Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

Image: canva.com

10 Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

Ilmu psikologi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari mengenai perilaku mental dan kepribadian manusia. Ada banyak perguruan tinggi di Indonesia yang membuka jurusan ilmu psikologi. Bagi Kamu yang berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan ini, beriku 10 kampus yang memiliki jurusan psikologi terbaik di Indonesia untuk referensi Kamu.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas ilmu psikologi di Universitas Gadjah Mada secara resmi berdiri sejak tahun 1964. Fakultas ini juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga dalam negeri dan luar negeri.

Baca Juga:  10 Jurusan Ekonomi Pembangunan Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

2. Universitas Indonesia (UI)

Fakultas psikologi di Universitas Indonesia telah menyandang predikat akreditasi A dari BAN-PT. Selain akreditasi dari BAN-PT, fakultas ini juga telah memperoleh akreditasi dari berbagai lembaga lain, seperti sertifikat dari SAR-AUN.

3. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Fakultas ilmu psikologi di Universitas Diponegoro telah memperoleh predikat akreditas A dari BAN-PT. fakultas ini juga memperoleh level 6 untuk kesetaraan dalam KKNI atau Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework.

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Fakultas psikologi di Universitas Airlangga merupakan salah satu fakultas psikologi yang telah meraih akreditasi untuk level internasional. Akreditasi ini diperoleh dari Foundation for International Business Administration Accreditation atau sering disebut FIBAA. Jurusan psikologi di UNAIR sudah dibuka sejak tahun 1983.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Psikologi Dan Gajinya

5. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Jurusan psikologi terbaik di Indonesia selanjutnya berada di Universitas Padjadjaran. Fakultas ini sudah berdiri sejak tahun 1961 dan menyelenggarakan pendidikan psikologi hingga jenjang S3.

6. Universitas Andalas (UNAND)

Program studi psikologi di Universitas Andalas berada di bawah fakultas kedokteran. Program studi ini dibuka sejak tahun 2008.

7. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Program studi psikologi di Universitas Sebelas Maret berada di bawah fakultas kedokteran dan telah menyandang predikat akreditasi A dari BAN-PT. Program studi ini mulai dibuka pada tahun ajaran 2004/2005. Di program studi ini Kamu juga bisa mengikuti kegiatan student exchange yang diselenggarakan oleh UNS.

Baca Juga:  10 Jurusan Akuntansi Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

8. Universitas Islam Indonesia (UII)

Program studi psikologi di Universitas Islam Indonesia telah dibuka sejak tahun 1995 dan kini telah menyandang akreditasi A dari BAN-PT. Program studi psikologi di UII juga menekankan pada pengabdian dan dakwah untuk masyarakat.

9. Universitas Bina Nusantara (BINUS)

Jurusan psikologi di Universitas Bina Nusantara atau BINUS merupakan jurusan yang berfokus kepada psikologi intervensi dan kerekayasaan. Di jurusan ini Kamu akan mempelajari ilmu psikologi agar bisa berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

10. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (UNIKA Atma Jaya)

Baca Juga:  10 Jurusan Agroteknologi Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

Fakultas psikologi di UNIKA Atma Jaya berdiri sejak tahun 1992. Fakultas ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga internasional, seperti Westminster University dan Radboud University.

Itulah 10 jurusan psikologi terbaik di Indonesia yang bisa Kamu jadikan referensi jika ingin melanjutkan kuliah di jurusan ini. Semoga ulasannya bermanfaat ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *