Apa Itu Marketing

Image: canva.com

Apa Itu Marketing? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Marketing

Banyak perusahaan yang membutuhkan posisi marketing. Sebenarnya, apa itu marketing? Marketing bisa diartikan sebagai pemasaran, yaitu serangkaian kegiatan untuk membuat orang aware dan tertarik dengan produk suatu perusahaan. Marketing terdiri dari serangkaian kegiatan, mulai dari pengembangan produk, distribusi, penjualan, dan periklanan. Karena itulah, marketing sering sering disamakan dengan sales padahal sebenarnya kedua profesi ini sangat berbeda.

Untuk Kamu yang tertarik bekerja di bidang ini, Kamu perlu memahami apa itu marketing melalui 10 penjelasan berikut ini.

1. Tugas Dan Tanggung Jawab

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Marketing Yang Bisa Kamu Coba

Marketing memiliki tugas untuk melakukan pemasaran produk. Segala hal yang berkaitan dengan pemasaran produk, mulai dari strategi pemasaran hingga evaluasi program pemasaran menjadi tanggung jawab marketing.

2. Kisaran Gaji Yang Diterima

Setiap bulannya, kisaran gaji yang diterima oleh marketing mulai dari Rp5.500.000 per bulan dan bisa mencapai Rp15.000.000 per bulan untuk Kamu yang sudah mencapai level senior.

3. Soft Skills

Kamu sudah tahu apa itu marketing. Kamu juga perlu tahu soft skills yang perlu dikuasai. Beberapa di antaranya yaitu kemampuan negosiasi, rasa ingin tahu yang tinggi, kemampuan meyakinkan orang lain, dan selalu update dengan isu terkini.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Marketing Sebagai Pilihan Karir

4. Hard Skills

Selain soft skills, Kamu juga perlu menguasai hard skills. Beberapa hard skills yang perlu Kamu kuasai adalah menguasai media sosial, menguasai SEO dan SEM, juga kemampuan riset dan analisis.

5. Jurusan Terkait

Profesi marketing biasanya menerima calon karyawan yang berasal dari berbagai latar belakang. Semua jurusan bisa masuk ke bidang kerja ini. Tapi, jika Kamu ingin belajar di jurusan yang linier, ada jurusan ekonomi pemasaran dan jurusan advertising yang bisa Kamu pilih.

6. Cara Menjadi Marketing

Kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara menjadi marketing? Tidak sulit. Cara menjadi marketing yang bisa Kamu coba yaitu memiliki skills yang dibutuhkan, suka bertemu dengan banyak orang baru, dan menguasai product knowledge.

Baca Juga:  10 Tugas Marketing Yang Perlu Kamu Pahami

7. Apa Itu Marketing Konvensional

Marketing konvensional merupakan strategi marketing yang dilakukan secara offline atau langsung dan biasanya menggunakan media cetak.

8. Apa Itu Digital Marketing

Seiring perkembangan teknologi digital, muncul pula istilah digital marketing. Digital marketing merupakan marketing yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada.

9. Bedanya Marketing Dengan Sales

Marketing adalah pemasaran produk yang bertujuan membuat orang aware dengan suatu produk hingga akhirnya membelinya. Sedangkan sales adalah penjualan produk yang bertujuan membuat orang membeli produk tersebut.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Marketing

10. Jenjang Karir

Profesi marketing memiliki jenjang karir. Dimulai dengan staf marketing, kemudian manajer marketing, dan yang paling tinggi adalah direktur marketing.

Nah, itulah 10 penjelasan mengenai apa itu marketing. Sekarang, Kamu sudah lebih memahami profesi ini. Sekali lagi, profesi marketing berbeda dengan sales. Namun kedua profesi ini berhubungan satu sama lain.