Pengertian Psikologi

Image: canva.com

Pengertian Psikologi, Fungsi Dan Tujuannya Dalam Kehidupan Manusia

Sesuai dengan sejarahnya, pengertian psikologi lebih kepada ilmu yang mempelajari gejala-gejala jiwa pada manusia. Jiwa manusia sendiri bersifat abstrak, sehingga sulit untuk dipelajari secara objektif, maka muncullah psikologi sebagai tolak ukur perubahan jiwa manusia yang dilihat dalam bentuk perilaku. Dalam perkembangnya, psikologi dikenal juga sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku.

Fungsi Psikologi

Sebagai ilmu pengetahuan, psikologi mencari kebenaran ilmiah dengan menggunakan metode sains. Hasil penelitiannya harus dilakukan secara sistematis berdasarkan pengalaman yang nyata, sehingga kebenarannya dapat teruji. Nah, sebagaimana ilmu-ilmu yang lain, psikologi juga memiliki tiga fungsi utama yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Menjelaskan

Dalam hal ini, psikologi mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku yang demikian bisa dilakukan oleh seseorang. Hasil penjelasannya harus berupa deskripsi atau bahasan yang bersifat deskriptif, agar dapat dipahami dengan lebih mudah. Menjelaskan tingkah laku seseorang artinya Kamu melakukan observasi kepada objek penelitian melalui tingkah lakunya.

Baca Juga :  Jurusan Psikologi Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

2. Memprediksikan

Mahasiswa atau lulusan psikologi biasanya pintar memprediksi atau meramal kenapa dan bagaimana tingkah laku seseorang bisa dilakukan. Mulai dari apa penyebabnya, bagaimana prosesnya, hingga mengapa kondisi sekarang seperti itu. Hasil prediksinya yaitu berupa prognosa, prediksi, atau estimasi, bukan judgment yang digeneralisasi. Karena tingkah laku setiap orang berbeda-beda penyebabnya.

3. Pengendalian

Setelah menjelaskan dan memprediksi, psikolog berupaya mengendalikan tingkah laku yang sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudannya bisa dengan tindakan yang mengarah pada pencegahan atau preventif, intervensi atau dorongan, dan rehabilitasi atau perawatan. Pengendalian tingkah laku adalah fungsi terakhir yang bisa dikatakan juga sebagai solusi dari permasalahan yang dialami oleh jiwa manusia.

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Psikologi Untuk Jenjang S1

Tujuan Psikologi

Kehidupan manusia tidak akan lepas dari adanya permasalahan, entah itu masalah pribadi, masalah emosional, dan masalah keluarga. Dalam hal ini, psikologi membantu manusia mencari solusi dan menghadapi permasalahan tersebut. Karena tujuan psikologi ialah mencari solusi dari permasalahan yang dialami jiwa manusia. Selain itu, ada juga tujuan lainnya yang akan diuraikan di bawah ini.

Tujuan psikologi sebagaimana yang tercantum dalam pengertian psikologi diatas, yakni mempelajari gejala-gejala manusia untuk mendapat solusi untuk: menjadikan kehidupan Kamu lebih baik dan bahagia, mengetahui perbuatan-perbuatan jiwa serta kemampuannya sebagai sarana mengenal tingkah laku manusia, untuk memperoleh pemahaman tentang gejala-gejala jiwa, supaya tidak ragu lagi menjalani hidup, dan untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan yang baik.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Psikologi untuk Jenjang S1

Nah, demikianlah pengertian psikologi, manfaat, serta tujuannya yang wajib Kamu ketahui kalau berniat kuliah jurusan psikologi. Pengkajian yang dilakukan psikologi yakni secara observatif dan eksperimentalistik, maka Kamu akan lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang hingga mengetahui masalah pribadinya. Ini bukanlah hal yang aneh, karena memang seperti itulah cara mempelajari tingkah laku seseorang.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *