Tes Potensi Skolastik

Image: canva.com

Apa Itu Tes Potensi Skolastik (TPS) Pada UTBK? Berikut Penjelasannya

Semenjak tahun 2019, salah satu syarat agar Kamu bisa lolos SBMPTN di perguruan tinggi adalah dengan mengikuti tes UTBK atau ujian tulis berbasis komputer. Dalam tes inilah Kamu akan mengerjakan salah satu tes yang bernama tes potensi skolastik atau TPS.

Ya, bagi Kamu para lulusan sekolah menengah atas atau pendidikannya yang sederajat, Kamu tentu akan disibukkan dengan mencari informasi mengenai pendaftaran ke perguruan tinggi serta mempelajari tes-tes yang akan dilakukan. Salah satu tes yang bisa Kamu ikuti untuk mendaftar ke perguruan tinggi adalah melalui seleksi bersama perguruan tinggi negeri atau SBMPTN.

Baca Juga:  10 Perbedaan TPA Dan TPS Pada UTBK Yang Perlu Kamu Tau

Lalu seperti apakah TPS ini? Berikut penjelasan mengenai TPS pada tes UTBK SBMPTN.

1. Sejarah TPS

Meskipun cukup baru digunakan pada sistem pendidikan di Indonesia, sebenarnya TPS ini telah dikenal lama dan digunakan sebagai salah satu jenis tes pada sistem pendidikan di luar negeri, terutama pada negara-negara maju dengan kualitas pendidikan yang dikenal terbaik, yaitu Finlandia, Inggris, Swiss, dan juga Australia.

Bahkan di Amerika Serikat, TPS juga telah digunakan sebagai salah satu tes yang biasa dilakukan untuk meneruskan pendidikan calon mahasiswa saat ingin masuk ke perguruan tinggi. TPS sudah dikonsepkan dan diperkenalkan sejak tahun 1926.

Baca Juga:  10 Tips Menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) Pada UTBK

Pada awalnya, TPS ini dibuat dan diciptakan pertama kali oleh sebuah organisasi bernama The College Board. Organisasi The College Board merupakan sebuah organisasi nirlaba yang memiliki visi untuk menjembatani para siswa atau calon mahasiswa dengan kampus atau perguruan tinggi.

2. Pengertian TPS

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kata skolastik memiliki arti sebagai sistem logika, filsafat, serta teologi para sarjana di abad pertengahan. Sementara pengertian TPS atau tes potensi skolastik yang menjadi salah satu jenis tes pada ujian tulis berbasis komputer atau UTBK ialah serangkaian tes yang digunakan untuk mengetahui dan menguji kemampuan penalaran calon mahasiswa serta pemahaman umum lainnya yang dianggap cukup penting untuk keberhasilan pendidikan seseorang di lembaga sekolah formal seperti perguruan tinggi.

Baca Juga:  Jenis Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Yang Perlu Dipelajari

Selain itu, TPS juga menjadi tes untuk mengukur kemampuan kognitif para peserta. Dalam TPS yang dibuat untuk tes UTBK, Kamu akan mendapatkan empat jenis soal TPS, yaitu soal penalaran umum, soal pemahaman bacaan dan menulis, soal pengetahuan dan pemahaman umum, serta soal pengetahuan kuantitatif.

Di tahun 2020, pemerintah melalui Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT bahkan sudah menetapkan bahwa TPS merupakan satu-satunya tes yang akan diberikan saat tes UTBK. Maka, Kamu harus benar-benar mempersiapkan diri untuk mengerjakan soal-soal TPS atau tes potensi skolastik ini agar bisa meraih nilai maksimal dalam tes UTBK, karena hasil tes UTBK merupakan persyaratan yang akan menentukan apakah Kamu bisa lolos SBMPTN atau tidak.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *