Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Hewan

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Hewan Dan Gajinya

Buat Kamu lulusan jurusan kedokteran hewan atau yang baru mau masuk kuliah tahun ini di jurusan kedokteran hewan sebaiknya tahu prospek kerja kedokteran hewan. Dengan begitu Kamu tidak bingung lagi menentukan karir yang cocok untuk Kamu. Apa saja peluang yang ditawarkan? Yuk cek sekarang!

1. Ahli Epidemiologi

Ahli epidemiologi memiliki peran untuk mengidentifikasi distribusi penyakit dan mengenali penyebabnya agar tidak menjadi wabah di suatu negara. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 5juta.

2. Peneliti Hewan

Kalau Kamu suka bereksperimen dan melakukan penelitian, maka bisa berkarir menjadi peneliti hewan. Kamu bisa mengadakan berbagai riset kemudian hasilnya dipublikasikan sehingga bermanfaat bagi khalayak umum. Rata-rata gajinya adalah Rp 4juta – Rp 6juta.

3. Teknisi Dan Ahli Teknologi Kedokteran Hewan

Kamu bisa membantu dokter untuk melakukan pembedan hewan. Kamu juga bisa melakukan tes medis untuk mendiagnosa penyakit pada hewan. Atau Kamu juga menyiapkan vaksin dan serum demi mencegah suatu penyakit timbul pada hewan. Semua itu bisa dilakukan jika Kamu memilih karir sebagai teknisi dan ahli teknologi kedokteran hewan. Rata-rata gajinya adalah Rp 4juta – Rp 6juta.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Hewan Bagi Yang Bingung Kuliah

4. Pengajar Bidang Kesehatan

Dengan menjadi pengajar bidang kesehatan dan memberikan pendidikan kesehatan, dalam hal ini kesehatan hewan, Kamu sudah berperan dalam mencerdaskan bangsa. Tertarik berkarir sebagai pengajar di bidang kesehatan? Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 5juta.

5. Penyuluh Kesehatan

Memberikan penyuluhan kesehatan hewan kepada masyarakat berarti ikut berperan dalam meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan. Tidak hanya kepada manusia namun juga hewan. Rata-rata gajinya adalah : Rp 3juta – Rp 5.5juta.

6. Ahli Peternakan Dan Pengembangbiakan Hewan

Karena sudah mengetahui seluk beluk hewan dan mengerti bagaimana menjaga kesehatan mereka, Kamu bisa berkarir menjadi ahli peternakan dan pengembangbiakan hewan. Rata-rata gajinya adalah Rp 4juta – Rp 5.5juta.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran Hewan Untuk Jenjang S1

7. Dokter Hewan

Prospek kerja kedokteran hewan tentu saja menjadi dokter hewan. Tugasnya sama seperti dokter pada umumnya. Bedanya, menjadi dokter hewan berarti yang Kamu periksa adalah hewan-hewan lucu yang kadang bikin gemas karena tingkah lakunya. Rata-rata gajinya adalah Rp 4.5juta – Rp 6.5juta.

8. Ahli Ilmu Hewan Dan Satwa Liar

Pernah bermimpi berkarir dengan satwa liar dan meneliti segala perilaku, genetik, asal-asul, hingga proses kehidupan mereka? Kamu mungkin cocok menjadi ahli ilmu hewan dan satwa liar. Selain satwa liar, Kamu juga menganalisis habitat tempat mereka hidup. Rata-rata gajinya adalah Rp 4juta – Rp 6.5juta.

9. Dosen Spesialis Kesehatan

Menjadi dosen berarti Kamu melakukan dua hal sekaligus, yaitu mengajar dan melakukan penelitian. Karena dosen dituntut untuk aktif melakukan penelitian selain tugas utamanya sebagai pengajar.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran Hewan Untuk Jenjang S1

Jika senang dengan dua dunia ini dan ingin menggelutinya, Kamu para lulusan kedokteran hewan bisa menjadi dosen spesialis kesehatan hewan. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 5juta.

10. Quality Control

Sebagai lulusan kedokteran hewan, Kamu bisa bekerja sebagai quality control di industri pakan ternak. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 6juta.

Sekarang Kamu sudah tahu kan prospek kerja kedokteran hewan apa aja? Kalau sudah, sekarang saatnya memantapkan hati untuk menggeluti salah satu profesi yang sesuai dengan keinginan dan minat Kamu. Jangan sampai salah pilih ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *