Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Dan Gajinya

Peluang atau prospek kerja kedokteran memang dikenal cukup menjanjikan. Jurusan yang satu ini banyak difavoritkan karena peluang karir di masa depan yang cerah. Selain menjadi dokter, apakah lulusan dari jurusan pendidikan dokter bisa berkarir di bidang lainnya?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, yuk kenalan dulu dengan jurusan ini. Pendidikan dokter merupakan jurusan yang akan mempersiapkan Kamu menjadi seorang dokter. ini merupakan satu-satunya jalan agar Kamu yang bercita-cita menjadi dokter. Jurusan ini menjadi bagian dari rumpun SAINTEK. Jadi, jangan heran kalau banyak dari mereka yang berasal dari jurusan IPA akan menempatkan jurusan kedokteran sebagai pilihan prioritas.

Baca Juga:  Jurusan Kedokteran Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

Prospek kerja yang baik dan peluang gaji yang besar membuat banyak orang tertarik masuk di jurusan ini. Tak heran jika persaingan untuk masuk ke jurusan kedokteran juga sangatlah ketat. Untuk Kamu yang ingin masuk ke jurusan ini, Kamu harus mempersiapkan diri agar bisa memenangkan persaingan ini.

Lalu, bagaimana dengan prospek kerjanya? Berikut ini adalah 10 peluang atau prospek kerja kedokteran yang perlu Kamu tahu :

1. Dokter Umum

Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran umum, maka Kamu bisa menjadi dokter umum. Ini merupakan peluang kerja terbesar dari jurusan ini. Profesi dokter umum sangat menjanjikan karena Kamu bisa bekerja di rumah sakit maupun buka praktik sendiri. Jika Kamu ingin buka praktik sendiri, Kamu tidak bisa membuka praktik dengan sembarangan karena ada persyaratan yang harus Kamu penuhi. Gaji yang didapatkan oleh seorang dokter umum mulai dari Rp5.000.000 per bulan.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kedokteran Untuk Jenjang S1

2. Dokter Hewan

Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran hewan, maka Kamu bisa menjadi dokter hewan. Kamu bisa bekerja di klinik hewan atau buka praktik sendiri. Setiap harinya, Kamu bisa bertemu dengan berbagai jenis hewan yang lucu dan menggemaskan. Kalau Kamu tergerak untuk membantu dan menolong hewan-hewan tersebut, Kamu bisa masuk ke jurusan kedokteran hewan agar bisa menjadi dokter hewan.

Seorang dokter hewan bisa mendapat gaji mulai dari Rp5.000.000 per bulan dan bisa terus meningkat seiring waktu.

3. Dokter Gigi

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran untuk Jenjang S1

Bagi Kamu yang berkuliah di jurusan kedokteran gigi, Kamu bisa menjadi dokter gigi. Kamu bisa bekerja di klinik gigi maupun buka praktik sendiri. Kamu juga bisa bekerja di rumah sakit atau puskesmas. Tugas Kamu adalah menangani orang-orang dengan masalah gigi, termasuk juga dalam hal estetika gigi.

Untuk bisa menjadi dokter gigi, Kamu harus masuk ke jurusan kedokteran gigi. Gaji seorang dokter gigi bervariasi mulai dari Rp 4 juta per bulan dan bisa terus meningkat.

4. Dokter Spesialis

Peluang atau prospek kerja kedokteran berikutnya adalah menjadi dokter spesialis. Setelah lulus dari jurusan pendidikan dokter dan mendapatkan gelar dokter, Kamu bisa mengambil Program Pendidikan Dokter Spesialis atau PPDS selama kurang lebih 2 tahun. Untuk bidang spesialisasinya, bisa Kamu sesuaikan dengan minat Kamu.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Bagi yang Bingung Kuliah Apa

Gaji dokter spesialis tentu bisa jauh lebih besar daripada gaji dokter umum, bisa sampai belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

5. Dosen

Sebagai lulusan jurusan kedokteran, Kamu tidak harus menjadi dokter. Kamu bisa bekerja sebagai dosen di perguruan tinggi. Namun untuk menjadi dosen jenjang S1, minimal Kamu harus bergelar master atau lulus dari jenjang pendidikan S2.

Sebagai dosen, Kamu bisa mendapat penghasilan mulai dari Rp4.000.000 per bulan dan bisa terus meningkat seiring dengan pengalaman dan prestasimu.

6. Peneliti

Setelah lulus dari jurusan kedokteran Kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti di bidang kedokteran atau kesehatan. Hasil dari penelitian yang Kamu lakukan akan sangat berguna untuk perkembangan dan kemajuan ilmu kedokteran. Penelitian ini juga penting untuk mengetahui adanya potensi masalah kesehatan di masyarakat.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kedokteran Untuk Jenjang S1

Sebagai peneliti, gaji yang bisa Kamu dapat bisa mencapai belasan juta rupiah per bulan.

7. Kepala Rumah Sakit

Prospek karir berikutnya dari lulusan kedokteran adalah Kamu juga berkesempatan menjadi kepala rumah sakit. Sebelum menjadi kepala rumah sakit, Kamu bisa memulai dari nol di bagian manajemen rumah sakit sampai akhirnya menempati jabatan yang tinggi.

Dari profesi ini, Kamu bisa mendapatkan penghasilan hingga belasan juta rupiah. Belum lagi jika Kamu membuka praktik sendiri, maka penghasilan Kamu bisa lebih banyak.

8. PNS

Peluang atau prospek kerja kedokteran lainnya adalah bekerja di instansi pemerintah. Lulusan kedokteran juga bisa bekerja sebagai PNS. Untuk bisa menjadi PNS, Kamu perlu mengikuti rekrutmen CPNS yang diadakan oleh pemerintah. Nantinya, Kamu bisa menempati formasi sebagai praktisi maupun sebagai pemangku kepentingan dan pembuat kebijakan.

Baca Juga:  Jurusan Kedokteran Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

Sebagai PNS Kamu bisa mendapat gaji Rp5.000.000 per bulan dan bisa terus meningkat sesuai jabatanmu.

9. Wiraswasta

Prospek kerja lulusan kedokteran berikutnya adalah menjadi pebisnis. Kamu bisa membuka klinik sendiri dan mempekerjakan dokter-dokter berkualitas. Kamu pun boleh membuka usaha di bidang kesehatan lainnya, misalnya dengan membuka apotek, toko alat kesehatan, atau bahkan bisnis yang tidak berhubungan dengan kesehatan sama sekali.

Sebagai pebisnis, penghasilan yang Kamu dapatkan mungkin tidak menentu. Kelebihannya adalah Kamu bisa memperkirakan sendiri besar kecilnya gaji yang ingin Kamu peroleh setiap bulannya.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran untuk Jenjang S1

10. Bekerja Di Perusahaan Kesehatan

Yang terakhir, lulusan dari jurusan kedokteran bisa menjadi karyawan perusahaan. Sebagai lulusan kedokteran, Kamu bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan. Gaji yang Kamu dapat sangat bervariasi tergantung posisi yang Kamu tempati.

Itulah tadi 10 peluang atau prospek kerja kedokteran lengkap dengan perkiraan gajinya. Pastikan Kamu benar-benar memilih jurusan dan profesi yang sesuai dengan passion-mu, ya!