Tips Lolos UTBK

Image: canva.com

10 Tips Lolos UTBK Yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Bagi Kamu yang ingin berkuliah di perguruan tinggi negeri, Kamu harus melalui proses seleksi seperti SBMPTN terlebih dahulu. Untuk bisa lolos dalam seleksi tersebut, Kamu juga harus melakukan tes ujian tulis berbasis komputer atau UTBK. Agar Kamu bisa mendapatkan nilai yang tinggi dalam tes ini, berikut beberapa tips lolos UTBK yang bisa Kamu perhatikan dan ikuti.

1. Belajar Dari Jauh-Jauh Hari

Agar Kamu bisa lebih siap ketika waktu pelaksanaan tes UTBK Kamu dimulai, maka Kamu harus mempersiapkannya dengan belajar dari jauh-jauh hari. Ini akan membuat persiapan Kamu menghadapi tes ini bisa lebih matang.

Baca Juga:  10 Syarat Daftar UTBK Yang Perlu Kamu Penuhi Di Awal

2. Mempelajari Jenis Tes Yang Diberikan

Agar bisa lolos suatu tes, Kamu harus mengenali dulu tes seperti apa yang akan Kamu hadapi. Saat Kamu mendaftar tes UTBK, maka Kamu harus tahu bahwa Kamu akan menghadapi jenis tes TPA dan TPS yang perlu pendalaman materi masing-masing.

3. Memilih Program Studi Sesuai Kemampuan

Berbeda pilihan program studi maka akan berbeda pula tes dan soal yang diberikan pada Kamu, terutama untuk kategori tes potensi akademik, yaitu untuk kategori saintek, soshum, atau keduanya. Agar Kamu bisa lolos, pilihlah program studi yang Kamu kuasai.

Baca Juga:  10 Tips Belajar UTBK Agar Lancar Dengan Skor Tinggi

4. Membuat Jadwal Khusus

Tes UTBK adalah tes yang cukup penting dan harus benar-benar Kamu persiapkan dengan fokus. Agar Kamu bisa fokus mempelajari setiap materi, buatlah jadwal khusus untuk mempelajari setiap materi dari tes ini.

5. Mengerjakan Latihan Soal

Tips lolos UTBK selanjutnya adalah Kamu juga harus berlatih dengan mengerjakan soal-soal setipe, bukan hanya mempelajari dan menghafal materi pelajaran. Dengan berlatih soal, Kamu bisa mendapat gambaran mengenai apa yang akan Kamu hadapi nantinya.

6. Melakukan Simulasi Tes UTBK

Agar Kamu bisa lebih mendapatkan gambaran yang sesuai dengan tes yang akan Kamu hadapi, Kamu juga bisa melakukan simulasi dengan mengerjakan latihan soal dengan tenggat waktu sesuai dengan yang diberikan pada ujian pelaksanaan UTBK nantinya.

Baca Juga:  Perbedaan UTBK Dan SBMPTN Yang Perlu Kamu Tau

7. Membuat Target Mingguan

Ada banyak materi yang harus Kamu kuasai sebelum pelaksanaan tes UTBK. Agar seluruh materi bisa Kamu kuasai, buatlah target mingguan dengan satu penguasaan materi yang menjadi target Kamu setiap minggu.

8. Mengikuti Try Out

Menjelang pelaksanaan UTBK, akan ada banyak try out yang digelar dan bisa Kamu ikuti. Cara ini juga bisa membuat Kamu mendapat gambaran mengenai tes nantinya sehingga Kamu akan lebih siap dan sudah terbiasa.

9. Mengerjakan Soal Yang Lebih Mudah

Saat melaksanakan tes UTBK, manfaatkanlah waktu yang diberikan denganc ara mengerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu.

Baca Juga:  Apa Itu Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)? UTBK adalah ...

10. Membaca Soal Dengan Cermat

Ada banyak soal dalam tes UTBK yang membutuhkan ketelitian dan kecermatan tinggi. Maka, pastikan Kamu selalu membaca soal dengan cermat.

Itulah beberapa tips lolos UTBK yang bisa mulai Kamu praktekkan dari sekarang. Semoga ulasan di atas bisa menginspirasi Kamu, ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *