Biaya Kuliah Kedokteran

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Kedokteran untuk Jenjang S1

Biaya kuliah kedokteran selama ini selalu dianggap mahal. Memang benar adanya bahwa biaya yang dibutuhkan untuk berkuliah ilmu kedokteran tergolong mahal. Paling tidak, biayanya memang lebih mahal dari biaya kuliah untuk jurusan lainnya.

Ilmu kedokteran membutuhkan biaya yang mahal karena memang ilmu ini membutuhkan proses pembelajaran yang tidak mudah dan waktu yang dibutuhkan juga cukup lama. Belum lagi ada banyak pekerjaan laboratorium yang membutuhkan biaya tidak murah.

Biaya kuliah ilmu kedokteran di universitas negeri saja sudah tergolong mahal. Tentu saja biayanya akan jauh lebih mahal jika Kamu berkuliah ilmu kedokteran di universitas swasta. Jadi, pilihan universitas sangat penting dan berpengaruh pada biaya kuliah di ilmu kedokteran.

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Kedokteran Untuk Jenjang S1

Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran bukan merupakan jurusan asing di Indonesia. Bahkan bisa dikatakan bahwa jurusan kedokteran ini adalah salah satu jurusan terbaik dan terpopuler di Indonesia. Pelajar jurusan IPA biasanya akan menjadikan jurusan kedokteran sebagai target mereka setelah lulus nanti.

Tak heran memang jika jurusan kedokteran menjadi salah satu pilihan jurusan terpopuler di kalangan pelajar. Jurusan ini merupakan jurusan yang memberikan prestise dan rasa bangga. Siapa tidak bangga berkuliah kedokteran? Setiap siswa dan orang tua pasti merasa bangga.

Tak hanya itu, peluang kerja yang didapatkan jika Kamu berkuliah di jurusan kedokteran juga terbuka lebar. Jelas sekali, Kamu bisa menjadi dokter yang notabene merupakan profesi keren di Indonesia. Belum lagi gaji dokter bisa sangat besar, jadi tak heran jika jurusan ini sangat diminati.

Baca Juga :  Daya Tampung Pascasarjana UNY 2019 Pada Magister (S2) & Doktor (S3)

Jurusan kedokteran tersedia di berbagai universitas di Indonesia. Ada banyak pilihan jurusan kedokteran di universitas-universitas Indonesia. Jika tidak berkuliah kedokteran di universitas negeri, biasanya pelajar akan mengalihkan pilihan ke universitas swasta.

Biaya Kuliah

Tapi, bagaimana dengan biaya kuliah yang dibutuhkan? Sudah disinggung sebelumnya bahwa biaya kuliah kedokteran memang lebih tinggi dari jurusan ilmu lainnya. Namun, ada banyak program beasiswa yang bisa membantu pelajar untuk berkuliah di jurusan kedokteran.

Biaya kuliah jurusan kedokteran memang bervariasi. Namun, jika diambil rata-rata, biaya kuliah untuk jurusan kedokteran berkisar antara Rp 7 juta hingga belasan juta rupiah per semester. Besarnya biaya ini bisa lebih murah atau lebih tinggi tergantung besar kecilnya biaya orang tua.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Kesehatan Masyarakat Untuk Jenjang S1

Namun, selain dipengaruhi besar kecilnya biaya orang tua, biaya kuliah juga bisa dipengaruhi oleh universitas yang dipilih. Perlu diketahui bahwa biaya ini merupakan biaya untuk berkuliah kedokteran jenjang S1. Setelah selesai jenjang S1, mahasiswa masih harus menempuh jenjang profesi atau co-ass.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar biaya kuliah kedokteran, Kamu bisa langsung bertanya kepada pihak universitas. Silakan berkonsultasi terlebih dahulu. Konsultasi ini juga bisa dilakukan jika Kamu merasa keberatan dengan biaya yang ditetapkan dan ingin mengajukan keringanan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *