Alasan Memilih Jurusan Kedokteran

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Bagi yang Bingung Kuliah Apa

Salah satu jurusan yang menjadi sorotan di dunia pendidikan adalah jurusan kedokteran. Alasan memilih jurusan kedokteran pun bisa jadi bermacam-macam. Namun umumnya diberbagai perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta memandang bahwa jurusan kedokteran memiliki citra yang unggul dari berbagai jurusan lainnya.

Melanjutkan ke perguruan tinggi merupakan impian bagi setiap pelajar. Selain ingin mendapatkan pengalaman, dengan memilih untuk tetap melanjutkan pendidikan adalah cara yang tepat untuk memperoleh masa depan yang diinginkan. Tetapi biasanya muncul kebimbangan jurusan apa yang akan dipilih di bangku kuliah.

Baca Juga:  Jurusan Kedokteran Terbaik Di Yogyakarta Untuk Jenjang S1

Selain memiliki citra yang unggul melanjutkan studi di jurusan kedokteran membutuhkan biaya yang cukup banyak dan dan studi yang ditempuh lebih lama. Meskipun demikian berbondong-bondong pelajar masih tertarik untuk memasuki jurusan kedokteran, karena profesi seorang dokter sangat bermanfaat bagi siapapun dan di mana pun. Inilah 10 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran Bagi Kamu yang Bingung Mau Kuliah Apa.

1. Memberikan Pelayanan Kesehatan

Membantu masyarakat dalam menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuhnya dan kualitas hidupnya. Jurusan kedokteran juga membantu dalam hubungan sosial antar sesama karena sering dilakukan kegiatan di luar kampus, misal praktik di rumah sakit maupun puskesmas.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Kedokteran Dan Gajinya

2. Hidup Yang Seimbang

Memiliki profesi sebagai soarang dokter memberikan fleksibilitas dalam bekerja, sehingga dokter dapat dengan mudah mengatur keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesionalnya.

3. Meningkatkan Kepercayaan Diri Pasien

Profesi sebagai seorang dokter selalu berinteraksi baik dengan pasien dan senantiasa memberi semangat kepada pasiennya. Dengan seperti itu pasien dapat termotivasi untuk meningkatkan kepercayaan dirinya.

4. Teknologi Dan Riset

Kedokteran merupakan salah satu bidang keilmuan yang berkembang pesat, seimbang dengan perkembangan teknologi saat ini. Mayoritas orang yang memiliki profesi dokter berusaha untuk mengembangkan kemampuan dalam teknologi yang berkembang saat ini untuk mengembangkan ilmu kedokteran yang dimilikinya.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kedokteran Untuk Jenjang S1

5. Menjadi Seorang Pemimpin

Dokter merupakan salah satu profesi yang terpandang dikalangan masyarakat, tidak jarang seseorang yang memiliki profesi dokter disegani oleh masyarakat, sehingga masyarakat berpendapat bahwa seseorang yang memiliki profesi dokter pantas untuk menjadi pemimpin dalam forum apapun.

6. Pencegahan/Edukasi

Dengan memiliki profesi dokter akan menjadi sorotan di masyarakat terutama dalam hal kesehatan, karena itu perlunya seseorang yang memiliki profesi dokter senantiasa melakukan pencegahan dari hal-hal yang merugikan kesehatan.

7. Mendeteksi Penyakit

Sebagai seorang dokter yang mengerti bahkan faham akan ilmu-ilmu kesehatan dan memiliki pasien. Maka dokter harus dapat mendeteksi penyakit apa yang diderita pasien dari berbagai keluhan-keluhan dirasakannya.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran untuk Jenjang S1

8. Kreatifitas

Dokter merupakan seseorang yang memiliki 3 profesi sekaligus, sebagai tenaga medis, teknisi, dan seniman. Pekerjaan dokter tidak hanya melayani pasien, tetapi juga harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien oleh karena itu seorang dokter dituntut untuk kreatif.

9. Potensi Sukses

Meningkatnya jumlah pasien saat ini dengan berbagai penyakit semakin diperlukannya seseorang yang berprofesi sebagai dokter. Selain itu dokter merupakan salah satu profesi yang memperoleh penghasilan yang tinggi.

10. Mempekerjakan Diri Sendiri
Seorang dokter tidak dapat menjadi atasan atau bawahan ia bekerja sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran untuk Jenjang S1

Demikianlah 10 alasan memilih jurusan kedokteran yang perlu diketahui. Pada dasarnya semua jurusan sama baiknya, namun akan lebih baik jika Kamu memilih jurusan yang sesuai dengan minat. Ini akan membuat Kamu semangat menjalani proses perkuliahan.