Peluang atau Prospek Kerja Psikologi

Image: [rawpixel] pixabay.com

10 Peluang atau Prospek Kerja Psikologi dan Gajinya

Peluang atau prospek kerja psikologi adalah hal penting yang harus diketahui sebelum kamu memutuskan untuk kuliah atau bahkan yang saat ini sedang menempuh pendidikan psikologi. Lulusan jurusan psikologi identik dengan seorang psikolog. Yakni orang mempelajari mengenai kejiwaan serta perilaku manusia yang saling berkaitan dan itu merupakan respon yang diberikan individu dengan lingkungannya.

Tidak sedikit orang yang bertanya tanya mengenai peluang atau prospek kerja psikologi. Hal ini sangat wajar karena masih kurang familiarnya jurusan ini apabila dibandingkan dengan jurusan keguruan misalnya yang profesinya sudah terlihat jelas. Berikut adalah beberapa peluang atau prospek kerja psikologi.

1. HRD (Human Resources Development)

Lulusan psikologi sangat cocok untuk ditempatkan pada HRD. Karena pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang paling banyak membutuhkan lulusan psikologi. Pekerjaan HRD berkaitan dengan sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut, yang merupakan suatu bagian dari sebuah perusahaan.

Baik itu perusahaan negeri maupun swasta. Gaji bulanan untuk HRD bervariasi. Untuk posisi manajer SDM gajinya pada kisaran 10 juta ke atas. Dan untuk staff HRD rata-rata di bawah 5 juta. Tergantung pengalaman yang dimiliki.

2. Konselor

Tugas utama dari seorang konselor adalah memberikan konseling kepada klien. Apabila kamu ditempatkan pada suatu perusahaan maka konseling diberikan kepada karyawan yang membutuhkan.

Baca Juga :  10 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Menjanjikan Masa Depan Cerah

Disamping itu konselor juga sangat dibutuhkan di LSM. Konselor akan menangani remaja, anak, atau bahkan gender. Rentang gaji yang diterima seorang konselor adalah 10 hingga 15 juta, dengan pengalaman kerja 3-5 tahun.

3. Psikolog

Untuk mendapatkan gelar psikolog harus memenuhi kualifikasi jenjang S2 psikologi. Dan wajib mengambil jurusan psikologi klinis. Untuk psikolog klinis juga bisa bekerja di rumah sakit.

Apabila bekerja di rumah sakit yang ditangani adalah para pasien yang memiliki masalah kejiwaan atau anak yang perkembangan mentalnya terhambat. Gaji menjadi seorang psikolog cukup fantastis kurang lebih mencapai 2,2 miliar rupiah.

4. Guru Bimbingan Konseling

Untuk menangani siswa-siswa yang bermasalah dan memberikan konseling, setiap sekolah tentu memiliki guru BK. Lulusan psikologi juga bisa menjadi guru BK walaupun jurusannya bukan pendidikan guru. Jika ingin menjadi PNS maka harus lolos seleksi CPNS terlebih dulu. Gaji yang di terima menyesuaikan lembaga apabila belum PNS.

5. Dosen Psikologi

Yang sering dilupakan peluang bagi lulusan psikologi adalah menjadi seorang dosen psikologi. Untuk menjadi dosen pendidikan minimal harus lulusan S2. Terlebih lagi apabila dalam kamu memiliki passion untuk mengajar, sangat tepat peluang tersebut. Pada umumnya gaji dosen psikologi dihitung berdasarkan lamanya mengajar dan jumlah kelas yang diampu.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Teknik Industri Dan Gajinya

6. Terapis Anak Berkebutuhan Khusus

Tugas utama dari terapis anak brkebutuhan khusus adalah mengamai perkembangan anak. Selain itu, juga meningkatkan kemandirian anak yang sesuai. Sebisa mungkin memaksimalkan fungsi anak seperti bagaimana mestinya untuk bisa tumbuh dan berfungsi dengan baik sebagai manusia. Rata-rata gaji yang diberikan sesuai dengan jumlah anak yang ditangani umumnya setiap menangani satu pasien di beri tarif Rp.50.000,00.

7. Guru Sekolah Kepribadian

Dengan bekal yang dimiliki oleh seorang lulusan psikolog bisa menjadi guru sekolah kepribadian. Yakni lebih sensitif terhadap setiap respon yang di sekelilingnya, pandai dalam hal menilai reaksi serta respon manusia yang diwujudkan dalam tingkah laku. Untuk gaji yang diberikan tergantung lembaga yang ditempati, rata-rata biaya per anak kisaran Rp. 7.500.000,00 per bulannya.

8. Research And Development (RND)

RND merupakan pekerjaan yang berkecimpung dalam bidang penelitian dan pengembangan produk. Reseach disini maksudnya adalah memperhatikan beberapa aspek yang di dalamnya termasuk perilaku penggunaan pada konsumen dan efek yang terjadi termasuk kepuasan. Apabila peneliti bergelar doktor akan mendapat gaji
tahunan median $ 80,500 $76,090 untuk $116,343.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Sistem Informasi dan Gajinya

9. Konselor Karir

Tugas dari konselor karir yakni memberikan konseling kepada klien yang akan memilih pekerjaan. Tidak hanya pekerjaan saja, namun juga bisa membantu klien yang bingung memilih tempat kuliah atau pendidikan yang akan ditempuh yang sesuai dengan dirinya. Penetapan gaji yang diberikan disesuaikan dengan taraf kesulitan pekerjaan, pengalaman kerja, pendidikan yang ditempuh serta keterampilan.

10. Trainer

Menjadi seorang trainer di lembaga training dapat dijadikan pilihan jika kamu termasuk orang yang hobi memberi pelatihan. Umumnya, training yang diberikan adalah yang berkaitan dengan motivasi dan pengembangan diri, baik kelompok ataupun organisasi. Profesi ini erat kaitannya dengan jurusan psikologi.

Menjadi seorang trainer sangat berbeda dengan orang yang bekerja di instansi yang gajinya disesuaikan jam kerja. Seorang trainer mampu mendapatkan gaji minimal 1 juta atau bahkan lebih per jamnya sekali membuka kelas.
Demikianlah info tentang 10 peluang atau prospek kerja psikologi yang bisa kamu jadikan pertimbangan. Semoga bermanfaat dan menjadi salah satu referensi jika kamu sedang menempuh pendidikan pada jurusan ini atau bahkan sudah lulus ya!



One thought on “10 Peluang atau Prospek Kerja Psikologi dan Gajinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *