Cara Membuat Siswa Diam

Image: canva.com

10 Cara Membuat Siswa Diam Pada Saat Mengajar

Pernahkan siswa di kelas ribut dan tidak mendengarkan Kamu sama sekali? Jika ya, sepertinya Kamu membutuhkan informasi cara membuat siswa diam pada saat mengajar. Diam di sini dalam artian siswa fokus mendengarkan mata pelajaran yang sedang didiskusikan. Dengan demikian keadaan di kelas pun lebih kondusif dan tidak mengganggu siswa lain yang sungguh-sungguh dalam belajar.

Berbagai metode mengajar mungkin sempat Kamu lakukan agar siswa memperhatikan Kamu saat berdiskusi. Dengan metode belajar tersebut tidak semua siswa patuh dengan apa yang Kamu harapkan, yaitu memperhatikan kelas. Dalam hal ini mungkin Kamu membutuhkan berbagai cara membuat siswa diam yang akan diuraikan di bawah ini.

Baca Juga:  20 Cara Cepat Belajar Membaca Dan Menulis Untuk Anak SD

1. Pancing Ketertarikan Siswa Dengan Cerita Singkat

Siapa yang tidak suka mendengar cerita? Sepertinya semua orang memiliki ketertarikan dengan cerita singkat, begitupun siswa. Ceritakan sebuah cerita yang berkaitan dengan mata pelajaran yang akan dibahas.

2. Ajukan Pertanyaan Yang Bersifat Open Ended

Pertanyaan dapat membantu siswa berpikir. Cobalah Kamu memberikan pertanyaan yang bersifat open ended agar semua siswa dapat berpendapat.

3. Berikan Satu Macam Tugas

Buatlah tugas tidak lebih dari satu pada setiap mata pelajaran. Karena tidak semua siswa mampu menghandle berbagai tugas dalam waktu yang bersamaan.

Baca Juga:  10 Cara Menghadapi Murid Yang Tidak Sopan Pada Saat Mengajar

4. Berikan Arahan Yang Jelas Untuk Mengerjakan Tugas

Terkadang guru menganggap siswa dengan mudahnya mengerti tugas yang ada dalam lembar kerja siswa. Pada kenyataannya tidak semua siswa demikian, maka dari itu Kamu harus memberikan arahan yang jelas.

5. Lakukan Kontak Pandang

Saat perhatian siswa mulai teralihkan, Kamu bisa melakukan kontak pandang dengan siswa tersebut. Lakukan pandangan sapu bersih mata Kamu pada setiap sudut kelas agar siswa kembali tenang.

6. Berkeliling Ke Seluruh Bagian Kelas

Guru sebaiknya tidak hanya berdiri di depan kelas agar lebih dekat dengan para siswa. Ada kalanya Kamu harus berkeliling ke seluruh bagian kelas untuk memastikan siswa belajar dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga:  10 Cara Agar Anak Mudah Belajar Menggambar Secara Mandiri

7. Sesekali Berbicara Di Bagian Belakang Kelas

Dalam hal ini siswa kemungkinan mulai merasa tidak nyaman dengan posisi mereka yang terus-terusan menghadap ke depan. Oleh sebab itu, Kamu sesekali bisa berbicara di bagian belakang kelas agar siswa merasa lebih rileks.

8. Gunakan Teknik Pemusatan

Ketika kondisi kelas benar-benar gaduh, Kamu bisa menggunakan teknis pemusatan seperti melakukan tepuk tangan yang keras sebanyak tiga kali.

9. Tulis Kata Kunci Pembelajaran Di Papan Tulis

Saat Kamu mempresentasikan mata pelajaran, sebaiknya buatlah kata kunci penting agar siswa dapat fokus. Hal ini juga berlaku agar siswa mudah mengenali setiap materi yang disampaikan.

Baca Juga:  Permainan Anak Yang Mendidik Dan Menyenangkan Untuk PAUD Dan TK

10. Variasi Intonasi, Mimik, Volume, Dan Gesture

Gaya guru saat mengajar terkadang membuat siswa merasa jenuh. Oleh sebab itu, Kamu perlu melakukan variasi intonasi, mimik, volume, dan gesture saat proses belajar mengajar.

Demikianlah cara membuat siswa diam pada saat proses belajar mengajar. Membuat siswa menjadi fokus merupakan hal yang penting dipahami para guru. Karena berkaitan dengan daya tangkap siswa dalam proses belajar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *