Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Hewan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Hewan Bagi Yang Bingung Kuliah

Mungkin jurusan Kedokteran Hewan kurang familiar di telinga anak-anak yang duduk di bangku kelas XII SMA/SMK. Dibandingkan FKH, jurusan Kedokteran yang lebih umum lebih didambakan seperti menjadi dokter umum atau spesialis. Kenapa Kamu wajib mempertimbangkan jurusan ini? Berikut 10 alasan memilih jurusan Kedokteran Hewan yang bisa jadi referensi tambahan.

1. Cocok Untuk Kamu Yang Suka Ilmu Biologi

Kalau Kamu memiliki minat dan passion di bidang ilmu biologi, tidak ada salahnya memasuki jurusan Kedokteran Hewan. Minat yang besar pada ilmu biologi atau satwa bisa membantu Kamu menyukai pekerjaan kelak.

2. Mempelajari Banyak Ilmu Dan Pengalaman Baru

Jurusan Kedokteran Hewan akan membantu Kamu mempelajari banyak ilmu seputar kesehatan hewan peliharaan, hewan ternak dan hewan liar. Selain itu, Kamu juga bisa belajar mengenai ilmu Zoonosis atau jenis penyakit pada hewan yang bisa menular pada manusia.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Hewan Dan Gajinya

3. Menjadi Seorang Peneliti

Tidak menutup kemungkinan kalau Kamu akan berkarir sebagai seorang peneliti. Kamu bisa memiliki kesempatan menghasilkan sebuah temuan baru dari hasil eksperimen atau penelitian tertentu.

4. Memiliki Prospek Karir Cemerlang

Indonesia masih memiliki banyak kekurangan tenaga medis khususnya dokter hewan. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan layak setelah lulus kuliah dari FKH nanti lho! Menjadi dokter hewan bisa memberikan kehidupan yang layak untuk masa depanmu. Menjadi dokter hewan tentu mewajibkan Kamu mengambil profesi dokter hewan 1,5 tahun setelah lulus sarjana.

5. Berkarir Sebagai PNS

Alasan memilih jurusan Kedokteran Hewan sangat cocok untuk Kamu yang ingin memiliki karir sebagai PNS. Kamu bisa bekerja pada lembaga kesehatan pemerintah yang akan menggaji profesi tersebut minimal angka jutaan rupiah.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Hewan Dan Gajinya

6. Menjadi Pengusaha

Memahami segala ilmu yang dipelajari selama di FKH, Kamu akan bisa menjadi seorang pengusaha hewan ternak. Bisa pula membuka bisnis penitipan hewan sebab Kamu tahu cara merawat hewan yang benar, bukan?

7. Bekerja Swasta

Lulus kuliah dari FKH bisa memberikan peluang kerja yang sangat luas. Kamu bisa bekerja di perusahaan dengan jabatan mapan. Ya, lulusan FKH bisa menjadi tenaga peneliti di perusahaan pakan hewat, perusahaan obat hewan, laboratorium hewan coba, konsultan dan lain-lain.

8. Menjadi Tenaga Pengajar

Tak harus selalu menjadi dokter hewan yang membuka praktik sendiri, Kamu bisa menjadi seorang tenaga pengajar atau dosen, kok.

9. Memiliki Jiwa Sosial Dan Tingkat Kepedulian Yang Tinggi

Alasan memilih jurusan Kedokteran Hewan karena Kamu memang menyukai dan mencintai binatang. Kamu merupakan sosok yang suka bekerja sosial dan memiliki tingkat kepedulian tinggi. Pada hewan saja sangat peduli apalagi pada orang lain, ya?

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Hewan Dan Gajinya

10. Memiliki Kepribadian Yang Tidak Mengeluh Dan Rela Berkorban

Ada alasan lain yang membuat Kamu wajib memilih jurusan Kedokteran Hewan yaitu membentuk karakter yang lebih menyayangi binatang, tidak mengeluh dan rela berkorban. Hewan tetap memiliki sisi liar sehingga dokter hewan harus benar-benar waspada. Selain itu, Kamu juga menjadi pribadi yang lebih sabar saat memberikan edukasi pada sang pemilik hewan peliharaan.

Alasan memilih jurusan Kedokteran Hewan di atas bisa menjadi referensi untuk Kamu yang masih galau menentukan prodi kuliah. Mau menjadi seorang berjas putih dengan titel drh? Yuk, pilih jurusan Kedokteran Hewan ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *