Cara Menghadapi Murid Yang Tidak Sopan

Image: canva.com

10 Cara Menghadapi Murid Yang Tidak Sopan Pada Saat Mengajar

Gimana sih cara menghadapi murid yang tidak sopan saat mengajar di sekolah? Jawaban pertanyaan tersebut pasti sangatlah beragam, mengingat karakter murid di setiap sekolah berbeda-beda. Akan tetapi, hal yang pasti yang harus Kamu lakukan ialah dengan mengajak murid berbicara dari hati ke hati agar ia merasa tidak dihakimi. Hal ini berlaku untuk semua murid, baik SD, SMP, maupun SMA.

Usia murid saat sekolah memang usia yang sangat rentan, baik dari segi karakter, moral, maupun materiil. Dikatakan demikian karena usia tersebut merupakan usia dalam pembentukan karakter. Meskipun demikian, tetap saja ada satu atau dua murid yang tidak sopan saat guru sedang mengajar. Lalu bagaimana cara menghadapinya, mari simak uraiannya di bawah ini.

Baca Juga:  10 Cara Agar Anak Mudah Belajar Menggambar Secara Mandiri

1. Buat Peringatan Nonverbal

Berikanlah isyarat kepada murid yang dirasa tidak sopan saat Kamu sedang mengajar. Dekati mereka dan ajak bercanda, kemudian memberi isyarat, contohnya dengan meletakkan tangan dimulut tanpa melototinya.

2. Dengarkan Secara Aktif

Ketika murid diketahui sedang ribut di kelas, sebaiknya Kamu dekati dulu mereka dan dengarkan apa yang sedang mereka diskusikan. Kemudian beri pendapat tentang diskusi tersebut tanpa menghakiminya.

3. Upayakan Murid Tidak Mendominasi

Saat proses belajar mengajar berlangsung, upayakan murid agar partisipatif dalam setiap mata pelajaran. Cairkan suasana kelas agar murid tidak hanya mendengarkan dan guru sekedar menerangkan.

Baca Juga:  10 Cara Menguasai Kelas Pada Saat Mengajar Yang Perlu Kamu Tau

4. Buat Peraturan Partisipasi

Tujuan membuat peraturan tersebut agar para murid dapat menghargai setiap pendapat murid lainnya. Ada baiknya jika peraturan partisipasi itu dibuat berdasarkan kesepakatan antara murid dan guru.

5. Gunakan Humor

Menggunakan humor dapat menjadi salah satu cara menghadapi murid yang tidak sopan saat proses belajar mengajar berlangsung. Akan tetapi Kamu harus tetap berhati-hati agar tidak menyinggung perasaan murid.

6. Berbicara Personal

Dengan cara saling berbicara secara personal, maka Kamu dapat memahami mengapa murid tersebut berperilaku demikian.

7. Abaikan Perilaku Yang Tidak Begitu Negatif

Baca Juga:  10 Cara Mengatasi Kelas Yang Gaduh Pada Saat Mengajar

Upayakan jangan terlalu kelewatan mempersoalkan perilaku murid yang tidak cukup mengganggu. Kamu bisa mengawasi mereka saja dari jauh.

8. Berbicara Empat Mata

Berbicara empat mata diketahui lebih efektif karena mampu menggali permasalahan murid tersebut. Kamu juga dapat memberikan beberapa pendapat yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.

9. Mengubah Metode Partisipatif

Buatlah kelas seaktif mungkin agar murid tidak merasa malas dan bosan saat belajar. Bisa dengan membuat kelompok kecil atau yang lainnya.

10. Jangan Mudah Tersinggung

Sebagai guru sebaiknya Kamu jangan mudah tersinggung dengan perilaku dan perkataan murid. Menjadi guru memang harus ikhlas dalam mengamalkannya agar Kamu bisa mendidik mereka dengan penuh rasa syukur.

Baca Juga:  Cara Mengajar Anak TK yang Efektif dan Menyenangkan, Ada 10 Nih!

Demikianlah 10 cara menghadapi murid yang tidak sopan saat proses belajar mengajar berlangsung. Cara-cara di atas dapat Kamu aplikasikan saat Kamu mengajar dan semoga berhasil!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *