Tugas Marketing

Image: canva.com

10 Tugas Marketing Yang Perlu Kamu Pahami

Job desk atau tugas marketing biasanya mengikuti perusahaan atau tempat bisnis masing-masing. Contohnya, rangkaian pemasaran pada bisnis event organizer dengan pemasaran bisni food and beverage akan berbeda meski sama-sama bentuk dari marketing. Walau begitu, terdapat tugas-tugas dasar yang umumnya menjadi tanggung jawab tim pemasaran. Seperti melakukan riset pasar, mengkoordinasi pemasaran produk, hingga menciptakan strategi pemasaran.

Lebih jelas lagi, beberapa tugas dasar marketing bisa Kamu pelajari singkat di bawah ini.

1. Melakukan Riset Dan Survey Pasar

Untuk merancang strategi pemasaran dengan ide kreatif, dibutuhkan riset dan survey pasar. Ini menjadi tugas dasar yang wajib dilakukan. Memahami pergerakan pasar yang terus berubah akan menciptakan strategi paling tepat.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Marketing Sebagai Pilihan Karir

2. Menganalisa Produk

Tidak hanya pemasaran, marketing pun berperan dalam pemilihan dan penciptaan produk sesuai kebutuhan pasar, sehingga tugas lainnya ialah menganalisa produk. Baik produk yang sudah ada, maupun produk bisnis yang akan dipasarkan.

3. Melakukan Dan Mengkoordinasi Pemasaran Yang Kreatif

Adanya tim marketing bukan hanya bertugas mengenalkan dan memasarkan produk bisnis saja, tetapinya mengkoordinasi pemasaran yang dinilai kreatif, berbeda dengan yang lain secara efektif.

4. Memimpin Bisnis Untuk Capai Tujuan

Setiap strategi yang dibuat diikuti tujuan atau target. Untuk itu tugas marketing yang harus dipenuhi adalah memimpin tim agar dapat mencapai tujuan atau target tersebut. Biasanya masing-masing perusahaan, industri, atau juga bisnis berskala kecil memiliki tujuan sebagai patokan kesuksesan atas bisnis itu sendiri.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Marketing

5. Menentukan Anggaran Yang Disesuaikan Target

Tugas berikutnya ialah merancang dan menentukan besar anggaran yang disesuaikan target. Ini berhubungan dengan modal dalam proses pemasaran.

6. Mengelola Pemasaran

Marketing juga memiliki tanggung jawab dalam hal proses dan sistem pemasaran, sehingga bukan hanya merancang atau mencari ide, dalam eksekusinya tim harus mampu mengelola agar semuanya berjalan sesuai rencana.

7. Memecahkan Berbagai Masalah Yang Berhubungan Dengan Pemasaran

Ketika ada masalah, marketing bertugas mencari solusi terbaik dan menjawab masalah-masalah tersebut secara bijak, untuk hindari kerugian.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Marketing Yang Bisa Kamu Coba

8. Menciptakan Strategi Pemasaran Paling Efektif

Strategi yang dirancang oleh marketing harus bersifat efektif, sekaligus efisien. Selain itu strategi harus memungkinkan dijalankan, bukan sekadar efektif, tetapi ternyata terlalu sulit untuk dieksekusi.

9. Membantu Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Tugas berikutnya ialah membantu konsumen atau pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya.

10. Membina Hubungan Dengan Relasi Dan Konsumen

Menjaga hubungan baik bersama relasi, serta konsumen juga menjadi tugas tim marketing demi memperlancar bisnis dan mencapai kesuksesan.

Pastinya tugas marketing di setiap perusahaan berbeda, tergantung pada jenis produk bisnis, serta target yang ingin dicapai. Terkadang ada perusahaan yang memberi tugas mencakup proses penjualan produk pada marketing. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya sebagai referensi nih

Baca Juga:  Apa Itu Marketing? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Marketing