Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran Hewan

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran Hewan Untuk Jenjang S1

Ada yang ingin menjadi dokter hewan? Nah biasanya para pecinta hewan ingin menjadi dokter hewan. Bagaimana sih kuliah jurusan kedokteran hewan? Mahalkah biaya kuliah kedokteran hewan? Apa aja sih yang dipelajari saat kuliah? Bagaimana prospek kerjanya? Buat Kamu yang ingin kuliah kedokteran hewan pastinya punya banyak pertanyaan tentang kedokteran hewan. Jangan khawatir yuk simak lebih lanjut lagi.

Sebelum masuk kuliah pastinya Kamu akan sibuk memilih ingin kuliah di Universitas mana? Mengambil jurusan apa? Berapa biayanya? Jika Kamu ingin mengambil jurusan kedokteran hewan pastikan Kamu memang menyukainya dan tidak akan menyesal nantinya. Pastikan juga Kamu paham apa yang Kamu pilih agar Kamu lebih semangat mengikuti kegiatan perkuliahan.

Jurusan Kedokteran Hewan

Sekarang ini kedokteran hewan menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa, karena selain seru prospek kerjanya juga lumayan banyak juga. Kedokteran hewan adalah salah satu program studi yang sudah ada sejak lama, di bangku perkuliahan Kamu akan mempelajari bagaimana cara merawat hewan, menangani segala permasalahan kesehatan hewan mulai dari hewan ternak, hewan peliharaan, hingga hewan liar.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Hewan Dan Gajinya

Kamu juga akan mempelajari bagaimana anatomi tubuh hewan, fisiologi, serta siklus hidup hewan. Tidak hanya itu saja, Kamu harus bisa menganalisa kualitas dari suatu hewan ternak termasuk dagingnya apakah aman untuk dikonsumsi atau tidak. Kamu juga harus memahami Zoonosis, yaitu penyakit hewan yang dapat menular kepada manusia dan bagaimana cara mencegah serta cara mengobatinya.

Dengan menjadi dokter hewan pastinya Kamu akan menjaga kelestarian dan keberagaman satwa di Indonesia. Untuk Kamu yang menyukai biologi jurusan kedokteran ini juga sangat cocok untuk Kamu karena sebagian besar materi yang diajarkan mengarah ke biologi.

Untuk mata kuliah yang akan Kamu dapatkan jika kuliah di jurusan kedokteran hewan antara lain : kimia, biologi, fisika, anatomi veteriner, penghayatan profesi kedokteran hewan, histologi veteriner, biokimia umum, fisiologi, embriologi dan genetika perkembangan, mikrobiologi medis, imunologi medis, farmakologi, penyakit infeksius, ilmu bedah umum, patologi umum, ilmu kesehatan masyarakat, ilmu penyakit dalam, patologi sistemik, higiene pangan asal hewan, dan lain-lain.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Hewan Bagi Yang Bingung Kuliah

Lulusan kedokteran hewan pasti akan menjadi dokter hewan. Selain itu Kamu juga bisa bekerja di lembaga penelitian, industri makanan, pusat karantina hewan, dan bisa membuka praktek dokter hewan sendiri. Namun sebelum resmi menjadi dokter hewan, Kamu harus melewati beberapa tahap seperti pada sekolah kedokteran umumnya yaitu setelah lulus kuliah kedokteran hewan Kamu harus menempuh tahap coass dulu dan mengikuti ujian kompetensi untuk mendapat gelar dokter hewan.

Biaya Kuliah Kedokteran Hewan

Biaya kuliah kedokteran hewan tentunya berbeda-beda tiap universitas, untuk universitas negeri maupun swasta tentunya punya kebijakannya masing-masing. Namun Kamu bisa menyiapkan sekitar 1 juta hingga 13 jutaan untuk tiap semester tergantung gaji dari orang tua.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Hewan Bagi Yang Bingung Kuliah

Biaya kuliah untuk universitas swasta memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan universitas negeri, tetapi sekarang banyak universitas di Indonesia yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi seperti bidikmisi dan lain-lain, jadi Kamu tidak perlu khawatir.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *