Perbedaan UTBK Dan SBMPTN

Image: canva.com

Perbedaan UTBK Dan SBMPTN Yang Perlu Kamu Tau

Bagi Kamu yang baru lulus dari jenjang sekolah menengah atas. Kamu pasti akan disibukkan dengan mencari-cari informasi yang berkaitan dengan pendaftaran ke jenjang perguruan tinggi. Saat mencari-cari informasi mengenai proses pendaftaran atau seleksi masuk perguruan tinggi, Kamu pasti sering mendengar beberapa istilah seperti UTBK atau SBMPTN. Namun tahukah Kamu pengertian dan istilah-istilah di atas serta apakah perbedaan UTBK dan SBMPTN?

Berikut sedikit penjelasan mengenai pengertian serta perbedaan UTBK dan SBMPTN untuk informasi bagi Kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk di perguruan tinggi.

Baca Juga:  10 Syarat Daftar UTBK Yang Perlu Kamu Penuhi Di Awal

1. Pengertian UTBK Dan SBMPTN

Sebelum mengetahui perbedaan antara kedua tes ini, Kamu harus memahami terlebih dahulu pengertian dari masing-masing tes ini. UTBK merupakan singkatan dari ujian tulis berbasis komputer yang merupakan salah satu tes untuk masuk perguruan tinggi dan diselenggarakan oleh LTMPT atau lembaga tes masuk perguruan tinggi.

Lembaga ini merupakan lembaga yang terdaftar dan terstandarisasi untuk memberikan tes bagi para calon mahasiswa yang akan mendaftar ke perguruan tinggi. Saat UTBK, Kamu akan mengikuti dua jenis tes, yaitu TPS atau tes potensi skolastik serta TKA atau tes kompetensi akademik. Tes UTBK memiliki jadwal yang fleksibel dimana Kamu bisa memilih waktu dan tempat melaksanakan tes ini sesuai dengan jadwal Kamu.

Baca Juga:  10 Tips Lolos UTBK Yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Sementara SBMPTN merupakan singkatan dari seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri yang berupa proses seleksi akan Kamu lakukan saat mendaftar ke perguruan tinggi negeri. Dalam SBMPTN beberapa tahun ke belakang, Kamu akan mengikuti tiga tes, yaitu tes IPA, IPS, serta IPC.

Namun semenjak 2019 SBMPTN tidak mengadakan tes melainkan hanya seleksi yang dilakukan oleh perguruan tinggi untuk menentukan apakah Kamu bisa lolos dan masuk menjadi mahasiswa perguruan tinggi tersebut atau tidak. Salah satu faktor penentu dalam seleksi SBMPTN ini adalah hasil nilai tes yang Kamu dapatkan dari tes UTBK.

Baca Juga:  10 Perbedaan SNMPTN Dan SBMPTN

2. Perbedaan UTBK Dan SBMPTN

Dari pengertian mengenai kedua tes tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan UTBK dan SBMPTN adalah dari proses yang dilakukan dan fungsinya. Untuk masuk dan lolos seleksi sebuah perguruan tinggi yang Kamu inginkan, Kamu harus mengikuti tes UTBK terlebih dahulu. Setelah itu, Kamu akan mendapat nilai atau hasil dari tes tersebut.

Nilai UTBK tersebut selanjutnya akan Kamu gunakan untuk mendaftar pada perguruan tinggi yang Kamu pilih melalui proses SBMPTN. Pada proses SBMPTN ini, pihak perguruan tinggi akan melakukan seleksi apakah Kamu bisa lolos atau tidak melalui nilai UTBK yang Kamu serahkan.

Baca Juga:  Contoh Soal SBMPTN SOSHUM Wajib Kamu Pelajari

Itulah sedikit penjelasan mengenai perbedaan UTBK dan SBMPTN yang bisa memberi informasi tambahan bagi Kamu yang sedang mencari-cari info seputar pendaftaran dan tes masuk ke jenjang perguruan tinggi.