Cara Agar Anak Mudah Belajar Menggambar Secara Mandiri

Image: canva.com

10 Cara Agar Anak Mudah Belajar Menggambar Secara Mandiri

Menggambar merupakan salah satu keterampilan yang tak bisa diperoleh begitu saja. Dibutuhkan sebuah proses belajar menggambar agar seseorang bisa menghasilkan karya-karya gambar yang bagus. Bagi semua orang tua yang ingin anaknya bisa menggambar, maka anak harus dibiasakan belajar gambar sedini mungkin.

Bukan hal yang mustahil bagi anak untuk dapat menggambar di usia dini. Asalkan didukung dengan fasilitas yang tepat, anak pasti bisa menggambar dengan baik. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar anak mudah belajar gambar secara mandiri. Berikut adalah 10 cara bagi anak untuk belajar menggambar secara mandiri :

1. Mulai Dengan Bentuk Sederhana

Anak bisa mulai diajak belajar gambar dengan memintanya untuk membuat bentuk-bentuk yang sederhana. Agar anak tidak kesulitan, mintalah dia untuk menggambar benda tunggal yang bentuknya sederhana seperti apel misalnya.

Baca Juga :  Daftarkan Anak Ke TK? Ini Cara Dan Syarat Pendaftaran Masuk TK

2. Biarkan Anak Menjiplak

Menjiplak menjadi metode belajar gambar yang banyak digunakan oleh para orang tua untuk diterapkan pada anak-anaknya. Biarkan anak menjiplak terlebih dahulu karena dengan menjiplak ia belajar untuk menggambar bentuk dari sebuah benda.

3. Berikan Fasilitas Lengkap

Dukung anak belajar dengan memberikan dia fasilitas menggambar yang lengkap. Berikan alat menggambar yang akan ia sukai dan membuat ia bersemangat untuk belajar.

4. Menggambar Benda Jamak

Mintalah anak untuk belajar menggambar benda lebih dari satu. Jika anak sudah mahir menggambar benda tunggal maka minta dia menggambar benda jamak.

5. Berikan Kesempatan Menggambar Bebas

Jangan terus mengatur, mintalah anak untuk menggambar bebas sesuai dengan keinginannya. Kemudian, berikan apresiasi untuk gambar apapun yang ia hasilkan.

Baca Juga :  Pilih SD Atau MI? Nih Pertimbangan Untuk Sekolah Anak Kamu

6. Berikan Pilihan Warna

Biarkan anak menggambar dengan warna. Menggambar dengan warna akan membuat anak menjadi lebih bersemangat untuk menggambar apalagi kalau orang tua menyediakan warna-warna pilihan kesukaan anak.

7. Berikan Media yang Unik

Jangan terus menerus meminta anak menggambar dengan menggunakan kertas atau buku gambar. Sekali-kali coba minta anak menggambar di papan tulis atau mungkin di dinding bila perlu.

8. Orang Tua Menggambar, Anak Mencontoh

Orang tua bisa memberikan contoh gambar untuk anak. Orang tua bisa menggambar benda-benda tertentu kemudian biarkan anak mencontoh gambar tersebut.

9. Menggambar Benda Nyata

Biarkan anak menggambar benda nyata yang ada di sekitarnya. Ini akan membantu anak lebih kreatif dan lebih mengenal benda-benda di sekitarnya.

Baca Juga :  Perlukah Anak Masuk Preschool (PAUD)? Nih Alasan Iya Dan Tidaknya

10. Berikan Hadiah untuk Anak

Berikan apresiasi kepada anak agar mereka semakin bersemangat untuk belajar. Ketika anak sudah selesai dengan gambar mereka, berikan hadiah benda-benda yang mereka suka.

Itulah tadi 10 tips mudah untuk membuat anak bersemangat belajar menggambar secara mandiri. Tugas orang tua adalah memberikan fasilitas lengkap dan memberi apresiasi jika anak menunjukkan hasil karyanya, apapun itu hasilnya. Semoga tips kali ini bermanfaat dan membantu Kamu ya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *