Kamu akan banyak menemui soal-soal yang berkaitan dengan geometri, aljabar, aritmatika, peluang, fungsi, statistika, dan soal-soal lainnya yang berkaitan dengan data.

Itulah beberapa jenis soal tes potensi skolastik atau TPS yang akan Kamu temui dalam tes UTBK untuk melakukan seleksi ke perguruan tinggi atau SBMPTN. Intinya, soal dalam tes potensi skolastik bertujuan untuk melatih kemampuanmu dalam memahami dan menganalisa suatu persoalan dan memecahkan solusi untuk menjadi jawabannya.
Semoga ulasan di atas bisa membantumu, ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *