Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran

Image: [Edi Susilo] canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Dan Gajinya

Prospek kerja kedokteran memang dikenal cukup menjanjikan. Jurusan ilmu yang satu ini banyak difavoritkan karena peluang karir di masa depan yang cerah. Mereka yang berasal dari jurusan IPA biasanya akan menempatkan jurusan kedokteran sebagai pilihan prioritas.

Prospek kerja yang baik dan peluang gaji yang besar membuat banyak orang tertarik masuk di jurusan ini. Tak heran jika persaingan untuk masuk ke jurusan kedokteran juga sangatlah ketat.
Berikut adalah 10 peluang atau prospek kerja kedokteran yang perlu Kamu tahu :

1. Dokter Umum

Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran umum, maka Kamu bisa menjadi dokter umum. Profesi dokter umum sangat menjanjikan karena Kamu bisa bekerja di rumah sakit maupun buka praktik sendiri. Gaji dokter umum mulai dari Rp 5 juta per bulan.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Agroteknologi dan Gajinya

2. Dokter Hewan

Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran hewan, maka Kamu bisa menjadi dokter hewan. Kamu bisa bekerja di klinik hewan atau buka praktik. Seorang dokter hewan bisa mendapat gaji mulai dari Rp 5 juta per bulan dan bisa terus meningkat.

3. Dokter Gigi

Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran gigi, Kamu bisa menjadi dokter gigi. Kamu bisa bekerja di klinik gigi maupun buka praktik sendiri. Gaji seorang dokter gigi bervariasi mulai dari Rp 4 juta per bulan dan bisa terus meningkat.

4. Dokter Spesialis

Kamu bisa mengambil program spesialis lalu menjadi dokter spesialis. Gaji dokter spesialis tentu bisa jauh lebih besar daripada gaji dokter umum, bisa sampai belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Gizi Bagi Yang Bingung Mau Kuliah Apa

5. Dosen

Sebagai lulusan jurusan kedokteran, Kamu tidak harus menjadi dokter. Kamu bisa bekerja sebagai dosen. Sebagai dosen, Kamu bisa mendapat penghasilan mulai dari Rp 3 juta rupiah per bulan dan bisa terus meningkat seiring dengan pengalaman dan prestasimu.

6. Peneliti

Setelah lulus dari jurusan kedokteran Kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti di bidang kedokteran atau kesehatan. Sebagai peneliti, gaji yang bisa Kamu dapat bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan.

7. Kepala Rumah Sakit

Kamu juga berkesempatan menjadi kepala rumah sakit. Sebelum menjadi kepala rumah sakit, Kamu bisa memulai dari nol di bagian manajemen rumah sakit. Gaji yang Kamu dapat bisa sampai belasan juta rupiah.

Baca Juga :  10 Peluang atau Prospek Kerja Psikologi dan Gajinya

8. PNS

Lulusan kedokteran juga bisa bekerja sebagai PNS. Sebagai PNS Kamu bisa mendapat gaji Rp 5 juta dan bisa terus meningkat sesuai jabatanmu.

9. Wiraswasta

Lulusan kedokteran juga bisa menjadi pebisnis. Kamu bisa membuka klinik sendiri dan mempekerjakan dokter-dokter berkualitas. Penghasilanmu sebagai pemilik klinik juga bisa sangat besar.

10. Bekerja di Perusahaan Kesehatan

Sebagai lulusan kedokteran, Kamu bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan. Gaji yang Kamu dapat sangat bervariasi tergantung posisi yang Kamu tempati.

Itulah tadi 10 prospek kerja kedokteran yang bisa menjadi motivasi untukmu. Pastikan Kamu benar-benar memilih jurusan dan profesi yang sesuai dengan passion-mu, ya!



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *