Cara Dan Syarat Pendaftaran Masuk RA

Image: canva.com

Mau Daftar Ke RA? Ini Cara Dan Syarat Pendaftaran Masuk RA

Masa pendidikan TK atau Raudhatul Athfal memang wajib diberikan kepada anak guna memaksimalkan tumbuh dan kembang si buah hati. Namun apakah anak bisa langsung masuk ataukah ada tata cara tertentu? Nah daripada Kamu sebagai orang tua penasaran, yuk simak uraian dibawah ini tentang cara dan syarat pendaftaran masuk RA berikut ini!

Mengapa Raudhatul Athfal Penting?

Mengenyam bangku pendidikan sedini mungkin tidak akan menjemukan bagi si kecil. Malah, buah hati Kamu akan memiliki lingkup yang lebih luas daripada hanya bermain di rumah. Dengan masuk ke dalam TK atau RA, anak akan memiliki wawasan yang lebih luas, lebih kreatif, dan juga lebih banyak bersosialisasi.

Pada umumnya, ada dua jenjang pendidikan anak di TK atau RA, yakni TK A dan TK B. Ada juga istilah TK Nol Besar dan Nol Kecil. Semua istilah sama saja, biasanya TK A atau Nol Kecil diperuntukkan bagi anak di atas 5 tahun, sedangkan TK B atau Nol Besar diperuntukkan bagi balita dan anak menjelang usia 6 tahun.

Baca Juga :  Memilih Raudhatul Athfal (RA) Yang Tepat Untuk Anak, Ada 10 Tips

Cara dan Syarat Pendaftaran Masuk RA

Setelah mengetahui betapa pentingnya jenjang pendidikan TK untuk anak, selanjutnya mari kita bahas tentang syarat pendaftarannya. Ada beberapa cara dan syarat pendaftaran masuk RA yang harus Kamu persiapkan, yakni :

1. Dokumen

Biasanya, dokumen-dokumen anak yang harus Kamu siapkan berbeda-beda, mengikuti ketentuan dari pihak Raudhatul Athfal itu sendiri. Namun pada umumnya, syarat yang harus dilampirkan sebagai dokumen sekolah anak adalah fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga, juga fotokopi ktp orang tua. Selain itu, ada pula yang mensyaratkan fotokopi akta nikah orang tua.

2. Formulir Pendaftaran

Setelah dokumen disiapkan, Kamu juga harus mengisi formulir pendaftaran sekolah. Isinya berupa identitas diri Kamu sebagai orang tua dan identitas diri anak sebagai calon siswa.

Baca Juga :  Pilih TK Atau RA? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Anak Kamu

3. Usia Dan Mental Anak

Selain syarat administratif, usia dan mental anak juga perlu orang tua perhatikan. Umumnya, anak memasuki TK atau RA pada usia diatas 4 tahun. Tidak hanya itu, mental anak juga perlu diperhatikan. Apabila dirasa anak belum siap masuk TK, maka sebaiknya niat tersebut diurungkan. Pasalnya, ketidaksiapan anak akan berimbas pada sosialisasinya di sekolah.

4. Biaya Pendaftaran

Jika dokumen dan formulir sudah ada, maka Kamu tinggal membayar biaya pendaftaran. Tentunya, besaran biaya tergantung sesuai kebijakan masing-masing lembaga. Ada yang memberi gratis masuk, ada juga yang mensyaratkan nominal tertentu.

Jika semua syarat di atas dirasa sudah terpenuhi, maka Kamu tinggal membawa si buah hati ke RA favoritnya. Bawa semua dokumen dan formulir ke pihak perwakilan sekolah. Selanjutnya, bayar biaya pendaftaran atau biaya masuk sesuai yang ditetapkan dan tunggu informasi lebih lanjut.

Baca Juga :  Pilih TK Atau RA? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Anak Kamu

Demikian ulasan tentang cara dan syarat pendaftaran masuk RA. Semoga bermanfaat.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *