Permainan Anak

Image: [Design_Miss_C] pixabay.com

Permainan Anak yang Mendidik dan Menyenangkan Untuk PAUD Dan TK

Mendidik anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang tepat. Anak PAUD dan TK mudah sekali merasa bosan ketika belajar jadi pendidikan harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Salah satu cara efektif untuk mendidik anak usia PAUD dan TK adalah dengan menggunakan media permainan anak.

Anak-anak usia PAUD dan TK akan sangat bersemangat jika diajak bermain. Oleh karena itu, belajar dengan media permainan akan membuat anak-anak bisa belajar sekaligus merasa senang. Inilah dia 10 permainan anak yang mendidik dan menyenangkan bagi anak PAUD dan TK :

1. Susun Balok

Permainan susun balok bisa membantu melatih kemampuan motorik dan cara berpikir anak. Selain itu, susun balok juga bisa menjadi sarana untuk memperkenalkan aneka warna pada anak.

Baca Juga :  Cara Mengajar Anak PAUD yang Efektif dan Menyenangkan, Ada 10 Nih!

2. Mewarnai

Mewarnai bisa menjadi permainan yang menyenangkan. Gunakan media yang tidak membosankan contohnya seperti cat air atau irisan buah belimbing.

3. Permainan Tepuk

Permainan anak yang mendidik selanjutnya adalah permainan tepuk tangan. Permainan tepuk tangan merupakan jenis permainan yang sangat mudah untuk dilakukan. Permainan ini bisa membantu melatih koordinasi gerakan tangan anak.

4. Memasangkan Benda

Permainan memasangkan benda menjadi salah satu permainan yang bisa mengasah kemampuan berpikir anak. Misalnya, gunakan beberapa jenis benda kemudian minta anak untuk memasangkannya seperti sepatu dengan kaos kaki atau sendok dengan garpu.

5. Lempar Tangkap

Ajak anak bermain lempar tangkap karena permainan ini sangat baik untuk melatih kemampuan motorik anak. Selain itu, permainan ini juga bisa membantu tubuh anak menjadi lebih bugar.

Baca Juga :  10 Cara Agar Anak Mudah Belajar Menggambar Secara Mandiri

6. Menyusun Puzzle
Permainan menyusun puzzle sangat baik dilakukan untuk merangsang kemampuan berpikir anak. Gunakan puzzle sederhana untuk melatih kemampuan anak baru kemudian tingkatkan menjadi gambar yang lebih rumit secara perlahan.

7. Melipat Kertas

Lakukan permainan melipat kertas untuk melatih kemampuan motorik dan kreativitas anak. Lihatlah bentuk apa saja yang bisa dihasilkan oleh anak-anak nanti.

8. Menyusun Bongkar Pasang

Mainan bongkar pasang merupakan jenis mainan yang bisa membantu melatih kecerdasan anak. Biarkan anak membongkar mainannya kemudian menyusun mainan tersebut hingga kembali ke bentuk semula.

9. Menyanyi Bersambung

Lakukan permainan menyanyi bersambung secara berkelompok. Gunakan lagu-lagu anak-anak yang mudah diingat dan memiliki lirik yang positif. Permainan ini bisa melatih kemampuan anak untuk bekerja sama dengan teman-temannya.

Baca Juga :  10 Pertimbangan Memilih Sekolah Umum Atau Agama Yang Tepat Untuk Anak

10. Menyusun Menara

Permainan menyusun menara akan menjadi permainan yang seru untuk dilakukan bersama anak-anak PAUD dan TK. Gunakan balok-balok atau bentuk lainnya dan minta anak menyusun menara setinggi mungkin.

Itulah tadi 10 ide pilihan permainan anak yang mendidik dan menyenangkan. Lakukan permainan-permainan ini secara bergantian setiap hari agar anak tidak merasa bosan dan terus menemukan pengalaman serta ilmu baru dari permainan yang ia lakukan.



Pada kategori PAUD, TK/RA

About Tim Redaksi

Tim Redaksi merupakan tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar dunia pendidikan dan karir yang selalu berusaha memberikan informasi bermanfaat dan terbaru buat Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *