Cara Menguasai Kelas Pada Saat Mengajar

Image: canva.com

10 Cara Menguasai Kelas Pada Saat Mengajar Yang Perlu Kamu Tau

Sebagai seorang guru, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengajar yang baik agar siswa merasa nyaman. Salah satu metode ajar yang tepat dan sesuai dengan karakteristik siswa berdampak pada suasana kelas yang menyenangkan. Misalnya cara menguasai kelas pada saat mengajar penting diperhatikan agar murid fokus dengan materi yang Kamu sampaikan.

Guru pemula ataupun profesional belum tentu dapat menguasai kelas ketika melaksanakan proses belajar mengajar. Dikatakan demikian karena karakter siswa setiap kelas berbeda, sehingga metode ajarnya pun disesuaikan dengan keadaan. Lalau, bagaimana cara menguasai kelas yang tepat saat proses mengajar, mari simak uraiannya di bawah ini.

Baca Juga:  Cara Mengajar Anak PAUD Yang Efektif Dan Menyenangkan, Ada 10 Nih!

1. Mengajar Tidak Hanya Berdiri Dan Duduk Saja

Cara mengajar yang hanya berdiri dan duduk saja sudah pasti membosankan para siswa. Cobalah lebih dekat dengan siswa, caranya dengan berkeliling dan berinteraksi dengan mereka.

2. Gunakan Metode Khusus Agar Murid Merespon Materi Yang Disampaikan

Setelah Kamu memberikan materi kepada siswa, selanjutnya ajak anak-anak berdiskusi dan berpendapat agar suasana tidak tegang. Sesekali beri mereka kesempatan menyampaikan opininya yang kemudian diberi apresiasi.

3. Variasi Cara Mengajar

Baca Juga:  10 Cara Menghadapi Murid Yang Tidak Sopan Pada Saat Mengajar

Cara memvariasikan cara mengajar bermacam-macam, bisa dengan memancing semangat belajar anak-anak dengan bernyanyi terlebih dahulu. Kemudian di sela-sela penyampaian materi diadakan kuis dan anak-anak diberi apresiasi.

4. Jadi Guru Yang Supel

Guru dikenal sebagai orang tua murid di sekolah, oleh sebab itu Kamu perlu memiliki rasa empati dengan permasalahan pribadi mereka. Dengarkan mereka bercerita dan sesekali beri arahan agar mendapat solusi.

5. Gunakan Teknologi Saat Mengajar

Sekarang ini sudah banyak sarana mengajar yang lebih efektif dan efisien menggunakan inovasi teknologi seperti video dan audio. Dengan menggunakan teknologi, para murid dijamin tidak akan merasa bosan.

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Kelas Yang Gaduh Pada Saat Mengajar

6. Mengajar Dengan Cara Interaktif

Sebagai seorang guru tidak ada salahnya jika lebih dekat dengan anak didiknya. Dengan kedekatan tersebut, Kamu bisa membuat metode ajar yang lebih interaktif, sehingga murid lebih berani menyampaikan pendapatnya.

7. Belajar Di Luar Kelas

Menyampaikan beberapa bahan ajar yang berkaitan dengan alam dapat Kamu lakukan di luar kelas, misalnya di taman ataupun di area terbuka lainnya.

8. Sesekali Praktek Di Lapangan

Belajar di kelas tidak melulu tentang teori, karena Kamu bisa mengajak mereka dengan melakukan praktek di lapangan.

Baca Juga:  Cara Mengajar Anak TK yang Efektif dan Menyenangkan, Ada 10 Nih!

9. Bersikap Sabar

Memiliki sikap yang sabar merupakan hal yang wajib dimiliki seorang guru, karena tidak semua murid bisa menyerap pelajaran dengan cepat.

10. Terapkan Closing Belajar Yang Benar

Ketika proses belajar mengajar telah selesai di selesaikan, buatlah suasana closing belajar dengan tepat agar murid tidak mudah lupa dengan materi yang telah diajarkan. Misalnya dengan memberi PR agar mereka mengulangi pelajaran di rumah.

Demikianlah 10 cara menguasai kelas pada saat mengajar. Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat buat Kamu yang tengah mencari informasi tersebut.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *