Memilih Sekolah PAUD

Image: [Regenwolke0] pixabay.com

10 Tips Memilih Sekolah PAUD Yang Tepat Untuk Anak

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan paling awal yang harus dilalui oleh anak. Pendidikan ini diikuti anak mulai usia 3 tahun sampai dengan usia 6 tahun. Untuk itulah orangtua harus mempersiapkan pertimbangan dengan matang dalam memilih sekolah PAUD terbaik untuk anak.

Selama ini yang dikenal oleh masyarakat, bahwa pendidikan paling awal untuk anak adalah TK atau Taman Kanak-Kanak yang dimulai dari usia 4 tahun. TK ini juga termasuk dalam lembaga di bawah naungan PAUD, sehingga anak-anak yang lahir di tahun 90an akan memulai sekolahnya di jenjang TK.

Namun kini yang dimaksud orangtua harus memilih sekolah PAUD adalah bahwa orangtua harus memilihkan sekolah Playgroup atau sekolah sebelum masuk TK. Kebijakan ini dimulai sejak tahun 2000-an sehingga anak-anak sebelum masuk TK akan masuk ke sekolah playgroup selama 1 tahun lamanya. Anak masuk PAUD di usia 3 tahun lalu di usia 4 tahun masuk TK selama 2 tahun. Pas usia 7 tahun sudah masuk SD.

Baca Juga :  10 Pertimbangan Dalam Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

Perbedaan antara Playgroup atau yang dikenal dengan sekolah PAUD dengan TK adalah pelajarannya dan strategi pembelajarannya. Di PAUD, guru hanya akan mengajarkan menyanyi dan bermain pada anak, tanpa mengajarkan calistung sedangkan di TK anak sudah mulai belajar calistung di samping kegiatan bermainnya.

Anak yang masuk playgroup dulu sebelum TK akan berbeda kemampuan adaptasinya saat di TK nantinya. Mereka cenderung akan lebih aktif dan menerima pelajaran dengan mudah karena sudah terbiasa. Sangat berbeda dengan anak yang langsung masuk TK yang harus beradaptasi dengan penuh dan prosesnya lebih lama.

Sekolah di PAUD akan membuat anak siap masuk ke TK, karena di PAUD sudah terbiasa masuk kelas dan diajar oleh seorang guru. Untuk memilih sekolah PAUD, orangtua harus memperhatikan 10 tips berikut :

Baca Juga :  10 Pertimbangan Memilih Sekolah Umum Atau Agama Yang Tepat Untuk Anak

1. Pilih guru PAUD yang memang benar-benar berkompeten. Mereka harus sabar dan pintar mengajari anak-anak yang moodnya masih turun naik. Sangat disarankan jika kualifikasi pendidikannya pun sudah S1 PAUD.

Ini akan mempengaruhi kualitas menhajar dan hasil belajarnya. Penanganan anak yang masih PAUD berbeda dengan anak SD atau anak-anak di jenjang sekolah yang lebih tinggi.

2. Banyak sharing dengan ketua pengelolanya atau kepala sekolahnya tentang pelajaran yang ada, sistem pengajarannya, dan target sekolah untuk mengembangkan anak.

3. Perhatikan lingkungan sekolah. Pastikan aman dan memang kondisinya efektif untuk anak.

4. Untuk memilih sekolah PAUD yang terbaik untuk anak pun bisa dengan sering mengunjungi sekolahan saat jam belajar. Agar orangtua lebih yakin.

5. Perhatikan lingkungan alamnya. Karena anak PAUD masih akan didominasi dengan bermain, maka memilih sekolah PAUD yang lingkungannya masih alami pun sangat direkomendasikan agar anak bisa belajar langsung dengan alam.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Yang Tepat Untuk Anak

6. Pastikan anak anak akan masuk ke sekolah PAUD yang menurut kita berkualitas setelah hasil survei yang kita lakukan.

7. Pastikan akan nyaman. Uji coba dulu dengan menunggui anak di hari pertama sekolahnya. Lihat teman-teman dan gurunya.

8. Sering-sering berbincang dan sharing dengan guru. Ini akan membuat orangtua bisa mencurahkan apa yang dibutuhkan anaknya, apa saka kesukaan anak, dan apa target yang diinginkan oleh orangtua.

9. Cek kurikulumnya, apakah sudah up to date dan sesuai dengan kebutuhan anak.

10. Mematangkan tujuan menyekolahkan anak ke jenjang PAUD. Hal ini penting karena akan menjadi target guru dan orangtua.

Yang wajib memilih sekolah PAUD terbaik untuk anak adalah orangtua. Merupakan tanggung jawab yang besar dan mengandung konsekuensi yang besar pula jika tidak serius dalam memilihkannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *