Pilih TK Atau RA

Image: canva.com

Pilih TK Atau RA? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Anak Kamu

Pro dan kontra menyekolahkan anak sejak dini memang bukan hal yang asing lagi. Setiap orangtua tentu memiliki pendapat dan pertimbangan tersendiri. Salah satu kelebihan menyekolahkan anak di bangku Taman Kanak Kanak adalah memberikan pengalaman baru dalam bersosialisasi bersama teman-teman sebaya. Tak hanya bisa memberikan wawasan edukasi, pilih TK atau RA bisa memberikan manfaat hampir sama.

Alasan Memilih TK Dibandingkan Memilih RA Untuk Anak

TK atau Taman Kanak Kanak merupakan salah satu lembaga pendidikan anak usia dini formal yang resmi dari Kemendikbud. Nah, kalau Kamu bingung menentukan mau pilih TK atau RA buat sekolah anak, sebaiknya perhatikan 5 alasan memilih sekolah TK berikut ini.

1. TK Memiliki Kurikulum Memberikan Rangsangan Pada Pertumbuhan Dan Perkembangan Si Kecil Baik Rohani Serta Jasmani

Jenjang pendidikan yang bakal ditempuh si kecil adalah dua tahun yaitu TK A dan TK B. Masing-masing memiliki konsep pembelajaran sendiri yang bertujuan memberikan persiapan bagi anak untuk memasuki sekolah dasar nantinya.

Baca Juga :  Daftarkan Anak Ke TK? Ini Cara Dan Syarat Pendaftaran Masuk TK

2. Mengajari Si Kecil Berhitung Dan Belajar Membaca

Kamu bisa memasukkan si kecil belajar di TK agar bisa mempelajari ilmu berhitung dan membaca.

3. Melatih Si Kecil Belajar Berkomunikasi Dan Bersosialisasi

Kelebihan menyekolahkan si kecil di bangku TK adalah agar dia belajar berkomunikasi dengan teman, guru atau orang sekitar di lingkungan sekolah. Si kecil akan belajar bersosialisasi dengan teman lain yang mungkin berbeda latar belakang atau agama. TK lebih bersifat umum tergantung dengan jenis Taman Kanak Kanak yang dipilih.

4. Fasilitas Belajar Lengkap

Sebenarnya fasilitas ini tergantung jenis TK yang Kamu pilih namun TK milik negeri biasanya juga memiliki fasilitas lengkap sesuai tumbuh kembang si kecil.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Masuk TK dan Biaya SPP TK Sederajat

5. Biaya Lebih Terjangkau

Kelebihan lain memilih TK dibandingkan RA adalah biaya lebih murah. Sebenarnya pilihan ini opsional tergantung jenis TK yang Kamu inginkan tetapi TK milik swasta cenderung lebih mahal di bidang operasional.

Alasan Memilih RA Dibandingkan Memilih TK Untuk Anak

Buat Kamu yang masih bingung pilih TK atau RA, bisa memperhatikan beberapa alasan berikut ini.

1. Memiliki Kurikulum Memprioritaskan Keagamaan Dan Pengetahuan Umum

Seperti nama yang tersemat, RA atau Raudhatul Atfal merupakan pendidikan anak pra sekolah yang sejajar TK namun lebih mengedepankan sisi keagamaan. Kurikulum yang diusung lebih memprioritaskan bidang agama Islam.

2. Mengenalkan Pendidikan Agama Pada Anak Sejak Usia Dini

Selain kurikulum berbasis Islam, anak-anak juga langsung dikenalkan pada metode belajar berbau agama seperti praktek keagamaan termasuk memakai pakaian yang islami.

Baca Juga :  Perbedaan PAUD Dan TK Yang Perlu Kamu Ketahui Nih

3. Membentuk Karakter Dan Kepribadian Kuat Berdasarkan Agama

Si kecil akan memiliki karakter dan kepribadian kuat yang sesuai aturan agama sebab diajar oleh guru-guru yang memiliki sertifikasi dan pengalaman di bidang keagamaan yang kuat.

4. Mengajarkan Berkomunikasi Dan Sosialisasi

Hampir sama dengan sekolah TK, anak-anak juga akan belahar berkomunikasi dan bersosialisasi dengan teman yang beragama sama termasuk orang-orang di lingkungan sekolah.

5. Memiliki Fasilitas Yang Sebanding Dengan Biaya

Sekolah RA merupakan lembaga swasta yang memang memiliki tarif lebih mahal dibandingkan sekolah TK. Tetapi, tarif tersebut biasanya sesuai dengan fasilitas baik sarana dan prasarana yang memadai demi tumbuh kembang si kecil.

Dari beberapa alasan di atas, mana yang akan Kamu pilih sebagai lembaga pendidikan pra sekolah anak yang kuat. Pilih TK atau RA? Tentu Kamu tidak akan galau lagi, bukan?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *