Memilih Sekolah Raudhatul Athfal (RA)

Image: [Edi Susilo] canva.com

Memilih Raudhatul Athfal (RA) Yang Tepat Untuk Anak, Ada 10 Tips

Sekolah Raudhatul Athfal atau disingkat RA adalah sekolah setingkat dengan Taman Kanak-Kanan (TK). Sekolah ini ditempuh juga selama 2 tahun sesuai dengan tingkat usia. Ada juga yang satu tahun karena sudah cukup usianya masuk Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah atau MI. Untuk memilih Raudhatul Athfal yang tepat, Kamu, sebagai orangtua harus memikirkan dengan matang.

Walaupun anak yang akan masuk jenjang Raudhatul Athfal ini masih usia anak-anak, yakni 4 tahun sampai 5 tahun, tetapi tetap pertimbangkan pemilihan Raudhatul Athfal yang tepat untuk mereka. Mereka memang akan menuruti apa yang dipilihkan orangtua, tetapi Kamu jangan asal memasukkan anak ke Raudhatul Athfal. Pertimbangkan dengan matang lewat 10 tips berikut :

1. Kamu harus memilih Raudhatul Athfal yang berkualitas. Setidaknya sudah memiliki banyak prestasi. Ini akan membuat anak bisa mengembangkan diri. Anak akan diarahkan ke bakatnya sehingga mendapatkan bimbingan yang intensif.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Yang Tepat Untuk Anak

2. Memilihkan Raudhatul Athfal yang tenaga pendidiknya berkualitas. Ini menjadi kunci yang akan membentuk karakter anak Kamu. Guru Raudhatul Athfal harus berkualifikasi.Bukan hanya kecakapan umum saja kualifikasinya, melainkan juga kualifikasi secara keagamaan. Mengantongi gelar sarjana PAUD dan Sarjana Tahfidzul pun menjadi kualifikasi pengajar yang unggul.

3. Memilihkan sekolah Raudhatul Athfal yang nyaman dan aman. Ini terkait dengan lingkungan belajar anak saat di sekolah. Kalaupun dekat dengan jalan raya, usahakan memilihkan yang ada satpamnya atau yang memiliki standart keamanan tingkat tinggi. Kamu pun tidak perlu khawatir saat telat jemput anak.

4. Membaca dan memahami informasi akan visi dan misi dari Raudhatul Athfal yang Kamu pilih. Banyak berkomunikasi dengan guru dan pendidikan lainnya adalah cara yang mudah. Mengamati satu per satu poin visi misinya dan membandingkan dengan perubahan anak setelah ikut proses belajar mengajar.

Baca Juga :  10 Pertimbangan Memilih Sekolah Umum Atau Agama Yang Tepat Untuk Anak

5. Memiliki jam belajar agama yang lebih banyak. TK dengan jenjang Raudhatul Athfal ini memang mengedepankan pengetahuan agama. Untuk itulah memilih Raudhatul Athfal harus yang benar-benar menyediakan jam agama lebih banyak.

6. Memilihkan Raudhatul Athfal yang jam belajarnya tidak sampai full day. Kebanyakan Raudhatul Athfal mengadakan kelas ekstrakurikuler sehingga sekolah menjadi full day. Ini belum perlu untuk anak karena anak akan kecapekan.

7. Mempertimbangkan tentang penataan jumlah murid per kelas. Walaupun dalam satu rombel ada banyak siswa, jangan menempatkan terlalu banyak anak dalam satu kelas, karena kurang efektif. Maksimal satu kelas adalah 20 anak.

8. Memilih Raudhatul Athfal yang fasilitasnya lengkap. Ini akan mendukung belajar anak sehingga akan lebih mudah dalam mempelajari apa yang mereka ingin ketahui.

Baca Juga :  Cara Mengajar Anak TK yang Efektif dan Menyenangkan, Ada 10 Nih!

9. Mencari yang pengajarnya ramah dan sabar. Ini untuk antisipasi tentang miskomunikasi antara wali murid dan guru.

10. Melihat eksistensi dan citra dari Raudhatul Athfal di tengah masyarakat. Hal ini penting, karena sekolah yang bagus adalah sekolah yang banyak mendapat pujian dan menghasilkan alumni yang berkualitas.

Tips-tips memilih Raudhatul Athfal harus Kamu perhatikan. Pertimbangan kenyamanan anak dalam bersekolah. Pastikan juga anak akan berkembang di sekolahnya sehingga siap menyongsong masa depan yang cerah.



Pada kategori 02 TK/RA

About Tim Redaksi

Tim Redaksi merupakan tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar dunia pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan informasi bermanfaat dan terbaru buat Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *