UTBK adalah

Image: canva.com

Apa Itu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)? UTBK adalah …

Bagi Kamu yang sedang bersiap-siap untuk mendaftar ke perguruan tinggi, Kamu pasti akan sering mendengar istilah-istilah dalam proses seleksi masuk ke perguruan tinggi, salah satunya adalah UTBK. Namun tahukah Kamu apa itu UTBK? UTBK adalah kepanjangan dari ujian tulis berbasis komputer. Untuk bisa lebih memahami mengenai UTBK Kamu bisa membaca penjelasan berikut.

1. Pengertian UTBK

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa UTBK merupakan kepanjangan dari ujian tulis berbasis komputer. Ujian ini merupakan salah satu tes seleksi yang diperlukan untuk masuk ke perguruan tinggi selain beberapa tes lainnya dan merupakan tes yang diselenggarakan oleh LTMPT atau lembaga tes masuk perguruan tinggi.

Baca Juga:  10 Syarat Daftar UTBK Yang Perlu Kamu Penuhi Di Awal

LTMPT ini merupakan lembaga resmi dan telah terstandarisasi untuk menggelar ujian tes bagi para calon mahasiswa yang akan mendaftar ke perguruan tinggi.

2. Kelebihan UTBK

UTBK adalah ujian tes yang menggunakan sistem komputer sehingga kelebihan dari tes ini adalah bisa dilakukan dengan proses yang lebih cepat dan bisa diikuti oleh lebih banyak calon mahasiswa. Hasil dari tes UTBK juga bisa keluar lebih cepat karena menggunakan sistem komputer.

3. Fungsi Nilai UTBK

Saat ini, UTBK merupakan tes yang wajib diikuti oleh para calon mahasiswa lulusan SMA atau sederajat yang akan mengikuti tes SBMPTN atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri. Nilai dari tes ini nantinya akan menjadi salah satu faktor penentu apakah Kamu lolos di SBMPTN tersebut atau tidak. Tes UTBK juga dapat dijadikan acuan untuk melihat potensi akademik calon mahasiswa tersebut.

Baca Juga:  Perbedaan UTBK Dan SBMPTN Yang Perlu Kamu Tau

Maka, sebelum Kamu melalui proses SBMPTN, Kamu wajib mengikuti tes UTBK terlebih dahulu dimana nantinya hasil dari UTBK tersebut akan Kamu gunakan untuk persyaratan mengikuti tes SBMPTN. Bahkan bukan hanya SBMPTN, nilai UTBK juga bisa menjadi salah satu persyaratan untuk mengikuti tes jalur mandiri sebuah perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

4. Cara Mengikuti UTBK

Ujian tes berbasis komputer atau UTBK bisa Kamu ikuti dengan waktu yang cukup fleksibel. Kamu bisa memilih waktu tes dan tempat tes sesuai dengan kebutuhan dan disesuaikan dengan jadwal Kamu. Ada dua jenis UTBK yang bisa Kamu ikuti, yaitu UTBK berbayar dan UTBK tidak berbayar.

Baca Juga:  10 Tips Lolos UTBK Yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Perbedaan keduanya adalah proses tesnya yang mendapat subsidi dan tidak, namun keduanya tetap diselenggarakan oleh LTMPT. Sebelum mengikuti tes UTBK ini, Kamu harus mendaftarkan diri terlebih dahulu pada situs LTMPT serta mengisi dan mempersiapkan beberapa persyaratan termasuk memilih waktu dan lokasi tes, serta membayar biaya tes bagi Kamu yang memilih UTBK berbayar.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa UTBK adalah tes yang wajib Kamu ikuti ketika ingin mengikuti proses seleksi SBMPTN di perguruan tinggi.