Cara Menjadi Marketing

Image: canva.com

10 Cara Menjadi Marketing Yang Bisa Kamu Coba

Salah satu profesi yang dibutuhkan saat ini adalah marketing. Banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk posisi ini. Apakah Kamu tertarik bekerja sebagai seorang marketing? Jika iya, Kamu perlu tahu cara menjadi marketing.

Berikut ini adalah cara untuk menjadi seorang marketing yang bisa diterapkan:

1. Masuk Ke SMK Jurusan Pemasaran

Yang pertama, Kamu bisa menempuh pendidikan SMK dengan mengambil jurusan pemasaran atau marketing. Alih-alih bersekolah di SMA, Kamu bisa bersekolah di SMK yang sudah jelas penjurusannya.

2. Masuk Ke Jurusan Kuliah Yang Linier

Baca Juga:  Apa Itu Marketing? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Marketing

Jika Kamu ingin masuk ke SMA, Kamu bisa mengambil jurusan kuliah yang linier. Meskipun profesi marketing bisa dimasuki dari semua jurusan, Kamu yang memiliki latar belakang keilmuan tentu akan didahulukan. Beberapa jurusan yang linier dengan marketing yaitu ekonomi pemasaran dan advertising.

3. Ikuti Pelatihan Marketing

Cara menjadi marketing lainnya adalah dengan mengikuti pelatihan marketing. Kamu bisa mengikuti pelatihan online atau bisa juga pelatihan offline. Ada banyak pelatihan yang bisa Kamu pilih, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis.

4. Magang Di Bagian Marketing

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Marketing Sebagai Pilihan Karir

Cara lainnya untuk bisa menjadi marketing adalah magang di bagian marketing. Pengalaman selama magang bisa menjadi bekal ilmu yang sangat berguna ketika Kamu memasuki dunia profesional.

5. Menguasai Dasar Marketing

Jika Kamu ingin bekerja di bidang marketing, Kamu perlu menguasai dasar-dasar marketing. Kamu perlu tahu fungsi, jenis, dan unsur dalam marketing. Dasar marketing ini bisa menjadi bekal yang baik untuk Kamu dalam menjalankan tugas.

6. Kuasai Penggunaan Media Sosial

Selanjutnya, Kamu perlu menguasai penggunaan media sosial. Hal ini penting terutama untuk Kamu yang berprofesi sebagai digital marketing.

Baca Juga:  10 Tugas Marketing Yang Perlu Kamu Pahami

7. Kuasai Ads

Masih seputar digital marketing, Kamu perlu menguasai strategi Ads atau iklan digital. Kamu bisa mempelajari Facebook Ads, Google Ads, iklan Instagram dan sebagainya.

8. Kuasai Teknologi Di Bidang Marketing

Penguasaan teknologi di bidang marketing juga termasuk salah satu cara menjadi marketing. Beberapa teknologi di bidang marketing yang perlu Kamu kuasai mulai dari Live Streaming hingga teknologi Artificial Intelligence dan Virtual Reality.

9. Menguasai Riset Dan Analisis

Berikutnya, Kamu juga sebaiknya mahir dalam melakukan riset dan analisis. Ini penting karena Kamu akan melakukan riset pasar dan menganalisisnya. Juga, Kamu akan membaca kebiasaan dari para konsumen melalui data yang ada.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Marketing

10. Gabung Komunitas Dan Temukan Mentor

Yang terakhir, gabung dengan komunitas bidang marketing. Bergabung dengan komunitas akan memudahkan Kamu untuk berbagi pengalaman dan sangat mungkin untuk menemukan mentor.

Demikian 10 cara menjadi marketing yang bisa Kamu terapkan. Profesi marketing bisa dimasuki oleh siapapun dari jurusan manapun. Yang terpenting, Kamu menguasai kemampuan atau skill yang dibutuhkan, memahami dasar-dasar marketing, dan siap menjalankan peran sebagai seorang marketing.