Skill Yang Harus Dimiliki Marketing

Image: canva.com

10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Marketing

Posisi tim marketing di sebuah perusahaan, startup, industri, maupun bentuk bisnis lainnya sangatlah penting. Mereka yang menjadi bagian dari tim ini memiliki tanggung jawab besar dalam pengembangan dan kemajuan, serta tentunya dalam kesuksesan penjualan produk, baik jasa, atau juga barang. Kamu pasti sering mendengar soal skill yang harus dimiliki marketing seperti kemampuan dalam memasarkan produk, bukan? Sebenarnya, secara rinci, keahlian yang harus dimiliki lebih dari itu lho.

Supaya Kamu mendapat gambaran bagaimana tim marketing sangat mempengaruhi kesuksesan penjualan produk, berikut sepuluh kemampuan dan skill yang harus dimiliki.

Baca Juga:  10 Tugas Marketing Yang Perlu Kamu Pahami

1. Paham Tentang Customer Experience

Keahlian pertama berhubungan dengan interaksi bersama pelanggan dan biasanya terkait pada customer journey, user interaction, juga dalam hal user experience. Biasanya perusahaan akan menggunakan perangkat yang mampu membantu memenuhi ketiga sesi tersebut.

2. Paham Analisis Pasar

Karena dunia marketing berhubungan erat dengan pemasaran, tentunya skill yang harus miliki marketing lainnya ialah paham untuk melakukan analisis pasar. Kondisi pasar berubah-ubah setiap waktu.

3. Melakukan Riset

Agar memahami dan mampu menganalisis kondisi pasar, maka seorang marketing harus melakukan sejumlah riset yang berdasarkan fakta di lapangan. Hasil riset pun akan menjadi bahan penting tim pemasaran untuk menciptakan ide marketing paling efektif.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Marketing Yang Bisa Kamu Coba

4. Pemasaran Melalui Media Sosial

Keahlian lainnya ialah mampu memasarkan produk melalui media sosial yang kini sudah menjadi bagian dari kehidupan. Tidak bisa dipungkiri, peran media sosial begitu besar dalam perkembangan dan kemajuan sebuah bisnis, bagaimanapun skalanya,

5. Keahlian Untuk Story Telling

Menjadi bagian dari tim satu ini bukan sekadar merancang pemasaran paling efektif saja, tetapi harus bisa story telling atau memiliki keahlian dalam menjelaskan secara informatif yang nantinya mudah untuk dimengerti oleh perusahaan, serta tentu dimengerti customer.

6. Jiwa Yang Kreatif

Baca Juga:  Apa Itu Marketing? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Marketing

Dunia marketing tidak jauh dari kreativitas yang dimiliki tim, sehingga jiwa kreatif para anggotanya menjadi hal wajib.

7. Kemampuan Untuk Mudah Beradaptasi

Kemampuan dalam beradaptasi juga harus dimiliki untuk penyesuaian yang cepat.

8. Kemampuan Dalam Mengatur Waktu

Selanjutnya ialah keahlian untuk mengatur waktu. Strategi pemasaran dan proses kreatif harus dilakukan secara efisien, agar mendatangkan keuntungan semaksimal mungkin.

9. Mengerti Public Speaking

Marketing juga akan sangat berhubungan dengan kemampuan dalam public speaking, atau keahlian berbicara di depan publik dengan lancar. Dalam berinteraksi dengan banyak orang dan bersama customer membutuhkan keahlian yang satu ini.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Marketing Sebagai Pilihan Karir

10. Memiliki Jiwa Pemimpin

Jiwa pemimpin iatau leadership juga harus dimiliki seorang marketing.

Kemampuan atau pun skill yang harus dimiliki marketing biasa lebih luas lagi dan menyesuaikan kebutuhan bisnis. Nantinya keahlian bisa mengikuti permintaan dan tuntutan dalam bisnis tersebut, serta berdasarkan bidangnya. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu ya.