Kelebihan Raudhatul Athfal

Image: canva.com

Kelebihan Raudhatul Athfal (RA) Dibandingkan TK

Kala Kamu mendengar kata RA atau Raudhatul Athfal, apakah yang terbesit di pikiranmu? Apakah hanya lingkungan agamis dengan anak-anak yang hanya belajar mengaji saja? Tentunya, anggapan ini sudah kuno sekali. Pasalnya, RA juga merupakan salah satu pendidikan formal yang setara dengan TK. Nah daripada bertanya-tanya lagi tentang apa saja kelebihan Raudhatul Athfal, yuk simak uraian di bawah ini!

Apa Itu Raudhatul Athfal?

Raudhatul Athfal atau RA adalah satu dari bagian pendidikan anak usia dini. Umumnya, para siswa RA berusia antara 4 sampai 6 tahun. Jadi bisa dikatakan jika RA ini sederajat dengan Taman Kanak-Kanak. Hanya saja, tentunya kurikulum pendidikannya lebih kompleks di bidang agama.

Membahas tentang RA sendiri, berikut ini ada beberapa ciri-ciri jika sekolah tersebut adalah RA, yakni umumnya, lembaga pendidikan secara resmi dinaungi oleh DEPDIKNAS dan juga DEPAG. Namun khusus untuk RA, lembaga pendidikan satu ini hanya dinaungi oleh DEPAG saja. Hal ini karena pendidikan di RA berpusat di pengembangan karakter Islam pada siswanya.

Baca Juga:  Berapakah Usia Ideal Anak Masuk RA? Nih Penjelasan Lengkapnya!

Selain itu, lantaran berkonsentrasi di pendidikan agama Islam, maka kebanyakan murid RA adalah dari umat Islam juga. Nah karena ini pula, baju seragam anak RA umumnya juga sesuai syariat agama, yakni berbaju muslim dengan perempuan mengenakan hijab.

Kelebihan RA Dibanding TK

Setelah membahas tentang ciri-ciri RA, berikut ini ada beberapa kelebihan dari sekolah berjenis RA dibanding TK. Adapun kelebihan-kelebihan Raudhatul Athfal adalah sebagai berikut :

1. Pendidikan Agama Yang Kuat

Lantaran konsentrasi pendidikannya banyak di bidang keagamaan, maka anak-anak yang masuk RA akan memiliki basic pendidikan agama yang kuat pula. Pasalnya, anak tidak hanya diajari pendidikan umum, juga diajari membaca dan menulis huruf Arab, doa harian, hingga praktek Ibadah.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Masuk RA Dan Biaya SPP RA Sederajat

2. Memupuk Rasa Cinta Agama Sejak Dini

Belajar di RA juga memberi manfaat positif untuk si buah hati, yakni memupuk rasa cinta dan kasihnya pada agama sejak kecil. Apabila anak sudah diajari tentang kecintaan kepada Agama yang dianut, dalam hal ini Islam, maka kelak saat besar, anak-anak akan tetap berpegang teguh pada hal-hal yang diajarkan. Tentunya, hal ini meminimalisir kenakalan-kenakalan yang marak terjadi.

3. Dunia Dan Akhirat Seimbang

Belajar di RA juga membantu memberi wawasan kepada anak bahwa hidup ini harus seimbang. Anak tidak bisa hanya belajar agama saja tanpa belajar pendidikan lainnya. Namun anak juga tidak bisa hanya belajar hal umum saja tanpa agama. Dengan belajar menyeimbangkan pendidikan sejak dini, maka kelak anak juga akan berhasil menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhiratnya.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Raudhatul Athfal (RA) Yang Tepat Untuk Anak

Demikian ulasan tentang kelebihan Raudhatul Athfal dibandingkan dengan TK. Tentunya, masing-masing jenjang pendidikan tersebut memiliki kelebihan-kelebihan masing-masing dan semuanya tergantung perspektif Kamu sendiri sebagai orang tua. Semoga ulasannya bermanfaat ya!