Tips Menghadapi Tes Potensi Skolastik

Image: canva.com

10 Tips Menghadapi Tes Potensi Skolastik (TPS) Pada UTBK

Bagi Kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes ujian tulis berbasis komputer atau UTBK, Kamu tentu sering mendengar istilah tes potensi skolastik atau TPS. Untuk bisa sukses mengerjakan soal-soal tes ini, Kamu bisa mengikuti tips menghadapi tes potensi skolastik berikut ini.

1. Banyak Berlatih Soal

Salah satu cara yang paling ampuh untuk bisa menguasai soal-soal TPS adalah dengan banyak berlatih soal. Dengan sering berlatih, Kamu akan terbiasa mendapatkan soal-soal serupa. Jadi, mulailah sering berlatih jauh-jauh hari sebelum waktu tes dilaksanakan.

Baca Juga:  Apa Itu Tes Potensi Skolastik (TPS) Pada UTBK? Berikut Penjelasannya

2. Mengerjakan Soal Yang Lebih Mudah

Waktu yang diberikan untuk tes potensi skolastik hanyalah 180 menit. Maka, untuk mengefektifkan waktu, ada baiknya Kamu mengerjakan mulai dari soal yang paling mudah terlebih dahulu.

3. Banyak Membaca

Salah satu tes dalam TPS adalah tes verbal seperti soal-soal antonim, sinonim, analogi, atau wacana yang membutuhkan banyak perbendaharaan kata. Banyak membaca bisa menjadi salah satu cara untuk menambah perbendaharaan kata Kamu.

4. Berlatih Soal Hitungan

Dalam tes potensi skolastik Kamu juga akan di tes dengan soal-soal numerik. Maka sebaiknya Kamu juga mulai berlatih soal-soal yang berkaitan dengan hitungan.

Baca Juga:  Jenis Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Yang Perlu Dipelajari

5. Mengasah Kemampuan Logika

Tips menghadapi tes potensi skolastik selanjutnya adalah dengan mengasah kemampuan logika, karena tes ini merupakan salah satu tes yang akan Kamu hadapi pada TPS di UTBK.

6. Mengasah Kemampuan Figural

Dalam tes ini Kamu juga akan mendapatkan soal-soal figural seperti tes bayangan atau tes pengelompokan gambar. Maka Kamu juga perlu melatih kemampuan figural Kamu untuk menghadapi jenis soal seperti ini.

7. Teliti Membaca Soal

Dalam soal TPS, akan banyak soal yang membutuhkan pemahaman dan penalaran yang baik. Maka, telitilah ketika membaca soal dan jangan terburu-buru menuliskan jawabannya.

Baca Juga:  10 Perbedaan TPA Dan TPS Pada UTBK Yang Perlu Kamu Tau

8. Membaca Soal Secara Cermat

Maksud dari membaca cermat ialah membaca soal dengan melihat kata kunci soal tersebut dan menyesuaikan dengan jawaban. Cara ini bisa membuat Kamu mengefektifkan waktu yang tersisa.

9. Melatih Kemampuan Bahasa Inggris

Dalam beberapa soal TPS, ada soal yang disajikan dalam bahasa Inggris. Maka, selain mempelajari materi-materi soal TPS, Kamu juga perlu melatih kemampuan bahasa Inggris dan menambah perbendaharaan kosakata Kamu dalam bahasa Inggris.

10. Mengefektifkan Waktu Sebaik Mungkin

Waktu untuk mengerjakan TPS hanya sekitar 180 menit, maka pastikan Kamu menggunakannya secara efektif. Berlatihlah dengan mengerjakan soal dengan lama durasi pengerjaan seperti tes aslinya.

Baca Juga:  Jenis Soal Tes Potensi Skolastik (TPS) Yang Perlu Dipelajari

Itulah beberapa tips menghadapi tes potensi skolastik atau TPS saat Kamu mengikuti tes ujian tulis berbasis komputer atau UTBK agar Kamu bisa mendapatkan hasil tes UTBK dengan nilai tinggi sehingga bisa membuat Kamu lolos tes SBMPTN.

Semoga ulasan di atas bisa menginspirasi Kamu untuk lebih matang dalam mempersiapkan tes yang akan dijalani, ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *